Manfaat Senam Ketangkasan Bagi Tubuh

Diposting pada

Manfaat Senam Ketangkasan

Melakukan berbagai arti olahraga sejatinya dapat dijalankan dalam bentuk apapun, salah satunya dengan melakukan senam ketangkasan. Dimana senam ketangkasan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, senam ketangkasan juga memiliki berbagai macam manfaaat.

Akan tetapi yang pasti, baik menggunakan alat atau tidak senam ketangkasan ini memiliki beberapa jenis gerakan yakni guling depan, guling belakang, berdiri dengan kepala, latihan berangkai enam pos, dan meroda. Bahkan selain gerakan dasar yang beragam, melakukan berbagai macam senam ketangkasan dapat dilalakukan dengan menggunakan alat yang beragam juga, seperti lantai, matras, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, palang sejajar, palang tunggal, dankuda-kuda lompat.

Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan adalah salah satu jenis olahraga senam. Senam sendiri merupakan jenis olahraga yang dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Senam ketangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat.

Senam ketangkasan juga dikenal dengan istilah senam artistic. Hal tersebut karena gerakan dalam senam ketangkasan mengandung unsur artistik yang memiliki aturan sesuai. Jenis senam ini menitikberatkan gerakan pada aspek ketrampilan dan penampilan.

Meskipun terlihat mudah, nyatanya setiap gerakan dalam senam ketangkasan memiliki kesulitan tersediri. Hal tersebut terjadi karena setiap gerakan selain memperhatikan ketrampilan gerak, harus diimbangi juga dengan penampilan yang indah.

Manfaat Senam Ketangkasan

Melakukan senam ketangkasan memiliki beberapa manfaat antara lain:

  1. Meningkatkan kebugaran

Melakukan senam ketangaksan ternyata dapat meningkatkan kebugaran jasmani pada tubuh. Gerakan yang lincah dan tersusun secara sistematis akan merangsang perkembangan tubuh. Hak tersebut akan meningkatkan semangat pada tubuh, baik semangat untuk melakukan kegitaan olahraga ataupun semangata melakukan aktivitas yang lain.

Gerakan senam ketangkasan yang ringan dapat dilakukan oleh siapa saja. Selain itum gerkan ini tidak menguras tenaga yang tidak terlalu banyak sehingga ketika melakukannya tubuuh tidak akan mudah lelah tetapi membuat tubuh menjadi lebih bugar dengan gerakan ringan.

Gerakan dalam senam ketangkasan dapat dilakukan oleh semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melakukan jenis olahraga ini tidak memerlukan kemampuan khusus. sehingg asangat cocok apabila dijadikan olahraga keluarga untuk meningkatkan kebugaran dalam tubuh.

  1. Mengencangkan otot

Olahraga senam ketangkasan memiliki manfaat untuk mengencangkan otot. Gerakan dalam senamn ketangkasan dapat merangsang otot untuk lebih keras. Melakukan senm ketangkasan biasanya lebih banyak memanfaatkan kekuatan otot tangan, otot kaki, dan otot perut.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa melakukan senam ketangaksan dapat mengenvangkan semua otot tubuh. Semakin sering berlatiih akan semakin baik pula hasill yang didapat. Kekuatan otot akan meningkat dan kencang.

Otot yang sering digunakan untuk melakukan olahraga memiliki kemampaun lebih baik. olahraga ringan seperti senam ketangkasan akan melatiih otot bekerja ringan tetapi memiliki banyak manfaat.

Perlunya berlatih senam ketangkasan menyadarkan akan pentingnya kesehatan, kekuatan, dan kemamapuan otot agar dapat menunjang kerja otot dalam melakukan aktivitas0aktivitas lainnya.

  1. Memeprindah bentuk tubuh

Setiap gerakan dalam senam lantai selain emmperhatikan ketrampilan juga harus memperhatikan unsur keindahan gerak. Untuk itu, mau tidak mau tubuh harus membentuk gerakan yang indah. Apabila dibiasakan, melakukan senam ketangaksan ternyata dapat memperindah bentuk tubuh.

Unsur kelntukan dalam gerakan senam ketangkasan mampu membuat tubuh memiliki kelentukan yang membuat tubuh terlihat indah dan tidak kaku dalam melakukan gerakan-gerakan lain (fleksibel).

Melakukan senam ketangkasan secara rutin membantu membakar lemak dalam tubuh. Hal tersebut membantu mengurangi lemak tubuh sehingg abentuk tubuh terlihat menjadi lebih proporsional.

Bentuk tubuh yang indah akan meningkatkan rasa pecaya diri. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, latihan snema ketangkasan perlu dilakukan secara rutin. Tidak perlu terlalu berat karena justru akanmembuta tubuh kelelahan dan mudah letih.

  1. Membuat tubuh sehat

Melakukan kegiatan olahraga dapat menyehatkan tubuh, tidak terkecuali dengan melakukan senam ketangkasan. Berbagai penyakit seperti obesitas, masalah pernafasan, dapat dicegah dengan melakukan olahraga senm ketangkasan.

Melakukan senam ketangkasan secara rutin membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Hal tersebut akan membantu mengurangi resiko obesitas. Melakukan senam ketangkasan secara rutin juga akan membantu melatih sistem pernafasan. Selain itu, melakukan senam ketangkasan juga membantu meningkatkan kemampuan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Jenis olahraga ini akan membantu otot bergerak lebih banyak dari biasnaya. Hal tersebut akan mengurangi cidera otot ketika melakukan hal-hal berat. Kesehatan tulang dan otot pun akan menjadi lebih baik dengan melakukan olahraga senam ketangkasan.

  1. Melatih kelenturan tubuh

Kelenturan tubuh dapat dibentuk dengan melakukan senam ketangkasan. Gerakan gerakan dalam senam ketangkasan membutuhkan kelenturan tubuh agargerakan yang dihasilkan tidak hanya terlihat baik tetapi juga memiliki nilai estetika.

Kebiasaan ini membuat tubuh menjadi lebih lentur (fleksibel). Kelenturan tubuh data mengurangi resiko cedera saat melakukan kegiatan berat. Selain itu tubuh yang memiliki tingkat kelentiuran tinggi membuat tubuh terasa lebih ringan.

Kelenturan tubuh merupakan aspek yang perlu dilatih karena tidak semua orang memiliki kelentukan tubuh yang baik. Grerakan yang dilakukan dalam senam ketangkasan akan menarik seluruh otot tubuh yang dpat membantu meregangkan tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Olahrag yang teratur menjadi  faktor penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh selain dengan makan makanan yang bergizi. Untuk meningkatkan imun tuhuh, olahraga tidak perlu dilakukan dengan jintensitas berat. Cukup olahraga ringan untuk tetap menjaga keseimbangan.

Olahraga ringan ini dapat dilakukan dnegan melakukan senam ketangkasan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, melakukan senam ketangkasan tidak perlu dilakukan dengan durasi bwaktu yang panjang. Harus tetap meperhatikan kemampuan tubuh.

Imun tubuh yang baik mengurangi terserang penyakit berbahaya. Imun dalam tubuh akan menghalangi berbagai virus yang masuk ke tubuh termasuk virus corona yang saat ini sedang menjadi penyakit pandemic di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Imunitas tubuh tetap harus dijaga. Tubuh sehat adalh kunci kebahagiaan. Lakukan latihan senam ketangkasan secara rutin. olahraga ini sangat mudah dilakukan, tidak memerlukan alat bantu yang rumit, serta dapat dilakukan di mana saja.

  1. Menghindari tubuh dari berbagai penyakit

Melakukan senam ketangkasan pada hakekatnya mampu menghindari tubuh dari resiko terserang berbagai penyakit. Sistem imun yang terbentuk setelah melakukan olahraga ini mampu melawan berbagai penyakit virus dan bakteri yang masuk.

  1. Memenuhi kebutuhan gerak

Tubuh memiliki kebutuhan gerak yang harus dipenuhi. Melakukan olahraga khususnya senam ketangkasan memberikan pengaruh cukup besar dalam meningkatkan kubutuhan gerak tubuh sehari-hari. meningkatkan kemampuan gerak akan meningkatkan kualitas hiudp.

Rangakaian gerak yang teratur dan sistematis dalam senam ketangkasan membantu merangsang pertumbuhan dan perkembnagan fungsional jasmani, rohani, dan juga sosial.

Senam ketangkasan yang dilakukan oleh anak-anak juga akan membantu menyalurkan kelebhan energy pada anak. Energi dalam tubuh dapat disalurkan melalui kegiatan senam ketangkasan karena olahrag aini bersifat ringan dan dapat dilakuakn oelh siapa saja.

  1. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Melakukan senam ketangkasan dituntut untuk memiliki keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik. Melakukan senam ketangkasan secara rutin akan membentuk keseimbangan dan kooordinasi tubuh yang baik.

Keseimbangan tubuh sangat diperlukan khususnya bagi orang yang sudah lanjut usia agar mampu berjalan dengan tegak. Melakukan olahraga senam ketangkasan secara rutin semasa muda akan berdampak pada keseimbangan tubuh di masa tua.

  1. Mengembangkan kemampuan motorik

Kemampuan motorik khususnya pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat penting dilakukan. Senam ketangaksan akan meningkatkan kemampuan motorik tubuh pada anak.

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan memerlukan latihan olahraga yang cukup untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Senam ketangkasan dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kemampuan motorik.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan senam ketangkasan bagi daya tahan tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *