Tujuan dan Manfaat Voli Pantai

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Voli Pantai

Arti olahraga dalam sebuah kehidupan pada dasarnya sangat penting sekali. Karena dengan olahraga seseorang dapat menjaga kebugaran jasmaninya agar semakin baik dan kuat. Bahkan macam olahraga itu sendiri juga begitu banyak dan setiap individu diberi kebebasan untuk melakukan olahraga yang mereka sukai.

Beberapa olahraga yang cukup dikenal banyak orang antara lain ialah basket, lari, berenang, sepak bola, dan voli. Berbicara mengenai voli, maka olahraga yang satu ini juga memiliki cabang olahraga lain yaitu voli pantai. Voli pantai sendiri permainannya sama dengan olahraga voli pada umumnya. Akan tetapi untuk pelaksanaan voli pantai yaitu sesuai dengan namanya di pantai dan tempat yang lebih terbuka.

Voli Pantai

Permainan voli pantai sangat populer sebagai kegiatan yang dilakukan pada saat melakukan rekreasi di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas. Namun jangan salah karena olahraga ini juga sering dimainkan di lapangan pasir yang bukan di daerah pantai. Perlu anda ketahui bahwa olahraga permainan voli pantai ini termasuk olahraga yang dipertandingkan di olimpiade.

Sehingga tidak heran jika salah satu jenis permainan bola besar seperti ini banyak diketahui orang dan menjadi salah satu olahraga yang cukup favorit dikalangan masyarakat.

Tujuan Permainan Voli Pantai

Adapun untuk tujuan melakukan olahraga voli pantai. Antara lain sebagai berikut;

  1. Mengirimkan bola voli agar mampu melewati net dengan maksud supaya bola tersebut jatuh di wilayah/area permainan lawan.
  2. Voli pantai bertujuan untuk mencegah usaha yang sama dari tim lawan untuk menjatuhkan pola ke area tim milik sendiri.

Manfaat Voli Pantai

Fungsi melakukan olahraga voli pantai begitu banyak antara lain adalah:

  1. Mengurangi stress

Rasa stress yang terjadi dalam hidup seseorang bisa diakibatkan banyak hal, mulai dari kekhawatiran, banyak pekerjaan, adanya rasa tertekan, dan lain sebagainya. keadaan tersebut membuat otak merasa harus mampu menyelesaikan berbagai masalah yang sedang dialami, namun disisi lain kondisi tubuh tidak sanggup untuk melakukan semua hal tersebut. Dari situlah muncul rasa stress yang membuat individu merasa semakin bingung dan frustasi harus bertindak apa.

Apabila anda sedang mengalami keadaan seperti diatas, maka cara yang paling ampuh untuk mengobatinya adalah memberikan kesempatan pada tubuh agar bisa rileks. Rasa stress ini bisa dihilangkan dengan banyak cara mulai dari istirahat, berlibur, maupun berolahraga.

Berbicara mengenai olahraga anda bisa memanfaatkan waktu liburan dengan melakukan olahraga voli pantai yang mana dengan olahraga tersebut anda juga bisa melakukan liburan untuk membuat suasana hati dan fikiran menjadi lebih fresh.

  1. Membantu tidur lebih nyenyak

Tidur yang nyenyak merupakan salah satu kebutuhan yang diperlukan banyak orang. Karena jika waktu tidur terganggu maka hal tersebut berpengaruh terhadap rasa ketidaknyamanan pada tubuh. biasanya tubuh akan merasa lesu dan kurang fit karena kualitas tidur yang tidak baik.

Untuk mengatasi masalah waktu tidur ini anda bisa melakukan olahraga agar tubuh semakin baik dan membantu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja.

Dengan demikian maka anda akan merasa butuh waktu istirahat yang cukup dan hal tersebut memberikan dampak pada kualitas tidur yang semakin baik. Bahkan dengan olahraga yang secara rutin anda lakukan, maka hal ini akan membantu anda yang mengalami insomnia agar bisa tidur lebih awal dan nyenyak.

  1. Ampuh turunkan berat badan

Memiliki berat badan yang berlebih pasti membuat sebagian orang merasa kurang nyaman dan kurang percaya diri. Hal ini karena mereka merasa bahwa penampilannya kurang menarik. Bahkan dengan berat badan yang berlebih akan mengakibatkan anda kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan demikian banyak orang yang berusaha untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan salah satunya yaitu dengan melakukan diet ketat.

Pada dasarnya untuk menjaga atau menurunkan berat badan selain melakukan diet, menjaga pola makan yang baik, anda juga bisa memanfaatkan waktu luang anda untuk melakukan olahraga. Salah satu jenis olahraga yang bisa anda lakukan yaitu ialah voli pantai yang mana pelaksanaannya sama dengan permainan voli pada umumnya.

Sebagai informasi dengan kegiatan olahraga yang anda lakukan bisa membakar lemak yang ada di dalam tubuh, terlebih lagi jika anda berhasil mengeluarkan keringat yang begitu banyak. Maka hal itu selain membakar lemak berfungsi juga sebagai pembuangan racun yang ada dalam tubuh.

  1. Membentuk dan menguatkan otot, juga persendian

Olahraga voli pantai pada umumnya juga dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk membentuk dan menguatkan otot-otot maupun persendian. Manfaat ini bisa dirasakan karena dalam permainan voli pantai hampir seluruh tubuh akan melakukan gerakan. Mulai dari otot betis, paha, pinggul lengan atas dan otot punggung serta lain sebagainya.

Maka dari itu dengan bergeraknya seluruh anggota tubuh maka manfaat yang dirasakan juga untuk semua anggota tubuh itu sendiir. Baik dari menguatnya otot sampai ke masalah persendian pun semakin lebih kuat.

  1. Menguatkan tulang

Permainan voli pantai merupakan latihan yang memerlukan daya tahan tubuh yang baik. Karena dalam permainan ini anda harus bergerak dengan cara meloncat, berlari, dan harus memiliki kekuatan yang baik untuk memukul bola voli itu sendiri.

Dengan hal tersebut maka ada manfaat yang bisa diperoleh pula dari olahraga voli pantai ini diantaranya yaitu, menguatkan tulang tubuh. karena dalam olahraga ini memerlukan usaha atau daya tahan yang bagus, maka setiap gerakan yang dilakukan dalam olahraga voli juga berpengaruh terhadap kekuatan tulang itu sendiri.

Apalagi jika olahraga voli bisa dilakukan secara rutin, maka tulang akan semakin kuat dan bisa mencegah terjadinya osteoporosis.

  1. Latihan kardiovaskular

Permainan bola voli baik yang ada di dalam ruangan maupun diluar ruangan yang lebih luas ternyata mampu untuk melatih kardiovaskular secara intensif. Dalam olahraga voli baik secara umum maupun voli pantai itu sendiri ada beberapa tuntutan permainan yang harus dilakukan oleh para pemain.

Tuntutan tersebut antara lain ialah melompat dan berlari, dimana gerakan tersebut secara tidak langsung dapat pula meningkatkan detak jantung dan daya tahan mereka sehingga meningkatkan intensitas latihan kardiovaskular pula.

  1. Pengkondisian Daya Tahan Tubuh

Daya tahan adalah salah satu unsur penting yang harus dimiliki seseorang. Karena dengan melakukan jenis latihan daya tahan yang baik, individu dapat melakukan segala aktivitas atau kegiatan dengan baik pula. Melalui manfaat daya tahan lah setiap orang bisa memiliki kekuatan dan kebugaran.

  1. Meningkatkan kelincahan/ketangkasan

Kelincahan atau ketangkasan bisa anda miliki dengan lebih mudah pada saat anda sudah terbiasa untuk melakukan olahraga voli pantai. Karena dalam olahraga ini setiap gerakan harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Sehingga kelincahan maupun ketangkasan semakin terlatih dan bisa anda miliki dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

  1. Menyediakan aktivitas sosial luar ruang

Voli pantai termasuk jenis olahraga yang dilakukan oleh dua tim atau kelompok. Selain itu olahraga ini juga menyebabkan antara orang satu sama lain untuk melakukan interaksi sosial. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut membuat anda akan menemukan jiwa untuk berkomunikasi dan membuka aktivitas sosial yang jauh lebih luas.

  1. Meningkatkan stamina

Permainan bola voli pantai juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina. Karena dari olahraga ini seseorang akan semakin terlatih untuk mengendalikan tubuhnya agar memiliki daya tahan yang baik. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut berdampak pula pada kekuatan stamina yang lebih baik lagi.  

  1. Melepaskan kecemasan

Apabila anda sedang mengalami rasa cemas, maka olahraga adalah salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa cemas tersebut. Olahraga voli pantai termasuk olahraga yang membuat fun dan mampu menghilangkan rasa cemas karena dilakukan di pantai yang membuat suasana hati lebih senang.

  1. Memperbaiki konsentrasi

Melatih daya kosentrasi juga merupakan bagian dari tujuan yang menjadi manfaat melakukan olahraga voli pantai. Karena pada olahraga ini dibutuhkan banyak strategi yang baik agar bisa menang dari lawan, dimana strategi tersebut memungkinkan keberadaan setiap pemaian dalam tim bisa mengelola kerjasama yang baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan. Dapatlah dikatakan bahwa voli pantai merupakan salah satu jenis olahraga yang asyik dan menyenangkan, bahkan bukan hanya sekedar permainan, akan tetapi dalam voli pantai menjadi variasi dari arti bola voli, yang pada umumnya dimainkan di atas pasir.

Biasanya dalam permainan voli pantai ini akan ada dua tim yang dipisahkan oleh jaring dan cara mainnya yaitu memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan. Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta harus mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri agar tim tersebut bisa memperoleh skor.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan yang menjadi manfaat melakukan olahraga voli pantai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi untuk segenap pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *