Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Tangan

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Bola Tangan

Olahraga adalah salah satu bentuk kegiatan yang sangat baik untuk melatih tubuh seseorang agar menjadi lebih sehat baik dalam kebugaran jasmani maupun kesehatan rohani. Olahraga pada dasarnya memiliki manfaat yang begitu banyak dan bisa membuat kondisi seseorang menjadi lebih kuat. Dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin, maka hal ini bisa mempengaruhi meningkatnya metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Secara otomatis hal ini berdampak pada meratanya distribusi dan penyerapan nutrisi yang terjadi dalam tubuh.

Kegiatan olahraga sendiri ada banyak macamnya, mengingat bahwa perkembangan olahraga sangat baik dan memiliki tujuan yang beragam, baik, untuk pembinaan kesehatan, mengisi waktu kosong atau hiburan, serta meningkatkan prestasi. Salah satu bentuk kegiatan itu yaitu permainan bola tangan. Bola tangan merupakan jenis kegiatan olahraga yang dimainkan secara beregu dan sangat baik untuk jasmani maupun rohani.

Bola Tangan

Permainan bola tangan pada dasarnya senantiasa mempergunakan arti lapangan khusus bola tangan yang berukuran 40 m x 20 m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah serta bagian kedua sisi pendek. Selain itu di sekitar gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Kemudian untuk bola yang digunakan yaitu lebih kecil dari bola sepak.

Tujuan Permainan Bola Tangan

Tujuan yang ada di dalam permainan bola tangan ini juga begitu banyak, antara lain;

  1. Membuat tubuh bekerja secara keseluruhan

Permainan bola tangan pada dasarnya harus melakukan gerakan yang beragam sehingga hal ini dapat membuat seluruh anggota tubuh ikut bergerak. Otomatis kegiatan olahraga bola tangan ini bisa membantu membentuk otot sekaligus meningkatkan kekuatan otot itu sendiri.

Bahkan pada saat melompat, berlari, berbalik, dan memukul bola, otot-otot dalam tubuh bisa lebih bekerja secara aktif lagi dan membuat tubuh bisa melakukan pekerjaan secara keeluruhan dengan lebih mudah.

  1. Meningkatkan ketahanan kardiovaskular

Permainan bola tangan juga memiliki tujuan lain yaitu untuk meningkatkan ketahanan kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular itu sendiri pada dasarnya terjadi karena adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa berujung pada stroke.

Melalui permainan bola tangan ini sebetulnya dapat membantu seseorang memiliki ketahan tubuh yang lebih baik dan karena hampir seluruh tubuh ikut bergerak, maka hal ini juga berpengaruh untuk membantu meningkatkan aktivitas jantung dan meningkatkan ketahanan aerobik.

  1. Mengembangkan kecerdasan

Kecerdasan adalah suatu hal yang amat sangat penting untuk dimiliki semua orang. Bahkan dengan kecerdasan itu pula, seseorang bisa bertindak secara lebih rasional dan memikirkan banyak hal secara lebih kompleks. Berbicara mengenai kecerdasan, olahraga permainan bola tangan itu sendiri ternyata mampu untuk mengembangkan kecerdasan.

Karena pada permainan ini seseorang memerlukan gerakan tangan, kaki dan koordinasi yang baik dengan strategi yang tepat untuk dapat membuat gol ke gawang lawan. Sehingga hal ini dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengakurasikan tembakan atau gerakan dengan lebih baik lagi karena menyangkut dengan kerja fisik dan otak.

  1. Menjaga jantung tetap sehat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa permainan bola tangan itu sendiri bisa meningkatkan ketahanan kasdiosvakular.

Sehingga secara tidak langsung hal ini juga mempengaruhi kesehatan tubuh yang lebih baik lagi. Selain itu tubuh yang kardiovaskularnya baik biasanya akan memiliki oksigen lebih banyak untuk otot. Kondisi ini dapat membuat jantung terus bekerja aktif dan memiliki ketahanan yang lebih baik.

  1. Menjaga tetap fit

Pada dasarnya semua jenis olahraga bisa meningkatkan ketahanan tubuh yang lebih maksimal, termasuk permainan bola tangan yang bisa membantu tubuh tetap fit walaupun seseorang akan mengalami pertambahan usia yang semakin menua.

Bahkan dengan olahraga yang satu ini seseorang juga dapat melakukan aktivitas dengan lebih mudah, karena mempunyai ketahanan tubuh yang baik.

  1. Meningkatkan fokus dan rasa percaya diri

Permainan bola tangan bukan hanya memiliki tujuan untuk meningkatkan kebaikan pada fisik saja melainkan juga pada mental. Karena pada olahraga ini setiap individu harus menguasai teknik atau strategi dalam olahraga tersebut.

Secara otomatis hal tersebut berdampak pada kebaikan mental seseorang berupa rasa percaya diri sekaligus meningkatkan sikap kosentrasi atau kefokusan diri.

Rasa percaya diri itu muncul karena tiap orang harus menunjukkan kemampuan mereka dalam berolahraga permainan bola tangan, sehingga mau tidak mau mereka harus memiliki kepercayaan diri yang baik agar mempengaruhi perilaku mereka dalam menunjukkan kemampuannya. Sedangkan tingkat fokus itu sendiri berhubungan dengan akurasi setiap gerakan yang berujung pada keberhasilan.

  1. Membakar kalori dan lemak

Karena pada olahraga permainan bola tangan melakukan berbagai gerakan, maka hal ini mempengaruhi kebugaran jasmani yang semakin kuat. Bahkan dengan gerakan-gerakan tersebut juga bisa membakar kalori dan lemak yang ada dalam tubuh. Singkatnya dengan kalori dan lemak yang terbakar bisa memperbaiki detak jantung yang lebih baik dan oksigen dapat masuk dengan lebih mudah lagi.

Manfaat Permainan Bola Tangan

Sedangkan manfaat yang diperoleh dari permainan bola tangan. Diantaranya;

  1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Permainan bola tangan mengharuskan seseorang untuk memiliki sikap fokus yang lebih tinggi. Akibatnya hal ini membuat seseorang untuk lebih bisa meningkatkan koordinasi antara tangan dan matanya. Bahkan setiap individu bisa belajar memperkirakan atau mengantisipasi dimana bola akan jatuh, apabila latihan olahraga ini dilakukan secara lebih rutin.

  1. Menjaga keseimbangan tubuh

Melakukan permainan bola tangan ternyata juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh. Karena dalam olahraga ini seseorang bisa mengatur koordinasi dan tenaga pada bagian yang tidak dominan. Sehingga kedua tangannya harus bisa melakukan gerakan dengan baik agar lawan main tidak mudah menyerang pada bagian yang lemah.

  1. Dapat dimainkan dengan aman untuk semua umur

Permainan bola tangan termasuk jenis olahraga yang dapat dimainkan semua kalangan. bahkan olahraga yang satu ini juga masuk sebagai pendidikan olahraga yang diajarkan di sekolah.

Sehingga permainan bola tangan bisa dimainkan dengan aman untuk semua umur, dan sangat jarang mengakibatkan cidera. Namun akan lebih baik jika sebelum permainan dimulai, dilakukan dulu pemanasan agar bisa meminimalisir resiko cidera.

  1. Belajar bekerja sama

Berdasarkan ulasan yang ada diatas, bahwa permainan bola tangan dilakukan secara beregu. Otomatis hal ini sangat berpengaruh pada kegiatan kerjasama dari setiap tim tersebut. Melalui kekompakan dan kerjasama yang baik maka bisa meningkatkan permainan yang lebih baik atau bahkan bisa sampai memenangkan pertandingan.

  1. Meningkatkan sportivitas

Permainan yang dimainakan secara beregu ini juga mengajarkan pada setiap pemain untuk melakukan permainan dengan sportivitas. Tujuannya agar dalam pertandingan bisa memberikan atau menyuguhkan permainan yang baik dan tidak ada kecurangan sama sekali.

  1. Melatih pengendalian diri

Karena dimainkan oleh beberapa orang dalam satu regu, maka setiap individu harus belajar untuk bisa mengendalikan dirinya dengan baik.

Tujuannya agar kerjasama terbentuk dan menghindari adanya rasa egois antara sesama pemain yang ingin menunjukkan penampilan terbaiknya. Karena dalam permainan ini yang dibutuhkan ialah kerjasama dan kekompakan.

  1. Menambah jaringan pertemanan

Permainan bola tangan juga memberikan kesempatan untuk menambah jaringan pertemanan antara satu regu dengan yang lainnya. Sehingga hubungan relasi lebih luas, alasannya sebagai salah satu jenis permainan bola kecil biasanya bola tangan dilakukan dengan berkelompok.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa ppermainan bola tangan adalah olahraga berkelompok yang terdiri dari dua regu dengan setiap regu berisi 7 pemain yaitu 1 penjaga gawang dan 6 pemain inti yang berusaha memasukkan bola ke gawang lawan melalui cara berjalan atau berlari sambil memantul – mantulkan bola ke tanah atau lantai.

Disisi lainnya, perlu anda ketahui bahwa permainan bola tangan ini memiliki kegiatan yang persis dengan sepak bola, namun cara memindahkan bola yaitu tidka diperbolehkan menggunakan kaki, tapi harus memakai tangan pemain.

Oleh karena itulah permainan bola tangan pada dasarnya sudah memiliki banyak penggemar terutama di negara Indonesia sendiri, khususnya para pelajar dan mahasiswa. Kemudian permainan bola tangan itu sendiri juga cukup banyak di pertandingkan pada masa dulu dan diselenggarakan oleh perguruan tinggi maupun oleh organisasi mahasiswa. Adapun untuk permainan bola tangan memang ada banyak macamnya, mulai dari kasti, baseball, voli, basket dan lain sebagainya. Seperti jenisnya yang begitu banyak, maka olahraga ini juga memiliki manfaat yang begitu beragam.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat yang bisa didapatakn dari permainan bola tangan. Semoga memberikan edukasi bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *