Teknik Dasar dalam Surfing (Olahraga Selancar) dan Penjelasannya

Diposting pada

Teknik Surfing

Jenis olahraga modern dilakukan di air yang satu ini mungkin tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya orang-orang dengan kemampuan khusus yang bisa melakukan olahraga surfing atau dikenal dengan olahraga selancar.

Salah satu alasannya karena olahraga ini termasuk salah satu jenis olahraga ekstrim yang membutuhkan teknik dasar sampai teknik mahir dalam melakukannya.

Olahraga Selancar (Surfing)

Selancar atau biasa disebut juga dengan surfing adalah arti olahraga air yang dilakukan di atas ombak dengan menggunakan alat berupapa papan yang disebut dengan nama papan selancar. Papan dalam penggunaannya olahraga ini dibutuhkan untuk bermanuver di atas ombak. Dimana kemudian papan akan didorong atau digerakan oleh ombak arah laju papan diarahkan oleh peselancar.

Oleh sebab itulah melakukan olahraga ini memerlukan adrenalin tinggi. dibutuhkan ketrampilan dan latihan rutin untuk dapat melakukan olahraga selancar. Hal tersebut karena olahraga ini bersentuhan langsung dengan ombak laut yang tinggi.

Teknik Surfing

Melakukan olahraga ini diperlukan teknik-teknik yang harus dipelajari, antara lain:

  1. Mental

Teknik dasar yang harus dimilikiketika ingin belajar surfing adalah mental yang siap. Kesiapan mental sangat mempengaruhi proses latihan surferng. Dibutuhkan latihan dan kerja keras. Oleh karenanya, seorang peselancar harus memiliki mental pantang menyerah dan tidak takut dengan tantangan.

Untuk dapat berhasil melakukan olahraga ini, seseorang harus bertarung melawan ombak laut yang tinggi. Semakin tinggi ombak semakin menantang mental peselancar.

  1. Otot

Kekuatan otot dan fisik juga sangat diperlukan dalam melakukan olahraga selancar ini. Selancar termasuk salah satu olahraga extreme yang membutuhkan kekuatan tubuh yang fit dan prima. Kekuatan otot-otot khususya otot tangan dan akkai menjadi faktor penentu keberhasilan dalam menaklukan ombak. Kekuatan otot tangan dan kaki dibutuhkan untuk mengendalikan papan surfing dan bermanuver di atas ombak.

  1. Pemanasan

Melakukan pemanasan dinamis dan pemanasan statis pada setiap latihan surfing sangat diperlukan untuk melemaskan otot.

Akan sangat berbahaya apabila otot tubuh mengalami cedera ketika berada di atas ombak. Pemanasan-pemanasan yang dilakukan cukup pemansan ringan untuk sekedar meregangkan otot. Hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari keram pada kaki pada saat melakukan surfing.

  1. Memilih papan selancar

Untuk pemula, teknik memilih papan selancar juga perlu diperhatikan. Seorang harus mampu mengendalikan papan selancar ketika berada di atas ombak. Oleh karenanya pilihlah papan selancar yang nyaman dan mudah ketika dikendalikan.

Bagi pemula, dianjurkan untuk memilih papan selancar yang panjang dan cukup lebar. Hal tersebut untuk emmeudahkan peselancar pemula dalam mengendalikan dan menjaga keseimbangan di atas ombak/air.

  1. Paddling

Paddling adalah teknik untuk melakukan gerakan mendayung diatas papan selancar yang berguna untuk menangkap ombak. Cara melakukan teknik ini adalah dengan berbaring tengkurap diatas papan surfing dengan posisi kedua tangan mendayung/mengayuh. Hal tersebut dilakuakn untuk membawa papan ke tengah pantai.

Perlu diperhatikan, posisi tubuh ketika berbaring diatas papan surfing. Usahakan posisi senyaman mungkin dengan posisi yang sejajar untuk mengatur keseimbangan. Lengkungkan sedikit tubuh bagian depan ke atas. Hal tersebt bertujuan unuk memudahkan gerakan mendayung yang dilakukan oleh kedua tangan.

Latihan teknik paddling ini dilakukan untuk membiasakan diri dengan papan surfing di tengah pantai. Hal ini juga dilakukan untuk belajara penguasaan ombak ketika di pantai, belajar menyatu dengan pantai dan papan surfing.

  1. Popping Up

Teknik poping up adalah gerakan lanjutan setelah melakukan teknik paddling. Gerakan poping up adalah proses gerakan berdiri setelah berbaring. Hal tersebut harus dilakukan dengan cepat. Untk melatih otot-otot tangan dan kaki dalam menjaga keseimbanga, usahakan latihan di atas pasir terlebih dahulu.

  1. Stand Up

Stand up adalah teknik adalah teknik berdir di atas papan surfing. Berdiri diatas surfing memerlukan tingkat keseimbangan yang tinggi agar tidak tergulung ombak. Teknik ini harus dikuasai oleh setiap pemain surfing.

Untuk melatih keseimbangan berdiri, kalian bisa melakukannya di daratan terlebih dahulu dengan belajar menjaga keseimbangan penguasaan papan surfing di atas bola. Kunci keberhasilan melakukan teknik stand up adalah tenang, pandangan lurus ke depan, serta hindari berdiri tegak diatas papan surfing.

  1. The Hunchback

The hunchback merupakan teknik yang dipakai untuk mnejaga keseimbangnan saat di atas papan surfing. Saat berdiri di atas papan surfing usahakan tubuh sedikit mmbungkuk untuk menjaga keseimbangan dan megendalikan ombak dengan baik.

  1. Duck Diving

Duck Diving adalah teknik yang harus dikuasai untuk memungkinkan surfer melewati ombak ketika mengayuh keluar. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari surfer kehilanagn stamina karena terhantam ombak yang menggulung.

  1. Board control

Board control adalah teknik mengatur pergerakan papan selancar sesuai arah yang kita inginkan. Teknik ini juga diperlukan untuk melakukan manuver-manuver dalam berselancar. Dalam melakukan teknik ini, diperlukan keseimbangan dan injakan kaki yang kuat pada papan selancar yang stabil.

  1. Memutar Papan

Memutar papan ketika melakukan surfing termasuk teknik dasar yang harus dikuasai peselancar. Putarlah papan ketika tubuh berada dalam posisi duduk diatas papan surfing dengan menendangkan kaki dan bersiap-siap untuk melakukan kayuhan.

Kayuhan dilakukan dengan sapuan yang panjang, dan dalam. Ketika gelombang datang, patikan tubuh dalam posisi siap menangkap ombak untuk selanjutnya mendekati puncak ombak agar tidak tergulung dalam ombk.   

  1. Menegendarai ombak

Mengendarai ombak maksudnya adalah menguasai jenis-jenis dan tipe ombak. Apabola gelombang miring dan ombak tergolong lemah, gerakan kayuhan dapat dilakukan dari sudut sebelah kakan atau kiri. Kayuhan tersebut akan membantu agar tetap berada di depan ombak dengan memanfaatkan energy gelombang.

Pada gelombang yang ekstrem, surfer harus ikut dropline palung datar gelombang. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari hidung kemasukan air. Condongkan berat badan dengan menumpukannya kearah gelombang. Hal tersebut otomatis akan membuat manuver ke air dan papan akan terarah sesuai dengan tuuan yang diharapkan.

  1. Mempelajarai etiket surfing

Teknik yang tidak kalah penting dengan teknik-teknik lainnya dalah kemampuan menguasai dasar ombak serta beberapa aturan keselamatan dasar pada surfing. Hal tersebut untuk menjamin keamann dan kenyamanan ketika melakukan surfing.

Salah satu contoh etika surfing adalah ketika ada seorang surfer yang sudah mendayung menuju ombak, surfer yang berhak yang berhak untuk berjalan dan mengangkap ombak adalah surfer yang sudah mendayung menuju ombak dan surfer yang endayung paling dekat denga npuncak ombak.

  1. Memilih spot yang tepat sesuai dengan kememapuan

Bagi pemula, pemilihan spot surfing yang tepat menjadi slaah stau faktor penentu keberhasilan dalam belajar surfing.

Proses belajar dapat terhambat ketika spot atau tempat yang dipilih kurang tepat. Tempat yang kurang tepat khusunya bagi pemula misalnya adalah tempat yang memiliki ombak yang terlalu tinggi. Usahakan memilih pantai dengan ketinggian gelombang sekoitar 1 sampai dengan 2 kaki saja.

Sejarah Surfing (Olahraga Selancar)

Olahraga surfing dalam sejarahnya pertama kali dikenal di Amerika pada abad ke-20. Selanjutnya mulai bermunculan komunitas-komunitas selancar di Amerika. Perkembangan olahraga selancar mulai dikenal di dunia sekitar tahun 1964.

Perkembnagan olahraga yang pesat membuat para peminat dan penggiat surfing mendirikan komunitas surfing berskala internasional yang diberi nama ISA (Internasionla Surfing Assosiation) yang berpusat di California. Saat ini ISA sudah memiliki lebih dari 70 negara anggota.

Indonesia sebagai negara maritime dikenal memiliki beberapa tempat yang cocok dijadikan sebagai tempat surfing. Bukan hanya berskala nasional, tempat-tempat surfing yang ada di Indonesia memiliki kualifikasi surfing berskala internasional.

Tempat-tempat surfing yang terkenal di Indonesia antara lain: Pulau sipora, Sumatra Barat; Pulau Nihiwatu, NTT; Pulau Rote, NTT; Nias, Sumatra Utara, pantai Uluwatu, Bali; Pantai Bongko-bongko, Nusa Tenggara Barat, dan lain sebagainya.

Bagi siapa saja yang ingin melakukan olahraga ini, alangkah baiknya belajar teknik-teknik bermain surfing, sering melakukan latihan, memiliki  keberanian yang tinggi dan harus didampingi oleh orang-orang yang sudah ahli di bidang selancar.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada semua pembaca berkaitan dengan teknik dasar dalam melakukan olaharaga surfing (olahraga selancar) dan sejarah singkatnya di Indonesia.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.