Manfaat Tolak Peluru bagi Tubuh

Diposting pada

Kegunaan Tolak Peluru

Tolak peluru adalah salah satu materi pendidikan jasmani yang cukup diminati peserta didik, baik SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan pada olahraga ini setiap orang bisa mendapatkan pengalaman baru yaitu olahraga dengan menggunakan alat peluru yang terbuat dari logam atau besi dengan berat tertentu. Bukan hanya itu ternyata tolak peluru juga memiliki manfaat yang cukup banyak.

Selain itu perlu dipahami bahwa setiap pemain bisa menggunakan ukuran peluru yang berbeda-beda dan biasanya tergantung dari jenis kelamin para pemain. Adapun untuk berat peluru untuk untuk kelas senior putra adalah 7,25 kg sedangkan yang putri sekitar 4 kg. Berbeda lagi untuk untuk kelas junior putra yaitu menggunakan peluru dengan berat 5 kg dan putri 3 kg.

Tolak Peluru

Tolak peluru adalah serangkaian gerakan menolak suatu benda atau disebut dengan istilah peluru yang berbentuk bulat dengan berat tertentu dari bahan logam untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Oleh karena itulah tolak peluru pada dasarnya merupakan bagian dari nomor lempar dalam atletik, nomor ini mempunyai karakteristik tersendiri yaitu peluru tidak dilemparkan. Akan tetapi peluru yang digunakan dalam olahraga ini ditolakkan dari bahu dengan satu tangan.

Manfaat Tolak Peluru

Adapun untuk kegunaan yang bisa di dapatkan dari manfaat bermain tolak peluru. Antara lain sebagai berikut;

  1. Memperkuat Tulang

Latihan tolak peluru merupakan salah satu bentuk olahraga yang mampu memperkuat tulang. Alasannya karena dalam olahraga ini seseorang akan berlatih gerakan yang menggunakan bagian tubuh dengan baik. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut membuat tulang-tulang pada bagian tubuh seperti lengan dan kaki memiliki kekuatan yang lebih baik karena sudah terbiasa melakukan gerakan-gerakan.

  1. Memperbesar Otot

Bukan hanya dengan tolak pluru mampu memperkuat tulang, namun tolak peluru juga bisa memperbesar otot tubuh. sehingga hal ini juga berdampak pada lebih mudahnya seseorang melakukan pekerjaan dan meminimalisir terjadinya cidera pada tubuh.

  1. Menambah Stamina

Tolak peluru bagi tubuh merupakan olahraga yang mampu meningkatkan stamina. Karena sebelum melakukan olahraga ini seseorang perlu menyiapkan fisiknya terlebih dahulu dengan pemanasan. Tujuanya agar tubuh bisa melakukan gerakan tolak peluru lebih baik dan sekaligus meningkatkan stamina tubuh.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri juga bisa ditingkatkan dalam permainan tolak peluru ini. Hal ini karena setiap orang harus melakukan gerakan tolak peluru ini secara mandiri. Sehingga mereka harus mempunyai rasa percaya diri yang baik agar tidak malu dan bisa berhasil melakukan gerakan tolak peluru.

  1. Meningkatkan prestasi non akademik

Berlatih tolak peluru termasuk salah satu kemampuan yang berada diluar akademik. Maka dari itu olahraga ini dianggap bisa meningkatkan prestasi non akademik terlebih lagi juga sudah mengikuti kejuaraan tolak peluru, baik dalam skala nasional ataupun internasional.

  1. Meningkatkan fleksibilitas

Tolak peluru tentusaja sangat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibiltas. Karena dengan tolak peluru diajarkan gerakan-gerakan yang mampu melenturkan tubuh dan membuat anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Manfaat terakhir yaitu tolak peluru mampu meningkatkan kebugaran jasmani yang ada dalam tubuh. Kebugaran tubuh yaitu rasa yang kuat, sehat, berstamina pada fisik seseorang. Oleh karena demikinalah sebelum melakukan permainan ini usahakan dengan sangat untuk melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan setidaknya ada hal lain yang perlu anda ketahui pula bahwa dalam permainan tolak peluru ini ada  beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh seorang penolak peluru antara lain yaitu kekuatan maksimal, kecepatan berakslerasi, kemampuan koordinasi, dan adaptability.

Selain itu yang terpenting dari tolak peluru adalah peluru harus didorong keluar dengan kecepatan maksimal, yaitu dengan sudut sekitar 40 derajat. Sedangkan untuk posisi menolak harus ditekankan pada kaki. Alasannya karena kaki merupakan bagian yang terkuat dari badan.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat yang bisa didapatkan dari permainan olahraga tolak peluru bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *