Manfaat Taekwondo dalam Kehidupan Sehari-Hari

Diposting pada

Manfaat Latihan Taekwondo

Arti beladiri jenis taekwondo akan senantiasa menekakan suatu tendangan maupun pukulan dari sikap bergerak dengan menggunakan daya jangkau dan kekuatan kaki yang lebih besar untuk dapat mengalahkan lawan dari jarak jauh.

Atas dasar inipula banyak gerakan-gerakan dalam taekwondo memberikan sumbangsih pada kebugaran jasmani. Oleh karena itulah baik anak-anak, perempuan, orang dewasa, ataupun pria sekalipun memiliki minat dalam jenis olahraga ini.

Taekwondo

Arti taekwondo kerapkali dikenal dengan istilah sabuk taekwondo. Dimana sabuk tersebut sebagai lambang tingkatan taekwondo yang dimiliki seseorang. Tiap tingkatan memiliki warna yang berbeda-beda yang terdiri dari warna putih, kuning, hijau, biru, merah, dan hitam.

Untuk memperoleh tingkatan yang lebih tinggi, dilakukan ujian kenaikan tingkat yang biasanya dilakukan tiga bulan sekali.

Manfaat Taekwondo

Setidaknya ada banyak manfaat yang diperoleh ketika mengikuti olahraga taekwondo, antara lain:

  1. Meningkatkan kebugaran

Kegubagaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan dengan aktivitasa dan beban fisik yang berat tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Kebugaran akan terbentuk apabila kita sering melakukan kegiatan olahraga. Salah satunya adalah olahraga bela diri taekwondo. Olahrag ini memerlukan stamina banyak ketika berlatih.

Gerakan meninju dan menendang yang dinamis akan membangun stamina dan kekuatan otot tubuh. Kebugaran tubuh akan terbentuk.  Kebugaran tubuh yang baik akan menunjang aktivitas sehari-hari. tubuh tidak mudah merasa lelah dan letih.

Selain itu, kebugaran jasmani yang baik dapat membantu merawat kulit menjadi lebih kencang dan fress. Badan tidak loyo.

  1. Melatih disiplin

Disiplin harus dimiliki dalam setiap kegitaan dan aktivitas sehari-hari. Melatih disiplin dapat dilakukan melalui berbgagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga taekwondo.

Bela diri taekwondo menuntut kedisiplinan dalam setiap latihan. Kebiasaan sikap disiplin ketika berlatih akan terbawa di luar latihan. Orang yang terbiasa melakukan sesuatu hal dengan disipln, biasanya akan selalu disiplin dalam setiap kegiatan.

Disiplin erat kaitannya dengan komitmen. Komitmen akan terbentuk karena kedisiplinan. Taekwondo tidak hanya melatih untuk disiplin tetapi juga meltih diri untuk memiliki komitmen yang tingi terhadap sesuatu.

  1. Meningkatkan kosentrasi

Melakukan olahraga beladiri diperlukan konsentrasi yang kuat untuk dpaat mengalahkan lawan. Berlatih taekwondo tidak hanya harus konsentrasi dengan latihan teknik untuk diri sendiri tetapi juga harus konsentrasi untuk menyusun teknik mengalahkan lawan.

Semakin sering berlatih taekwondo, tingkat kosentrasi diri akan terbentuk. Semakin sering berlatih akan semakin tinggi tingkat kosentrasi yang dimiliki. Konsentrasi diri sanagat diperlukan ketika melakukansegaal aktivitas. Hal tersebut untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan.

  1. Meningkatkan stamina

Otot dan stamina yang kuat mendukung kebugarabn jasmani tubuh. Stamina diperoleh dari kemampuan atlet taekwondo dalam melakukan proses recovery singkat setelah berlatih. Stamina diperlukan untuk mempertahankan kesehatan fisik dan mental dalam jangka waktu yang lama.

Setiap orang membutuhkan stamina. Melalui gerakan bela diri taekwondo, stamina tubuh akan bertambah. Hal tersebut didukung dengan kegiatan latihan yang dinamis dan teratur. Untuk menambha stamina selain melakukan olahraga khususnya olahraga taekwondo, juga diperlukan pola makan yangsehat dan teratur.

  1. Meningkatkan pertahana diri

Olahraga taekwondo memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan seseoranag dalam menjaga dirinya secara fisik. Kemampuan bela diri sangat dibutuhkan untuk melindungi diri dari bahay ayangdapat menyerang fisik.

Bela diri taekwondo mengajarkan teknik dan cara memukul serta menendang dengan benar. Kemampuan tersebut akan sangat berguna untuk melawan orang-orang yang tidak berniat baik terjadap kita. Memiliki kemmapuan bela diri yang baik tidak hanya berguna untuk melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi orang lain dalam dari bahaya dengan kemampuan bela diri yang kita miliki.

  1. Mengurangi resiko obesitas

Melakukan olahraga bela diri khususnya taekwondo dapat membantu mengurangi resiko obesitas. Ketika berlatih, tubuh akan mengeluarkan lemak berlebih dalam tubuh. Hal tersebut membantu mengurangi resiko penyakit obesitas dalam tubuh.

  1. Melancarkan peredaran darah

Melakukan olahraga taekwondo melibatkan semua otot akan terpacu untuk melakukan setiap rangakaina gerak. Hal tersebut juga akan memacu jantung yang berakibat pada sirkulasi darah yang baik dan lancar. Bela diri taekwondo membutuhkan banyak oksigen. Banyaknay oksigen dalam tubuh juga mempengaruhi lancarnya peredaran darah. Peredaran darah yang baik mengurangi resiko berbagai penyakit.

  1. Meningkatkan stabilitas dan koordinasi

Gerakan pukulan dan tendangan dalam taekwondo membutuhkan stabilitas dan koordinasi tubuh yang baik. Hal tersebut melatih stabilitas dan koordinasi tubuh untuk memperoleh keseimbangan.

Koordinasi tubuh berguna untuk melancarkan setiap gerakan yang dilakukan oleh tubuh. Koordinasi tubuh dalam hal ini melibatkan otot, sendi, dan saraf. Hal tersebut dapat dilatih melalui kegiatan taekwondo yang memanfaatkan seluruh otot badan, sendi, serta saraf.

Sistem koordinasi tubuh yang baik menunjang aktivitas sehari-hari menjadi lebih baik karena sistem koodinasi memiliki fungsi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan masing-masing bagian agar gerakan yang dihasilkan tepat sasaran.

Sistem koordinasi juga berperan untuk meningkatkan kecerdasan seseorang. Sehingga secara tidak langsung, oalhrag abela diri dapat meningkatkan kecerdasan seseorang melalui koordinasi sistem saraf pada otak.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat taekwondo bagi wanita, anak-anak, pria, dan dewasa dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan untuk semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.