Tujuan Lari Jarak Menengah

Diposting pada

Tujuan Lari Jarak Menengah

Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga tradisional yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Bahkan gerakan lari itu sendiri sudah sering dilakukan semua orang, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Berbicara mengenai olahraga lari sebetulnya jenis lari sendiri ada beberapa macam, mulai dari lari jarak menengah, jari jarak jauh, lari sprint dan lain sebagainya.

Adapun khusus untuk lari jarak menengah ini ialah kegiatan olahraga yang dilakukan dengan cara berlari pada jarak tempuh sekityar 800m sampai 1500m. Pada lari jarak menengah seseorang harus memiliki kemampuan untuk mengatur kecepatan, stamina, serta nafas pada saat berlari. Karena semua hal tersebut sangat penting dan perlu dijaga dengan baik agar tujuan lari dapat dilakukan dengan sempurna.

Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah adalah salah satu cabang olahraga lari yang bisa dilakukan dengan cara gerakan lebih rileks dan tidak perlu kecapatan yang begitu tinggi. Umumnya pada jenis lari dengan jarak menengah ini kecepatan akan dimulai pada saat mendekati finish.

Tuuan Lari Jarak Menengah

Berikut dibawah ini tujuan lari jarak menengah ialah :

  1. Melampaui jarak tertentu dalam waktu yang secepat-cepatnya

Lari jarak menengah merupakan salah satu cabang olahraga yang berfungsi begitu baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Tujuan lari jarak menengah ini yang pertama ialah untuk melampaui jarak tertentu dalam waktu secepat-cepatnya.

Memang pada dasarnya dengan berlari seseorang akan menempuh jarak tertentu menggunakan langkah kaki mereka sendiri begitu pula pada lari jarak menengah. Tujuan lari ini yaitu untuk sampai ditempat finish yang sudah ditetapkan.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Lari jarak menengah juga bisa memperbaiki kualitas tidur. Karena dengan olahraga lari ini seseorang bisa melakukan aktivitas secara maksimal, karena hampir seluruh anggota badan bergerak. Maka secara tidak langsung setelah kegiatan lari ini selesai dilakukan, maka tubuh akan merasakan kebugaran yang lebih baik dan membuatnya memerlukan istirahat yang cukup setelah berlari.

Maka dari itu, kemungkinan yang terjadi setelah pelaksanaan lari jarak menengah selesai, maka hal itu akan membuat seseorang memerlukan tidur yang cukup sehingga kualitas tidur menjadi semakin baik.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Olahraga lari jarak menengah bertujuan pula untuk menjaga kesehatan jantung. Perlu anda ketahui mengapa lari jarak menengah ini bisa begitu baik menjaga kesehatan jantung? Alasannya karena pada olahraga ini tubuh bergerak hampir di seluruh tubuh dan secara otomatis hal tersebut berpengaruh pada lancarnya peredaran darah dan membuat organ jantung pun bisa berfungsi dengan baik.

Dengan lari jarak menengah anda juga bisa merasakan gerakan lari yang rileks sehingga tidak memberikan rasa lelah yang berlebihan. Bahkan dengan berlari ini pula jantung dapat memompa darah secara optimal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh, termasuk dalam otot-otot tubuh yang dilakukan untuk bergerak.

  1. Menjaga sistem pernapasan

Sistem pernapasan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga dengan baik. Karena dengan pernapasan yang baik maka seseorang bisa bertahan hidup. Apalagi sistem pernapasan inilah yang membuat manusia bisa melangsungkan kehidupannya dengan sehat. Maka dari itu untuk menjaga sistem pernapasan dengan baik anda perlu melakukan olahraga contohnya yaitu berlari.

Lari jarak menengah sangat baik untuk menjaga pernapasan. Karena pada saat melakukan olahraga lari jarak menengah anda bisa merasakan kenikmatan gerak secara lebih santai namun tetap melatih kekuatan. Maka dari itu dengan lari ini anda tetap bisa mengontrol sistem pernapasan dengan sempurna.

  1. Menjaga dan meningkatkan kekuatan otot

Berlari tentunya bisa menjaga dan meningkatkan kekuatan otot. Bagian yang sangat berdampak baik dari kegiatan lari jarak menengah ini yaitu otot kaki. Karena gerakan yang paling banyak dilakukan pada olahraga lari ini yaitu kaki, dimana kaki akan melangkah demi langkah dan tentunya hal tersebut membuat otot semakin kuat bahkan kencang.

  1. Mengurangi rasa sakit di lutut sekaligus membuatnya lebih kuat dan sehat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahkan bagian kaki merupakan bagian yang paling sering digunakan untuk melakukan olahraga lari. Maka kaki itu pulalah yang mendapatkan fungsi jauh lebih banyak dibandingkan yang lainnya.

Salah satu dampak dari lari jarak menengah ini yaitu mampu mengurangi rasa sakit di lutut. Bahkan kaki bisa menjadi semakin kuat, sehat dan dengan mudah bisa digerakan.

  1. Mengembangkan keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi tubuh sehingga mengurangi risiko jatuh atau cedera

Lari jarak menengah merupakan olahraga yang bisa membantu seseorang memperoleh keseimbangan, ketangkasan, dan koordinasi pada tubuh. Bahkan dengan olahraga lari ini seseorang bisa mendapatkan fleksibilitas tubuh secara lebih mudah dan membuat dirinya mampu untuk mengurangi resiko jatuh maupun cidera.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang bertujuan melakukan lari jarak menengah. Semoga memberikan edukasi serta literasi untuk semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.