Tujuan Melakukan Lempar Cakram dalam Keseharian

Diposting pada

Tujuan Lempar Cakram sebagai Cabang Atletik

Arti olahraga lempar cakram memanglah sangat familiar di kalangan masyarakat, hal ini lantaran lempar cakram  termasuk dalam jenis olahraga atletik dengan nomor lempar. Dimana jenis olahraga modern ini memiliki banyak sekali manfaat apabila dilakukan secara rutin.

Bahkan selain itujuga semakin sering berlatih seorang olahragawan akan mendapatkan kekuatan otot tangan. Oleh karenanya dengan melakukan olahraga lempar cakram ini secara rutin tujuannya dapat membantu menguatkan otot tangan.

Lempar Cakram

Olahraga lempar cakram merupakan bentuk olahraga atletik dengan nomor lempar. Dimana tolakan dasar dalam lempar cakram yang digunakan dalam olahrga ini berbeda antara putra dan putri, dimana ukuran cakram untuk putra memiliki garis tengah 219 sampai dengan 222 mm dengan massa 2 kg.

Sedangkan untuk putri, ukuran garis tengah yang dipergunakan dalam lempar cakram antara 180 sampai dengan 182 mm dengan massa 1 kg.

Tujuan Lempar Cakram

Melakukan olahraga lempar cakram memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  1. Melempar cakram sejauh mungkin

Tujuan utama dalam olahraga lempar cakram sebagai salah satu cabang atlentik adalah untuk melempar cakram sejauh mungkin. Semkain jauh lemparan cakram akan semakin tinggi point yang didapat. Untuk menghasilan lemparan cakram yang jauh diperlukan latihan yang rutin dan kemampuan tubuh yang baik.

Jarak lemparan pada lempar cakram menentukan keberhasilan dan kemenangan dalam suatu perlombaan lempar cakram. Jarak lemparan antara putra dan putrid biasanya berbeda. Putra memeiliki kecenderungan untuk melempar cakram lebih jauh disbanding dengan putri. Oleh karenanya, dalam perlombaan lempar cakram antara putra dan putrid tidak dijadikan satu.

  1. Melakukan ayunan dengan benar

Tujaun selanjutnya dari lempar cakram adalah melakukan ayunan dengan benar. Hal yang tidak kalah penting dalam olahraga lempar cakram adalah teknik melakukan ayunan sebelum melempar cakram. Hal ini menjadi penting karena berpengaruh terhadap jarak lemparan.

  1. Melakukan lemparan sesuai teknik

Untuk memperoleh jarak lempar yang jauh, lempar cakram harus dilakukan dengan teknik lemparan yang sesuai. Selain melempar dengan jarak yang jauh, tujuan melakukan lempar cakram lainnya yaitu bagaimana melakukan lemparan agar sesuai dengan teknik permainan.

Teknik dalam lempar cakram harus dilakukan dengan benar agar hasil lemparan dapat maksimal. Teknik yang biasanya diperhatikan dalam lempar cakram adalah teknik persiapan, teknik lemparan, dan posisi badan ketika melakukan lemparan, sesudah, dan sebelum melakukan lemparan.

  1. Mengukur kemampuan

Tujuan lainnya dari olahraga lempar cakram adalah mengetahui seberapa jauh kemamuan tubuh dalam menguasai permainan lempar cakram. Kemampuan akan berkembang jika terus dilatih. Semakin sering berlatih kita akan mengeathui perkembangan diri sendiri.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan tujuan dalam melakukan olahraga lempar cakram sebagai cabang atletik. Semoga memberikan wawasan bagi semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.