Manfaat Olahraga Back Up dalam Keseharian

Diposting pada

Manfaat Olahraga Back Up

Latihan back up termasuk salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat dan tidak perlu gerakan rumit bagi wanita atau pria untuk melakukan olahraga yang satu ini.

Pada latihan back up biasanya yang paling sering digunakan untuk melakukan gerakan yaitu bagian otot perut dan juga otot punggung. Gerakan ini sendiri juga termasuk latihan fisik yang bisa menguatkan otot sekaligus mengencangkannya.

Back Up

Back up adalah salah satu cabang latihan olahraga yang mana mengajarkan gerakan olahraga dengan fungsi untuk mememberikan latihan kekuatan otot bagian perut dan otot pinggang. Bukan hanya otot bagian itu saja, akan tetapi latihan back up juga mengajarkan seseorang untuk melatih otot pantat dan otot paha bawah menjadi semakin kuat.

Adapun teknik dasar melakukan gerakan ini yaitu dimulai dengan sikap tidur tengkurap, kemudian kaki dalam posisi merapat dan  juga kedua tangan di rapatkan di depan dagu. Proses berikutnya yaitu mengangkat tubuh bagian depan ke atas, sehingga dada ada di posisi yang tidak menyentuh lantai hingga kembali pada posisi semula.

Manfaat Back Up

Adapun untuk beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari melakukan gerakan dalam latihan back up ini. Antara lain sebagai berikut;

  1. Mengecilkan perut bagian bawah

Manfaat yang bisa anda rasakan pada saat melakukan latihan back up secara teratur ini yaitu mampu mengecilkan perut khususnya bagian bawah.

Sehingga anda bisa memperoleh bentuk perut yang lebih baik dan ideal. Tentunya dengan penampilan yang seperti itu bisa membuat anda lebih percaya diri lagi dalam berpenampilan dan lebih mudah pula untuk mencari pakaian yang sesuai dengan ukuran badan.

  1. Mengecilkan perut bagian samping

Jika sebelumnya menjelaskan bahwa latihan back up mampu mengecilkan perut bagian bawah, maka ada manfaat lain yang serupa namun bagian perut sampinglah yang bisa semakin kecil dengan latihan back up ini.

Tentunya dengan mengecilnya perut bagian samping akan berdampak pula pada ukuran pinggang yang semakin kecil. Sehingga secara tidak langsung memudahkan anda untuk menentukan ukuran celana yang lebih kecil atau ideal.

  1. Menjaga kebugaran tubuh

Latihan back up memberikan kebugaran jasmani yang bagi dalam tubuh anda, sehingga menjadi lebih kuat karena setiap gerakan yang dilakukan dalam latihan ini memberikan fungsi yang baik untuk tubuh mulai dari kekuatan hingga keseimbangan.

  1. Membakar lemak seluruh tubuh

Perlu anda ketahui bahwa olahraga tidak hanya menghilangkan lemak beberapa bagian tubuh saja. Akan tetapi olahraga juga bisa membakar lemak pada seluruh tubuh. Pembakaran lemak pada tubuh bisa terjadi apabila dilakukan gerakan-gerakan secara menyeluruh yaitu salah satunya latihan back up.

  1. Membentuk otot tubuh

Latihan back up memang identik dengan membentuk otot-otot tubuh menjadi lebih kuat dan baik. Maka dari itu jangan heran jika latihan ini seringkali dilakukan sebelum oleh orang-orang khususnya laki-laki. Karena mereka berharap dengan latihan back up ini bisa membantu mereka untuk memperoleh otot yang semakin baik lagi dan menjadikan tubuhnya lebih ideal.

  1. Mengencangkan otot

Jika sebelumnya sudah dibahas mengenai kekuatan otot pada bagian tubuh akibat latihan back up. Maka manfaat yang satu ini juga akan menjelaskan bahwa latihan back up tidak hanya menguatkan otot melainkan juga bisa mengencangkan otot.

Sehingga hal ini bisa membuat seseorang memiliki tubuh yang padat dalam artinya sehat dan bugar. Bahkan kulit juga akan terlihat kencang dan tidak mudah kendor dengan melakukan latihan back up secara teratur ini.

  1. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang disebabkan pengeroposan tulang. Biasanya sakit semacam ini terjadi pada usia yang sudah lanjut dan membuat seseorang sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Banyak pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari osteoporosis mulai dari menjaga budaya hidup sehat, pola makan sehat, dan tentunya dengan olahraga secara rutin. Salah satu latihan yang bisa menjaga tulang-tulang agar lebih kuat yaitu latihan back up, karena pada olahraga ini tubuh akan dilatih melalui gerakan yang dilakukan hampir seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan metabolisme

Metabolism tubuh merupakan imunitas atau daya tahan tubuh yang sangat penting dimiliki setiap orang. Latihan back up merupakan salah satu hal, yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh karena pada olahraga ini seseorang harus bisa melakukan gerakan yang diajarkan.

Bahkan dengan back ini pula maka individu bisa menjaga kinerja dari organ-organ tubuh secara keseluruhan yang secara tidak langsung meningkatkan metabolism dalam diri orang tersebut.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat yang didapatkan dari gerakan olahraga back up dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi untuk semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.