Tujuan Olahraga Taekwondo

Diposting pada

Tujuan Mengikuti Taekwondo

Taekwondo pada dasarnya merupakan salah satu olahraga dalam arti beladiri yang popular di dunia. Jenis olahraga modern ini dapat dilakukan dan diikuti oleh siapa saja dari anak kecil hingga orangdewasa. Hal tersebut karena tujuan olahraga ini memiliki banyak manfaat.

Adapun untuk manfaat yang menjadi tujuan dalam melakukan latihan dan berlomba dalam taekwondo tidak terlepas daripada menjaga kebugaran jasmani yang memberikan dorongan dalam kesehatan.

Taekwondo

Olahraga taekwondo adalah salah stu olahraga yang berasal dari korea. Dalam bahasa Korea Taekwondo berasal dari kata Tae  yang berarti “menendang”, kwon yang berarti “tinju” dan do yang memiliki arti “ jalan atau seni.

Sehingga secara umum taekwondo memiliki arti seni beladiri yang menggabungkan anatara kekuatan tangan dan kekuatan kaki dalam melakukan serangan. Saat ini, taekwondo sudah banyak dikenal di seluruh dunia hingga diperlombakan dalam olimpiade dunia.

Tujuan Taekwondo

Beberapa tujuan melakukan olaharaga taekwondo antara lain:

  1. Membentuk pertahana diri

Tujuan olehraga taekwondo adalah untuk membekali seseorang dengan kemampuan bela diri dan mempertahankan dirinya dari bahaya fisik yang menyerang. Melalaui bela diri, membantu kita mempersiapkan segala keadaan dan situasi.

Selain itu pertahanan diri melalui bela diri dapat diperoleh melalui sikap disiplin dan nilai-nilai baik yang diperoleh dari kegitan bela diri. Tidak hanya secra fisik tetapi nilai-nilai moral yang ada dalam setiap latihan.

  1. Mengembangkan bakat

Tujuan bela diri taekwondo salah satunya untuk mengembangkan bakat dan potensi diri. Kemampuan bela diri dalam diri seseorang dapat dituangkan melalui bela diri. Adanya kegiatan taekwondo menjadi wadah untuk menghindari penyaluran bakat bela diri yang disalahgunakan untuk hal-hal negatif.

  1. Berlatih melawan rasa tajut

Melakukan bela diri taekwondo pada hakekatnya akan bertujuan untuk menghilangkan rasa takut dalam diri. Sehingga dalam olahraga ini dituntut keberanian dalam upaya mempertahankan diri dari serangan dan menyerang lawan.

  1. Mengontrol diri

Berlatih bela diri taekwondo juga bertujuan untuk mengontrol dan mengendalikan diri. Melalui latihan dalam taekwondo, emosi yang berlebihan dapat diatasi dengan gerakan latihan yang rileks namun serius. Dalam taekwondo diajarkan cara menyalurkan energy positif dalam diri sendiri. Sehingga emosi tidak mudah meluap-luap secara berlebihan.

  1. Hobi

Beberapa orang biasanya memiliki hobi berkelahi. Agar tidak  merugikan orang lain, hobi bela berkelahi disalurkan melalui kegiatan taekwondo. Hobi berkelahi yang tidak disalurkan dnegan baik akan merugikan harta benda bahkan nyawa.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan tujuan mengikuti olahraga taekwondo dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.