Manfaat Lari Jarak Menengah

Diposting pada

Kegunaan Lari Jarak Menengah

Setiap orang yang ingin melakukan arti olahraga lari sudah pasti memiliki tujuan yang sangat baik untuk dilakukan. Hal ini juga berlaku pada jenis lari jarak menengah yang dikenal dalam bahasa Inggris dengan middle distance.

Sejatinya karakteristik yang ada dalam lari dengan jarak menengah ini sendiri haruslah berkisar 800 meter dan 1500 meter dengan gerakan yang menapak pada ujung kaki-tumit dan menolak dengan ujung kaki. Atas dasar itupula banyak manfaat yang bida didapatkan, terutama bagi tubuh seseorang.

Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah adalah bagian dari nomor lari dengan menempuh jarak yang lebih jauh dar lari jarak pendek dan lebih kecil dari lari jarak jauh. Selain itu pada lari jarak menengah ini gerakan-gerakan dilakukan secara lebih ekonomis untuk menghemat tenaga, sehingga rasa rileks dan santai tetap bisa dirasakan dengan baik.

Oleh karena demikianlah dalam olahraga lari jarak menengah bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga memiliki manfaat lain yang tentunya mampu membentuk karakter individu menjadi lebih sportif.

Manfaat Lari Jarak Menengah

Adapun untuk beberapa fungsi yang memberikan kebermanfaat melakukan olahraga lari jarak menengah. Antara lain sebagai berikut;

  1. Menumbuhkan jiwa semangat

Apakah anda tahu bahwa dengan olahraga lari anda bisa menumbuhkan rasa semangat pada diri sendiri. Alasannya karena olahraga ini mampu memicu jiwa atletik dan membuatnya ingin menampilkan hasil dari olahraga yang selama ini dilakukan.

Secara tidak langung hal itu membuat pelari jarak menengah berusaha sekuat tenaga untuk tetap bisa stabil dalam melakukan olahraga ini.

  1. Memperpanjang Usia

Lari jarak menengah bukanlah olahraga lari yang mngharuskan kita berlari dengan cepat dan cekatan. Akan tetapi pada lari ini gerakan yang dilakukan ialah stabil dan santai. Namun kekuatan tetap diperlukan dalam lari jarak menengah.

Melalui gerakan yang rileks tersebut ternyata mampu membuat jantung lebih sehat dan dampaknya yaitu sangat positif untuk kesehatan tubuh. dimana tubuh bisa mendapatkan darah secara maskimal dari organ-organ dalam tubuhnya dan hal ini berefek pada kebugaran tubuh yang semakin baik. Sekaligus hal ini uga sangai baik untuk memperpanjang usia.

  1. Menurunkan berat badan

Lari atau jogging dengan jarak menengah sangat dikenal mampu menurunkan berat badan, begitu pula dengan salah satu cabang lari jarak menengah ini. Perlu anda ketahui bahwa dengan berlari seseorang bisa membakar lemak yang ada dalam tubuhnya. Sehingga hal tersebut membuatnya bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

  1. Melancarkan aliran darah

Olahraga lari jarak menengah merupakan olahraga yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi semakin kuat. Hal itu dikarenakan berlari ini melancarkan aliran darah yang membuatnya berdampak pada berfungsinya organ dalam daya tahan tubuh dengan lebih sempurna.

  1. Membakar lemak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa lari jarak menengah merupakan olahraga yang sangat mudah untuk membakar lemak. Karena pada olahraga ini hampir seluruh bagian tubuh bergerak dan membuatnya lebih panas serta membakar lemak-lemak yang ada dibagian tubuh itu sendiri.

  1. Menghilangkan stress

Rasa stress ternyata bisa diminimalisir dengan cara berolahraga. Salah satu olahraga yang sangat baik untuk menghilangkan stress ialah lari. Lari jarak menengah dianggap mampu membuat orang merasa lebih rileks dan santai, sehingga orang-orang akan melupakan beberapa masalah yang sementara waktu telah menggaggu pikirannya.

  1. Menjaga kesehatan badan

Sudah pasti dengan olahraga lari jarak menengah ini seseorang bisa menjaga kesehatan badannya dengan lebih baik. Karena lari merupakan olahraga yang terbukti sangat baik memberikan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh.

Cara Melakukan Lari Jarak Menengah

Setidaknya ada beberapa prinsip gerak yang perlu dilakukan dalam lari jarak menengah. Antara lain;

  1. Gerakan lari jarak menengah akan dimulai dengan aba-aba start
  2. Posisi badan pada saat lari agak condong ke depan dengan sudut sekitar 10 derajat
  3. Pada saat berlari kedua tangan di ayunkan secara santai beberapa centimeter di atas pinggang
  4. Gerakan kaki pada saat lari tidak terlalu cepat yaitu dilakukan secara santai dan kecepatan lari tidak maksimal seperti kecepatan lari jarak pendek
  5. Pendaratan kaki yang dilakukan di atas tanah di awali dengan sisi luar kaki bagian tengah

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan fungsi yang menjadi manfaat melakukan olahraga lari jarak menengah bagi tubuh. Semoga memberikan edukasi serta literasi untuk siapapun yang sedang membutuhkanya pada saat ini.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *