Manfaat Olahraga Lempar Cakram yang Harus Diketahui

Diposting pada

Manfaat Lempar Cakram

Pada hakekatnya salah satu jenis olahraga modern berupa lempar cakram sangat popular. Dimana hampir setiap tahun lempar cakram selalu menjadi ajang turnamen secara nasional bahkan tingkat internasional sekalipun. Padahal olahraga ini pertama kali dilombakan di Athena, Yunani pada tahun 1896.

Akan tetapi yang pasti semua gerakan dalam lempar cakram terdiri dari tiga tahapan yang semuanya memiliki manfaat tersendiri, yaitu berupa tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup.

Lempar Cakram

Lempar cakram merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat mempergunakan latihan kekuatan otot tangan dan kaki sebagai tumpuan. Dimana tujuannya ialah dapat dikatakan sebagai latihan angkat beban. Meskipun cakram yang digunakan tidak terlalu berat, akan tetapi dalam melakukan lempar cakram harus tetap hati-hati dan memperhatikan teknik pelemparan agar tidak terjadi cedera di tangan.

Manfaat Lempar Cakram

Beberapa manfaat melakukan arti olahraga lempar cakram antara lain:

  1. Menguatkan otot tangan

Olahraga lempar cakram menggunakan kekuatan otot tangan untuk mengendalikan lemparan cakram. Kekuatan tangan mennetujan sejauh mana jarak lemparan cakram. Oleh karena itu, dibutuhkan otot tangan yang kuat.

Meskipun begitu, melakukan latihan lempar cakram jangan sampai berlebihan hingga membuat cedera pada tangan. Intensitas latihan harus disesuaikan dengan kemampuan otot tangan.  Karena olahraga ini juga termasuk olahraga angkat beban, latihan lempar cakram tsebaiknya dilakukan secara bertahap dari cakram yang paling ringan.

  1. Membuat tulang lebih kuat

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, melakukan olahraga lempar cakram juga menjadi salah satu cara untuk membuat tulang menjadi kuat. Tulang yang kuat mendukung aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah.

Secara tidak langsung, olahraga lempar cakram juga dapat mencegah penyakit osteoporosis. Tulang tidak mudah melemah dan keropos.

  1. Melatih Kosentrasi

Untuk mencapai lemparan yang maksimal, dibutuhkan konsentrasi yang baik. Hal tersebut menghindari agar lemparan tidak meleset. Olahraga lempar cakram bermanfaat untuk melatih konsentrasi.

Konsentrasi akan terbentuk dengan baik apabila kita sering melakukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan konsentrasi. Hal tersebut akan menjadi kebiasaan jika dialakukan secara berulang-ulang. Konsentrasi akan memudahkan kita bukan hanya dalam melakukan aktivitas fisik tetapi juga membantu berkomunikasi dengan baik.

  1. Meningkatkan power (daya ledak)

Power sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan fisik khususnya kegiatan olahraga. Daya ledak atau sering disebut dengan power dapat ditingkatkan dengan melakukan olahrag arutin. Lempar cakram menjadi salah satu jeni solahrag yang mampu meningkatkan power dalam tubuh.

Power meruapakan kemampuan otot untuk mempergunakan kekuatannya secara maksimaml dalam waktu singkat. Melakukan olahraga lempar cakram membutuhkan power yang kuat untuk melakukan lemparan cakram. Semakin sering berlatih, power dalam tubuh akan semakin meningkat.

  1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Melakukan olahraga lempar cakram membantu meningkatkan keseimbangan pada tubuh. Dalam olahraga lempar cakram, keseimbangan sangat diperlukan untuk memperoleh ayunan tangan sebelum melempar dengan sempurna.

Melakukan latihan lempar cakram sama dengan melakukan latihan keseimbangan tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari keseimbangan diperlukan untuk membantu tubuh membawa beban yang berat. Lempar cakram memberikan latihan bagaimana menjaga keseimbangan yang baik ketika tubuh membawa beban. Keseimbangan dalam olahraga lempar cakram mempengaruhi ayunan tangan dan jarak lempar.

  1. Meningkatkan koordinasi tubuh

Koordinasi tubuh diperlukan untuk memperlancar gerak pada tubuh. Melaui olahraga lempar cakram, koordinasi tubuh dapat meningkat. Gerakan pada lempar cakram  melibatkan otot, sendi, dan saraf untuk bergerak lebih aktiv.

Latihan lempar lembing secara rutin membantu memperbaiki fungsi otot, sendi, dan saraf. Hal tersebut membuat tubuh tidak mudah lemas. Dalam hal ini saraf pada otak juga akan terbiasa digunakan dengan baik. Kerusakan saraf pada otak dapat menyebabkan gangguan pada tubuh, tubuh mudah gemetar, serta gerakan tubuh menjadi lebih lamban.

  1. Meningkatkan ketepatan

Ketepatan merupakan kemampuan tubuh untuk mengendalikan gerakan bebas sesuai dengan sasaran. Ketepatan yang baik akan terbentuk ketika tubuh memiliki daya fleksibilitas, koordinasi, keseimbangan, dana daya tahan yangbaik.

Olahraga lempar cakram dapat membantu meningkatkan ketepatan pada tubuh. Dalam olahrag aini, ketepatan dibutuhkan untuk mengendalikan gerakan ketika melempar cakram. Semakin sering berlatih akan semakin baik kemmapuan tubuh dalam melakukan sesuatu.

Melakukan latihan ketepatan melalui lempar lembing tidak hanya metepatan dalam mengandalikan cakram tetapi juga ketepatan dalam melakukan teknik-teknik permainan lempar cakram. Melalui latihan yang rutin, kemampuan tubh dalam mengendalikan gerakan-gerakan akan meningkat. Kombinasi gerakan dalam lempar cakram yang kompleks memberikan banyak manfaat.

  1. Meningktkan kelincahan

Latihan kelincahan adalah kemampuan tubuh untuk megubah arah gerakan secara spontan. Permainan lempar cakram juga ternyata mampu meningkatakn kelincahan melalui latihan gerakan-gerakan yang kompleks. Kelincahan memberikan ruang pada tubuh untuk merespon sesuatu dengan cepat dan tepat. Kelincahan mempermudah tubuh untuk melalukan banyak hal dalam waktu yang singkat.

Nah, demikinalah saja artikel yang bisa kami selesaikan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat melakukan olahraga lempar cakram dalam berbagai bidang. Semoga memberikan wawasan bagi semuanya yang sedang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.