Unsur Utama Gerakan Senam Irama dan Penjelasannya

Diposting pada

Unsur Gerakan Senam Irama

Senam adalah salah satu jenis olahraga modern dan bentuk olahraga tradisional yang bersifat ringan yang bisa dilakukan dimana saja. Gerakan dalam senam apabila perpaduan dari berbagai gerakan irama mampu menghasilkan unsur gerak yang indah. Serangkaian bentuk gerakan ini sendiri dikenal dengan senam irama.

Dimana senam irama adalah olahraga senam ritmik yang pertama kali dikenalkan di Eropa. Unsur senam ini dilakukan dengan diiringi irama musik. Gerakan yang dilakukan pun tidak terikat, bisa melakukan gerakan bebas sesuai keinginan.

Senam Irama

Senam irama hakekatnya bisa dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Penggunaan alat bisanya untuk mempermudah gerak dan memperindah gerakan. Alat yang sering digunakan berupa simpul, tongkat, ganda, bola, pita, serta topi.

Senam irama dapat dilakukan secara berkelompok maupun individu. Di Indonesia sendiri, senam irama lebih banyak dilakukan oleh perempuan. Meskipun begitu, saat ini beberapa kaum laik-laki pun ada yang mengikuti dan melakukan olahraga senam irama.

Unsur Gerakan Senam Irama

Gerakan dalam senam irama memiliki beberapa unsur pembangun gerak, antara lain:

  1. Kelentukan

Latihan kelentukan adalah kemampuan individu untuk menggerakan bagian-bagian tubuh dalam satu gerak yang luas tanpa mengalami cedera pada otot dan persendian. Tujuan latihan kelentukan dalam gerak senam irama diperlukan untuk menghasilkan gerak yang bebas.

Kelentukan tubuh memungkinkan individu untuk melakukan semua gerakan dalam senam irama. Kelentukan akan memberikan kenyamanan dan kebebasan gerak dalam melakukan senam irama maupun melakukan gerak dalam aktivitas sehari-hari

Gerkan yang dihasilkan lebih terasa harmonis dan ritmis ketika seseorang memiliki kelentukan tubuh yang baik. kelentukan tubuh bersifat dinamis. Semakin sering dilatih dan dikembangkan, maka kemampuan tubuh untuk melakukan gerak akan lebih baik. semakin bertumbuh remaja kemampuan kelentukan akan menjadi lebih baik.

  1. Keluwesan

Aktivitas dalam senam ritmik memanfaatkan seluruh anggota tubuh untuk melakukan gerak. Keluwesan gerak diperlukan dalam melakukan aktivitas dalam unsur senam ritmik. Keluwesan dalam senam ritmik memberikan kemudahan dalam melakukan gerak.

Keluwesan dalam gerak senam irama memberikan efek pantas dan menarik dalam gerakan. Senam irama yang memiliki ragam gerak yang sangat beragam membutuhkan keluwesan untuk menciptakan gerakan-gerakan yang baru yang mudah di terima masyarakat.

Dalam melakukan gerakan senam ritmik, sikap luwes memicu timbulnya gerakan-gerakan baru yang dihasilkan untuk mengikuti iringan berupa irama. Keluwesan ini juga memungkinkan atlet senam untuk menggunakan alat-alat peraga dengan baik tanpa mengalami kesulitan.

  1. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan kemampuan tubuh untuk menopang seluruh badan ketika melakukan gerak agar tidak terjatuh. Keseimbangan dalam senam irama berfungsi untuk mengatur pola gerak supaya tidak terjatuh dan tidak mengalami cedera.

Kekayaan gerak dalam senam irama, khususnya gerak yang menggunakan satu tumpuan kaki sangat bergantung pada kemampuan tubuh untuk menopang beban. Senam irama biasanya selalu menyajikan gerakan-gerakan yang energik. Oleh karenanya, keseimbangan tubuh jga berguna untuk memungkinkan tubuh melakukan semua gerakan tanpa takut terjatuh.

Dalam melakukan gerak menggunakan alat bantu/ alat peraga, keseimbnagan diperlukan untuk mempertahankan alat bantu agar tetap bertahan dalam tubuh. Keseimbangan yang dibutuhkan ketika melakukan gerakan menggunakan alat lebih besar dibandingkan dengan gerakan tanpa menggunakan alat.

  1. Kontinuitas

Kontinuitas merupakan kesinambungan atau bertahap. Meskipun gerakan bersifat bebas, dalam senam irama gerakan memiliki pola penyajian tersendiri. Kontinuitas merupakan kemampuan seseorang untuk dapat memilah-milah gerakan mulai dari gerakan yang ringan hingga energik. Dalam dunia senam disebut dengan gerakan pemanasan, gerkan inti, dan gerakan pendinginan.

Ketiga pola gerakan tersebut harus dilakukan sesuai dengan urutan yang benar. Hal tersbjut dilakukan untuk mengurangi terjadinya cedera pada tulang dan otot. Pemansan berfungsi untuk melatih dan memanaskan otot degan gerakan ringan.

Kegiatan inti pada senam merupakan gerkan yang menjadi inti dari senam irama. Bagian ini memiliki pola gerakan yang lincah dan energik untuk meningkatkan kebugaran.

Selanjutnya, gerakan pendingina merupakan gerakan akhir setelah gerakan inti. Gerakan tersebut diguankan untuk menurunkan intensitas gerak secara perlahan.

Ketiga pola tersebut harus dipahami dan dijalankan. Oleh karenanya, melakukan olahraga ini diperlukan kontinuitas untuk mengurangi terjadinya cedera dan berlatih secara terus menerus.

  1. Fleksibiltas

Fleksibilitas merupakan kelenturan tubuh untuk melakukan setiap gerak. Usnur fleksibilatas sangat diperlukan dalam melakukan gerak senam irama. Fleksibilitas memudahkan anggota tubuh seperti pinggang dan otot pinggul untuk melakukan gerak dengan leuasa.

Fleksibilitas memebrikan efek lentur sehingga tubuh dapat bergerak dengan bebas tanpa kaku. Fleksibiliatas memungkinkan seseornag melakukan gerak dalam senam ritmik secara mudah dan tidak mengnalami kecanggungan atau kaget terhadap gerakan-gerakan baru.

  1. Ketepatan gerak

Dalam senam irama, ketepatan gerak perlu diperhatikan. Ketepatan gerak diartikan sebagai ketepatan gerakan tubuh untuk menyesuaikan gerakan dengan irama musik. Hal tersebut memberikan efek kenyamanan dalam melakukan gerakan.

Gerak dan irama dalam senam irama menjadi unsur yang harus ada. Keduanya harus dapat memiliki kesinambungan untuk menghasilan gerakan yang benar dan indah. Ketepatan anatara gerak dan irama menjadi faktor kebarhasilan gerak.

  1. Kelincahan

Latihan kelincahan merupakan kemampaun seseornag untuk melakukan perpindahan gerak dengan cepat dalam waktu yang singkat. Unsur kelincahan harsu ada dalam gerakan senam irama untuk menciptakan gerak yang energik.

Kelincahan memungkinkan tubuh untuk mengkoordinasi gerakan-gerakan berganda serta mempermudah peguasaan teknik-teknik tinggi dan gerakan-gerakan yang efisien.unsur kelincahan dapat dipengaruhi juga oleh beberapa faktor antara lain tipe tubuh, usia, jenis kelamani, berat badan, dan lain sebagainya.

Kelincahan dalam senam irama memudahkan seseorang untuk melakukan perpindahan arah gerak. Dengan demikian , gerakan terlihat indah serta memiliki pola keteraturan.

  1. Daya Tahan

Daya tahan merupakan tingkat kemampuan tubuh untuk melindungi dri. Daya tahan tubuh dalam senam ritmik dibutuhkan untuk menjaga kontinuitas gerak. Hal tersbut juga berguna agar tubuh tidak mudah lelah dan letih.

Daya tahan tubuh juga melindungi tubuh dari berabagi bakteri, virus, maupun jaringan-jaringan atau sel yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

  1. Keindahan

Selain unsur yang erfokus pada kemampuan gerak, unsur keindahan juga diperlukan dalam melakukan olahrag asenam ritmik. Dalam perlombaan unsur keindahan menjadi salah satu indikator penilaian.

Ketika olaharga senam ritmik dilakukan secara berkelompok, unsur keindahan garus ada. Unsur keindahan ini berupa keindahan gerak, keindahan tubuh untuk melakukukan gerak, keindahan iringan, serta keindahan pola lantai ketika melakuka gerakan senam irama secar aberkemlompok.

  1. Relaksasi

Relaksasi diperlukan ketika senam irama untuk meghindari kesalahan gerak. Ketika tubuh mengalami kecemasan dan tidak rileks, gerakan yang dihasilkan menjadi tidka maksimal dan berpotensi terjadi kesalahan gerak. Hal tersbut tentunya harus dihindari

  1. Kecepatan

Latihan kecepatan merupakan kemampuan tubuh untuk merespon gerakan-gerakan yang energik. Gerakan pada senam ritmik, khususnya gerakan inti memiliki pola gerakan yang energik dan tempo yang cepat. Selain itu dalam melakukan senam ritmik, musik yang digunakan cenderung memiliki tempo yang cepat. Hal tersebut untuk membangkitkan semangat.

  1. Kesinambungan

Kesinambungan merupakan konsistensi gerakan dalam melakukan olahraga senam irama. Kesinambungan diperlukan untuk memadupadankan gerakan yangsatu dengan gerakan lainnya. Kesinambungan dalam senam irama memberikan efek gerakan yangterlihat serasi antara gerakan satu dengan gerakan lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa jenis olahraga ini tidak kalah terkenal di kalangana olahragawan. Senam irama sering dijadikan sebagai ajang perlombaan baik individu maupun kelompok hingga Internasional. Secara unsur gerak dan kesesuaian irama menjadi  point penilaian dalam senam irama.

Sebab irama memiliki banyak jenisnya, seperti senam irama yang berasal dari seni peran atau sandiwara, senam irama yang berasal dari seni musik, sert asenam irama yang berasal dari seni tari. Ketika jenis tersebut menunjukan bahwa senam irama memiliki kekeayaan gerak.

Unsur utama gerakan dalam senam irama ini memantik seluruh otot tubuh untuk bergerak, mulai dari kepala hingga kaki. Oleh karenanya, olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kebugaran jasmani.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.