Manfaat Olahraga Lempar Lembing

Diposting pada

Manfaat Lempar Lembing

Pada hakekatnya, salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang atlet lempar lembing adalah teknik memegang lembing serta teknik melempar lembing agar bisa menjangkau sejauh mungkin. Selain itu, atlet dalam bentuk olahraga modern ini juga harus memperhatikan sikap badan ketika melempar lembing dan sikap akhir.

Alasannya, sikap badan yang baik takala melakukan olahraga lempar lembing akan membantu tubuh dalam memperoleh manfaat dari olahraga ini.

Lempar Lembing

Arti olahraga lempar lembing adalah jenis olahraga yang memiliki tiga unsur dasar untuk menghasilkan lemparan lembing, yaitu berupa kecepatan, teknik, dan kekuatan. Ketiganya harus simbang agar lemparan yang dihasilkan sempurna.

Hal ini tidak terpelas daripada tujuan lempar lembing itu sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu shaft (bagian utama lembing yang memiliki permukaan halsu), head (bagian utama yang memilki ujung yang tajam), dan grip (bagian yang menjadi pegangnan para atlet ketika akan melempar).

Manfaat Lempar Lembing

Manfaat yang diperoleh saat melakukan olahraga lempar lembing antara lain:

  1. Meningkatkan Kejelian

Melakukan olahraga lempar lembin gdapat membantu melatih dan meningkatkan kejelian. Kejelian ini diperoleh pada saat seorang atlet melakukan lemparan untuk sampai pada sasran atua jarak tempatyang akan dituju. Hal tersebut membutuhkan kejelian agar lembingtidka melenceng.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Selain kejelian, melakukan olahraga ini juga dapat meningkatkan konsentrasi diri. Konsentrasi akan terus dilatih baik sebelum melakukan lemparan, saat melakukan lemparan, hingga setelah melakukan lemparan. Konsentrasi tubjuh akan menghindari kesalahan yang tidka terduga.   

  1. Memperkuat otot

Lempar lembing dapat meningkatkan proses dalam latihan kekuatan otot, khususnya otot bagian tubuh atas dan otot bagian tubuh bawah. Sebelum melakukan lemparan, tubuh melakukan lari terlebih dahulu atau yang biasa disebut dengan ancang-ancang. Kecepatan lari harus dipertimbangankan sedemikian rupa sebelum melakukan lemparan.

Proses tersebut akan merangsang gerak seluruh otot tubuh sehingga otot menjadi kuat, dan berbentuk. Selain otot tangan dan kaki, melakukan olahrag alempar lembing juga mmapu menguatkan otot paha dan perut.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga lempar lembing menjadi salah satu jenis olahrga yang memerlukan banyak tenaga untuk melakukannya. Melakukan lemparan sejauh mungkin pada lembing dibutuhkna energy dan kekuatan tangan yang kuat. Oleh karenanya, olahraga ini mampu  meningktkan daya tahan tubuh karena tubuh banyak melakukan aktitas fisik.

Daya tahan tubuh yang baik dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan virus yang menyerang tubuh.Apabila dilakukan secara rutin, melakukan olahraga lempar lembing akan berengaruh terhadap hormon dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan dayatahna tubuh.

  1. Memeprluas jangkauan gerak

Melakukan olahraga lempar lembing dapat membantu memperluas jangkauan gerak. Hal tersebut karena dalam olahraga ini, tubuh selalu dibiasakan untuk berlari, melangkah, serta gerakan-gerakan lainnya. Apabila terus dilatih kebiasaan ini akan terus berkembang.

Tubuh memiliki peluang lebih besar untuk memperkaya gerakan. Selain itu, jangkauan gerak pada tubuh akan berdampak pula pada kemampuan gerak tubuh.

  1. Membakar lemak

Semua jenis olahrag amemiliki manfaat untuk membakar lemak. Tidak terkecuali denga olahrag alempar lembing. Melakukan olahraga ini diperlukan tenaga yang besar. Hal tersebut dapat membantu pembakaran lemak pada tubuh.

Terkhusus untuk bagian lengan dan paha, olahraga ini akan membantu membakar lemak lebih baik pada bagian tersebut. Hal tersebut karena kekuatan utama melakukan lempar lembing adalah pada kaki dan tangan.

  1. Mengurangi stress

Melakukan olahraga lempar lembing juga bermanfaat menghilangkan strees. Dalam hal ini, lembing dapat diibaratkan sebagai permasalahan hidup. Dengan melemparkan lembing, secara mental akan membuat orang merasa lebih lega dan fress.

Otak yag lebih tenang akan membantu merelaksasi tubuh dengan baik. Melakukan lemparan dapat mengeluarkan segala bentuk emosi dan stress yang dialami tubuh. Tubuh menjadi lebih santai dan terhindar dari rasa penat.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Tubuh yang bugar adalah keinginan semua orang. Tubuh yang bugar akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan segala aktivitas tanpa merasa lelah berleih. Kebugaran jasmani dalam tubuh membantu menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Olahraga lempar lembing dapat meningkatkan keburagan tubuh.

  1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Fleksibilats tubuh ketika melakukan olahrag alempar lembing akan meningkat, Hal tersebut karena ketika seseorang melakukan awalan hingga lemparan lembing, selain memiliki dibutuhkan kekuatan yang banyak, diperlukan juga flesksibilatas tubuh yang baik. Semakin sering berlatiih, fleksibilitas tubuh akan meningkat.

  1. Meningkatkan kemamapuan pertimbangan

Setiap melakukan kegiatan olahraga seorang atlet atua pemain harus memiliki kewaspadaan yang tinggi. kewaspadaan harus diimbangi juga dengan kemampuan pertimbangan yang tinggi ketika akan melakukan sesuatu. Hal tersebutberlaku juga pada olahrag alempar lembing.

Kemampuan pertimbangan yang baik dapat menguranggi resiko cedera dan kegagalan dalam melakukan suatu gerakan. Semakin sering meakukanolahraga lempar lembing, kemampuan kewaspadaan yang petimbangan akan semakin meningkat.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.