Manfaat Bela Diri Judo dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Manfaat Bela Diri Judo

Dalam setiap seni bela diri judo juga dapat memberikan keuntungan luar biasa bagi seseorang dalam meningkatkan kemampuan fisik dan mental. Hal ini karena pada saat bermain dan berlatih judo tidak semata-mata untuk menunjukkan hasil latihan kekuatan yang telah di dapatkan.

Namun ada yang yang ingin dilatih dan diajarkan pada judo yaitu berupa karakter baik mulai dari keberanian, kedisiplinan, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Maka tak khayal kelebihan berlatih judo yang bisa dirasakan secara kesehatan antara lain dapat meningkatkan kekuatan pada tubuh, mengencangkan otot, meningkatkan ketangkasan, dan lain sebagainya

Judo

Judo adalah seni bela diri yang masuk dalam kategori olahraga. Dalam catatan sejarahnya olahraga judo ini awalnya berasal dari Negara Jepang dan semakin dikembangkan hingga dikenal masyarakat luas.

Disis lain perlu anda ketahui bahwa judo ini dikembangkan dari seni bela diri yang ada di Jepang pula yaitu bernama jujutsu. Akan tetapi judo dan jujutsu ini dua seni bela diri yang berbeda, apabila judo merupakan cara yang halus, maka jujutsu ini dianggap sebagai teknik yang halus. Dalam olahraga judo para pemainnya dinamakan pejudo. Hingga saat ini olahraga judo semakin populer dan menjadi salah satu cabang olahraga yang bergerak dalam seni bela diri yang digemari banyak orang.

Manfaat Judo

Judo merupakan salah satu bela diri yang perlu untuk dipertahankan, alasannya karena manfaat judo begitu banyak dan harus diketahui banyak orang. Antara lain;

  1. Latihan fisik

Judo dijadikan sebagai salah satu olahraga yang bisa melatih fisik seseorang agar menjadi lebih kuat dan seimbang. Maksud dari kekuatan ini sebetulnya bela diri judo akan memberikan ilmu baru yang berkaitan dengan proses perlindungan diri, sehingga secara tidak langsung tentunya pada judo ini akan diajarkan latihan fisik yang beruung pada terbentuknya kekuatan dalam diri individu.

  1. Melatih sikap disiplin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelum-sebelumnya, bahwa judo bukan hanya memberikan pelajaran tentang fisik semata, melainkan ada ilmu mental yang diberikan pula. Salah satu bentuk mental yang pada akhirnya membuat seorang individu memiliki karakter yang lebih baik yaitu kedisiplinan.

Dalam judo jiwa disiplin haruslah menjadi bagian utama yang dimiliki seseorang. Karena dengan kedisiplinan itu sendiri, individu akan merasakan tanggung jawab yang membawa dirinya harus bertindak bagaimana dan seperti apa. Sehingga secara tidak langsung kemandirian juga bisa dilatih melalu judo ini.

  1. Menetapkan tujuan

Penetapan tujuan artinya yaitu fokus pada hal yang akan dicapai. Manfaat judo memang memberikan tingkat pemikiran yang lebih kuat, berani, dan siap untuk menghadapi segala resiko yang akan diterimanya nanti. Maka dari itu seseorang bisa lebih yakin untuk menetapkan tujuan kedepan yang hendak dicapai tanpa ada keraguan, karena dalam dirinya sudah memiliki keyakinan yang tinggi.

Penetapan tujuan ini dalam judo digambarkan sebagai bentuk pencapaian ilmu yang diinginkan. Pada mulanya dari ilmu-ilmu dasar hingga ingin mencapai tujuan yang lebih besar yaitu penguasaan ilmu yang lebih tinggi lagi.

  1. Menghargai diri sendiri

Beladiri judo juga membuat seseorang mampu untuk lebih menghargai diri sendiri. Karena mereka mengapresiasi kemampuan yang mereka punya, dan merasa harus berterimakasih pada diri sendiri atas segala hal yang sudha diperjuangkan.

  1. Menghormati orang lain

Sikap menghargai dan menghormati orang lain juga bisa diperoleh melalui bela diri judo. Perlu anda ketahui sikap menghormati orang lain ditunjukkan kepada para pemain pada saat mereka harus memperhatikan setiap gerakan yang diajarkan dari siapapun walaupun usianya mungkin jauh lebih muda.

Melalui sikap saling menghormati inilah seseorang bisa dengan lebih mudah memiliki ikatan yang kuat antar anggota atau golongan dan membuatnya mempunyai kekeluarga yang lebih solid lagi.

  1. Melatih keseimbangan

Keseimbangan dalam bela diri jod ini akan senantiasa diperoleh melalui latihan yang diberikan, mulai dari penguasaan teknik dasar hingga teknik inti. Yang kesemua itu biasanya di awali dengan terlebih dahulu melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

  1. Meningkatkan kemampuan

Semakin sering berlatih judo maka seseorang bisa mendapatkan manfaat yaitu lebih tinggi tingkat kemampuannya. Kemampuan ini tentusaja sangat berguna ketika mengikuti event perlombaan, dimana dalam sebuah turnamen kemampuan yang diasah akan bisa menjadi pemenang.

Disis lain seni bela diri ini para pemain judo akan melakukan posisi awal berdiri yang melibatkan teknik judo agar setiap gerakan bisa menunjukkan ketangkasan yang baik mulai dari mengangkat maupun melemparkan lawan ke punggung mereka.

  1. Mengejar prestasi

Bela diri judo juga mengajarkan seseorang untuk bisa memperoleh prestasi yang mereka mau melalui latihan yang selalu dilakukan dan dibuktikan dalam sebuah pertandingan. Pertandingan Judo ini juga banyak dimaniati oleh semua kalangan.

  1. Menghilangkan stress

Judo sangat baik untuk seseorang yang sedang mengalami stress atau depresi. Karena dalam bela diri ini diajarkan teknik meditasi dari awal latihan. Sehingga energi negatif bisa dihilangkan dan membuat dirinya menjadi lebih tenang dan rileks.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahawa terdapat manfaat yang dirasakan secara mental dalam bela diri judo. Seperti adanya pemahaman akan bela diri itu sendiri bisa digunakan untuk kebaikan. Misalkan berlatih menghargai orang lain, membela kebenaran, menunjukkan sikap keberanian yang mengarah ke arah positif dan lain sebagainya.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat yang didapatkan seseorang yang melakukan bela diri judo dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi untuk semuanya yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *