Jenis Sanggar dan Contoh Kegiatan di Dalamnya

Diposting pada

Macam Sanggar

Sanggar dianggap sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan bakat dan potensi diri seseorang. Dalam bentuknya sendiri sanggar tentusaja memiliki banyak macamnya. Dimana biasanya pengeelompokan jenis sanggar didasarkan pada bidang yang ditekuni.

Akan tetapi yang pasti, sanggar tetaplan memiliki daya tarik tersendiri dalam dunia pariwisata. Banyak hiburan, pertunjukan, arti olahraga, maupun pameran seni yang menarik untuk dinikmati masyarakat luas. Hal tersebut tentusaja sesuai dengan salah satu tujuan pembuatan sanggar yaitu untuk membantu memperkenalkan karya cipta anak-anak sanggar agar dikenal dan diketahui masyarakat luas.

Sanggar

Sanggar adalah sarana yang digunakan oleh sekumpulan orang yang tergabung dalam suatu organisasi atau komunitas untuk melakukan sutu kegiatan. Sebagai salah satu sarana berkegiatan, sanggar biasanya memiliki kegiatan yang hanya fokus pada satu bidang.

Disini sangatlah jelas, bahwa sanggar tidak hanya sarana untuk berkumpul tetapi juga sarana untuk mengembangkan bakat dan potensi diri atau sebagai sarana pelatihan. Sanggar didirikan seara mandiri oleh seseornag atau sekelompok orang sehingga sifatnya nonformal.

Jenis Sanggar

Sanggar yang ada di Indonesia memiliki banyak jenisnya dengan berbagai kegiatan yang dimiliki. Berikut penjelasannya;

  1. Sanggar ibadah

Sanggar ibadah merupakan tempat untuk mengembangkan ilmu-ilmu agama. Pendirian sanggar ditujukan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sanggar ibadah juga sering disebut dengan sebutan majelis.

Masing-masing kepercayaan memiliki cara dan nama tersendiri untuk menamai perkumpulan atau organisasi yang berkaitan dengan ilmu agama. Tujuan pendirian sanggar agama ini selain untuk meningkatkan ketakwaan, juga untuk mengajak dan menyiarkan ilmu agama kepada masyarakat luas.

Kegiatan yang biasanya dilakukan dalam sanggar agama adalah siraman rohani, melakukan perayaan hari besar keagamaan, baksi sosial, dan lain sebagainya. segala kegiatan yang dilakukan dalam sanggar agama merupakan wujud ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Melalui sanggar agama, ilmu agama dapat disebarluaskan. Masing-masing anggota memiliki kesadaran penuh akan pentingnya ilmu agama.

  1. Sanggar tari

Sanggar tari merupakan salah satu sanggar seni yang banyak dijumpai. Sanggar tari adalah tempat untuk belajar dan berlatih tarian khas. Kebanyakan sanggar tari mengajarkan tarian tradisional sebagai bentuk cinta tanah air dan menjaga kelestarian budaya bangsa.

sanggar tari menjadi media untuk bepikir kreatif, berekspresi, serta ,mengembangkan bakar di bidang kesenian tari. Adanya sanggartari menjadi wadah bagi osiapa saja yang memiliki bakat dan hobi dalam bidang tersebut untuk mengekspresikan ide melalui gerakan-gerakan tari.

Kegiatan yang biasanya dilakukan di sanggar tari antara lain: pengejaran ilmu pengetahuan tentang seni khususnya tari, melakukan latihan gerak, ,menciptakan suatu gerak tari sebagai wujud ekspresi, pertunjukan, serta perlombaan.

Kegiatan dalam sanggar tari sangat beragam. Melalui sanggar tari, kebudayaan daerah dapat terus dilestarikan dan dipelajari oleh generasi muda.

  1. Sanggar lukis

Sanggar lukis merupakan tempat untuk mengembangkan seni lukis. Sanggar lukis didirikan dengan tujuan buntuk melatih dan mengembnagkan individu-individu yang memiliki ketertarikan di bidang seni lukis. Persepsi masyarakat luas memandang bahwa sanggar lukis hanya diperuntukna bagi orang-orang yang memiliki bakat melukis. Sejatinya, setiap orang yang ingin belajar melukis bebas dan berhak untuk mengikuti sanggar lukis.

Kegiatan yang biasanya dilakukan dalam sanggar lukis adalah pengenalan objek lukis, pelatihan teknik-teknik dasar melukis, pelatihan pembuatan sketsa, pelatihan menggambar, pelatihan mewarnai, pelatihan melukis, kegiatan pameran karya lukis, hingga ajang perlombaan lukis.

Kegiatan pada sanggar lukis ini mampu menumbuhkan kreativitas khususnya pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka bebas mengeskpresikan imajinasinya melalui media gambar yang apabila terus dikembangkan dapat menjadi suatu karya seni yang memiliki nilai estetik tinggi.

  1. Sanggae teater

Sanggra teater merupakan sanggar budaya yang mengembangkan seni peran. Sanggar ini menjadi wadah bagi para seniman yang senang bermain peran untuk mengasah bakat dan kemampuannya.

Minat generasi muda terhadap dunia seni peran khususnya teater saat ini sudah mulai berkurang. Adanya sanggar teater yang masih berkembang sampai saat ini diharapkan mampu menarik minat generasi muda untuk mencintai dan belajar kesenian asli Indonesia dalam bidnag teater seperti ketoprak, ludrug, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang biasanya dilakukan dlama sanggar tetaer adalah berlatih peran, hingga kegiatan pementasan yang biasanya selau diadakan rutin. Tujuan pementasan bukan hanya untuk mengenalkan hasil karya seni peran kepada masyarakat luas, tetapi juga untuk mengajak para generasi muda melesktarikan seni teater.

penghargaan-penghargaan bagi para lakon-lakon teater pun saat ini sudah banyak diadakan. Hal tersebut sebagi wujud apresiasi kepada pada pelaku teater.

  1. Sanggar musik

Sesuai namanya, sanggar music merupakan tempat untuk memfasilitasi siapa saja yang ingin belajar musik. Sanggar musik memiliki berbagai macam jenis, mulai dari snaggar music popo, sanggar music jazz, sanggar music tradisional, sanggar musik keroncong dan lain sebagainya.

Adanya sanggar seni memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk memperdalam seni music dan mengembangkan bakat dalam bidang seni musik.

Berbagai kegiatan dalam sangar smusik antara lain berlatih mengenal nada, berlatih musik, kegiatan pertunjukan musik, kegiatan perlombaan. Tidak jarang juga suatu sanggar seni melakukan kegiatan sosial dan penggalangan dana melalui konser-konser musik.

  1. Sanggar kriya

Seni kriya sering disebut juga dengan seni kerajinan. Sanggar kriya menjadi wadah untuk mengemabangkan ketrampilan dan menuangkan ide ide kreatif untuk menghasilkan suatu karya kerajianan yang bernialai estetik tinggi.

Menciptakan suatu kerajianan dibutuhkan ketrampilan tinggi.Untuk memperoleh ketrampilan tersebut dibutuhkan latihan yang serius dan berulang. Sanggar menjadi pilihn yang tepat untuk mengembangkan kreativitas.

Mengembangkan ide dan kreativitas dapat dilakukan degnan melibatkan orang lain. Bertukar pikiran dengan orang lain yang memiliki minat yang sama dalam bidang seni kriya akan menambah peluang keberhasilan penciptaan sni kriya

Berbagai macam kegiatan ada dalam sanggar kriya seperti pelatihan pembuatan kerajinan, penciptaan kerajinan baru, hingga kegiatan pameran untuk memperkenalkan produk kerajianan karya anak bangsa. Bahkan seni kerajinan yang dijual selain memiliki nilai seni tinggi juga dapatberniali ekonomis tinggi.

  1. Sanggar anak

Sanggar anak merupakan tempat untuk anak-anak mempelajari hal-hal tertentu diluar sekolah. Pendirian sanggar anak bertujuan memantau perkembangan dan bakat yang dimiliki anak. Kegiatan-kegiatan dalam sanggar ini biasanya bersifat ringan yang cenderung dalam konteks permainan.

Kegiatan yang dilakukan diharapkan dapat merangsang anak untuk melakukan hal-hal kreatif. Kegiatan dlaam sanggar anak berupa permainan, kegitatan-kegiatan yang dapat memacu kreativitas anak. sanggar anak juga seringkali menampilkan pertunjukan yang melibatkan anak-anak. Hal tersebut selain untuk merangsang kreativutas juga untuk melatih kepercayaan diri pada anak.

  1. Sanggar vocal

Sanggar vokal merupaknan tempat untuk berlatih vokal. Seni bernyanyi biasanya memiliki banyak peminat. setiap orang memilki kemampuan dan jenis vokla yang berbeda. Sanggar vokal ini membantu mengasah bakat bernyanyi dan mengenalkan teknik-teknik bernyanyi yang baik dan benar.

Sanggar vokal tidak hanya mengajarkan teknik bernyanyi secara individu, tetapi juga bernyayi secara kelompok atau koor. Kegiatan dalam sanggar vokal adalah berlatih teknik vokal individu, berlatih memadukan teknik vokal dalam bernyanyin kelompok (harmonisasi vokal), pertnjukan vokal, hingga kegiatan perlombaan.

  1. Sanggar olahraga

Sesuai dengan namanya, sanggar olahraga merupakan tempat untuk berlatih kegiatan olahraga. Setiap jenis olahraga memiliki sanggar masing-masing. Hal tersebutuntuk memfokuskan atlet pada satu kegiatan yang menjadi minat dan bakatnya.

Banyak kegiatan yang ada dalam sanggar olahraga, seperti kegiatan latihan ruti, pengajaran umum tentang materi pendidikan jasmani, pelatihan teknik, dan lain sebagainya. Sanggar olahraga biasanya menghasilkan banyak atlet-atlet nasional yang mampu bersaing hingga kancah internasional.

  1. Sanggar bunda

Sanggar bunda merupakan tempat bagi para ibu untuk belajar tentang pola asuh anak yang benar. Sanggar ini biasnaya banyak diikuti oleh para ibu-ibu muda yang belum mengetahui cara yang tepat dalam mengasuh anak. Sanggar bunda tidak hanya diikuti oleh perempuan-perempuan yang sudah meikah dan memiliki anak, para remaja yang belum menikah dan ingin belajar cara mengasuh anak juga bisa bergabung menjadi bagian dari sanggar bunda.

Dimana secara luas kegiatan dalam sanggar ini juga tidak kalah beragam dengan jenis sanggar-sanggar lainnya. Kegiatan yang sering dilakukan berupa pelatihan cara mengasuh anak, cara memandikan anak, pelatihan cara mendidika anak, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa bentuk kegiatan yang biasa dilakukan di sanggar berupa proses pembelajaran, pelatihan, penciptaan karya, dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang pada waktu-waktu tertentu sanggar mengadakan suatu pertunjukan atau pameran untuk memperkenalkan hasil karya anggota sanggar.

Sistem dan peraturan dalam sebuah sanggarbersifat fleksibel. Tidak ada aturan khusus yang menyangkut kebijakan dalam mendirikan atau mengikuti sanggar. Peraturan tergantung pada pendiri sanggar atau kesepakatan anggota sanggar.

Oleh karena itulah layak jikalau karya-karya dalam pameran sanggar memiliki nilai jual tinggi karena keunikan dan kekhasan khusus. Hasil karya yang dipertontonkan menjadi cermin kulaitas suatu sanggar. Keberagaman seni, budaya, dan adat istiadat menjadikan Indonesia memiliki banyak jenis sangar.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.