Tujuan Sprint (Lari Jarak Pendek)

Diposting pada

Tujuan Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendek atau sprint sering dilakukan sebagai arti olahraga ringan untuk menjaga kebugaran jasmani serta menjaga kesehatan bagi tubuh. Setiap orang memiliki alasan dan tujuan masing-masing ketika melakukan lari jarak pendek.

Beberapa orang melakukan olahraga lari karena dianggap memiliki banyak manfaat. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tujuan seseorang melakukan lari jarak pendek.

Lari Jarak Pendek (Sprint)

Lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga dengan menggunkan latihan kekuatan kaki sebagai tumpuan dalam membentuk latihan kecepatan. Olahraga ini banyak digemari karena tidak memerlukan biaya dan alat yang mahal.

Tujuan Lari jarak Pendek

Beberapa orang melakukan lari jarak pendek dengan tujuan antara lain:

  1. Hoby

Orang yang memiliki hobi berlari biasanay akan melakukan olahraga lari, khusunya lari jarak pendek secara rutin. Hal tersebut didaari karena rasa senang sehingga ketika ia melakukan olahraga lari jarak pendek perasaannya akan gembira dan memperoleh kepuasan diri.

Hobi berlari dapat dimiliki oleh siapa saja dari berbagai usia. Melakukan olahrag alari jarak pendek dianggap menyenangkan karena tenaga yang terkuras ketika berlari tidak terlalu banyak seperti ketika melakukanlari jarakjauh maupun lari marathon.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Beberapa orang melakukan olahraga lari jarak pendek dengan tujuan untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar.

Kebugaran tubuh dapat menambah semangat dan konsentrasi diri. Kebuguran tubuh diperlukan untuk mengurangi rasa kantuk dan lemas ketika melakuakn sesuatu. Tubuh yang sehat dan bugar memberikan semangat dan stamin apositif pada tubuh untuk melakukan aktivitas.

  1. Mendapatkan Penghargaan

Perlombaan lari jarak pendek kerap kali dijadikan sebagi ajang perlombaan muali dari tingkat daerah hingga tingkat internasional. Sudah menjadi tradisi, sisapun yang memenagkan suatu pertandingan atuapun perlombaan akan memperoleh suatu penghargaan. Penghargaan yang diberikan pun beragam, muali dari piagam, barang mewah, hingga uang tunai.

Tidak jarang tujuan seseorang mengikuti perlombaan lari jarak pendek untuk memperoleh penghargaa. Penghargaan dalam konteks ini tidak hanya penghargaan berupa barang maupun uang tetapi juga penghargaan berupa pujian dan status sosial.  

  1. Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu luang yang positif adalah dengan melakukan hal-hal yang positif. Salah satunya adalah dengan berolahraga, khsususnya lari jarak pendek. Olahraga ini seringkali dilakukan pagi hari maupun sore hari ketika udara tidak terlalu panas.

Mengisi waktu luang dengan berlari dapat memberikan energy positif untuk menyegarkan tubuh setelah melakukan rutinitas sehari-hari.

  1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan memang menajdi salah satu masalah klasik yang dialami oleh seseorang, probelem ini tak luput pula banyak yang melakukan lari jarak pendek untuk menurunkan berat badannya. Pasalnya dalam berbagai riset dikemukakan manfaat sprint ini bisa menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan Kelincahan

Unsur tak kalah penting lainnya bagi seseorang melakukan lari jarak pendek adalah untuk meningkatkan kelincahan pada gerak tubuh yang dimilikinya. Bahkan kelincahan ini bisa membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan pada berbagai bidang olahraga, yang bukan hanya lari melakukan seperti bermaian sepak bola.

  1. Mengikuti Trend

Meski tujuan dari yang terkhir ini kurang begitu familiar tetapi bagi sebagian orang ada yang melakukan olahraga ini sebab mengikuti trend. Misalnya saja ketika Indonesia menjadi juara dalam lari jarak pendek 200 meter U-20 yang diperoleh sprinter Lalu Muhammad Zohri.

Pada saat pretasi tersebut didapatkan oleh Zohri banyak kaum muda ingin menjadikannya sebagai diola baru dalam kegiatan olahraga, khususnya Lari.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan tujuan sprint (lari jarak pendek) dan penjelasannya. Semoga bisa memberikan edukasi, referensi, serta mampu menimgkatkan literasi bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *