Tujuan Permainan Lempar Lembing dalam Olahraga

Diposting pada

Tujuan Lempar Lembing

Lempar lembing merupakan salah satu jenis olahraga atletik cabang lempar. Definisi olahraga ini seringkali djadikan sebagai bentuk olahraga modern yang wajib dilakukan di sekolah. Alasannya karena memiliki banyak manfaat yang menjadi penyebab seseorang bertujuan melakukannya.

Akan tetapi yang pasti, Lempar lembing menjadi salah satu olahraga yang diperlombakan dalam olimpiade dunia. Di Indoensia sendiri, olahraga ini sering dilakukan di sekolah dalam mata pelajaran olahraga. Dibutuhkna tempat yang lapang untuk melakukan olahraga ini.

Lempar Lembing

Olahraga lempar lembing adalah jenis olahraga yang memanfaatkan lembing sebagai objek permainan. Menurut Winendra, lempar lembing merupakan salah satu olahraga dalam atletik yang menguji ketrampilan dan kemampuan atlet dalam melemparkan lembing sejauh mungkin.

Lembing adalah tongkat atau tombak yang memiliki panjang 2,2 sampai dengan 2,7 meter. Ujung lembing dibuat runcing yang berguna agar lembing dapat menancap dapa permukaan ketika dilemparkan. Lembing dapat dibuat dari bambu maupaun bahan logam sejenis metal.

Tujuan Lempar Lembing

Melakukan olahraga lempar lembing memiliki tujuan antara lain:

  1. Melempar lembing sejuah mungkin

Tujuan utama permainan lempar lembing adalah melempar dengan jarak sejauh jauhnya. Lemparan paling jauh akan menjadi pemennag dalam perlombaan lempar lembing.

Adapun untuk jarak lemparan akan senantiasa diukur dari tiitik garis lemparan sampai tancapan lembing di tanah/permukaan. Melakukan kesuluran teknik yang baik pada saat melempar lembing dapat menambah jarak lemparan lembing.

  1. Memegang lembing dengan benar

Untuk mendapatkan hasil lemparan yang sempurna diperlukabn juga teknik yang baik, salah satunya adalah teknik memegang lembing. Ada tiga teknik dalam melakukan lempar lembing, yaitu teknik pegangan amerika, teknik peganagn firlandia, dan teknik pegangan waddle.

Ketiag teknik tersebut memiliki perbedaan masing-masing. dalam teknik memegang model amerika, antara ibu jari dan jari telunjuk saling bertemu di belakang lilitan lembing. Teknik ini sanagt cocok digunakan bagi pemula karena tidak terlalu rumit.

Memegang lembing teknik firlandia, ibu jari dan jari tengah bertemu  di belakang balutan lembing, sedangkan jari telunjuk lurus sejajar dengan batang lembing. Teknik memegang lembing model wadeel memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi.

Pegangan model waddle sering disebt juga pegangan jepit tang (tank styk). Hal tersebut karena posisi jari tengah dan jari telunjuk menjepit lembing tepat di belakang bagian pegangan lembing.

  1. Melempar lembing dengan teknik yang benar

Teknik yang benar dibuthkan untuk menghasilkan lemparan yang sempurna. Selain itu, melakukan teknik yang benar dalam lempar lembing akan memperkecil kemungkinan diskualifikasi paa saat melakukan perlombaan.

Secara umum, jenis teknik yang dipergunakan dalam lempar lembing terdiri dari teknik pegangan, teknik lemparan, hingga teknik akhiran. Dimana setiap gerak tubuh dalam melangsungkan teknik tersebut haruslah memperhati kekuatan dan kecepatan.

  1. Melempar sesuai target

Sebelum melakukan lemparan, biasanya seseorang memiliki target jarak tertentu. Hal tersebut untuk menambah motivasi dan mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki. Memiliki target dalam lemparan juga akan meningkatkan kemampaun atlet.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapat dikatakan bahwa tujuan utama dalam melakukan olahraga lempar lembing ialah untuk melempar tongkat dalam lempar lebing sejaun mungkin, dimana semakin jauh akan memberikan kemenangan bagi para pemainnya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.