Tujuan Senam Lantai dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Senam Lantai

Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan langsung berbagai gerakan dan menghasilkan kekuatan, kecepatan, serta keserasian gerakan fisik secara teratur. Kegiatan senam dalam dunia olahraga ini juga bisa membantu setiap individu untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Senam juga memiliki berbagai macam bentuk antara lain yaitu senam lantai, senam aerobik, senam ritmik dan lain sebagainya. berbicara mengenai banyaknya jenis senam, maka senam lantai merupakan salah satu senam yang mampu membentuk kelenturan tubuh dan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Senam lantai bahkan menjadi salah satu mata pelajaran pendidikan jasmani dalam kurikulum sekolah. Sehingga senam ini seringkali diberikan secara teori maupun praktek langsung kepada para siswa.

Senam Lantai

Senam lantai ini dalam sejarahnya mulai berkembang di negara Indonesia tepatnya pada awal tahun 1963. Pada tahun tersebut bertepatan pula dengan pelaksanaan pesta olahraga Ganefo I di Jakarta, yang mana setiap artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sehingga dengan situasi tersebut dibutuhkan organisasi yang berfungsi untuk menyiapkan para pesenamnya. Organisasi yang terbentuk diberi nama Persatuan Senam Indonesia (PERSANI) yang dibentuk tanggal 14 Juli 1963 atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga se-Indonesia yang menangani dan mempunyai keahlian pada cabang olahraga senam.

Tujuan Senam Lantai

Adapun untuk tujuan melaukan berbagai gerakan dalam senam lantai ini. Antara lain;

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Senam lantai pada umumnya memiliki tujuan untuk meningkatkan kelenturan tubuh anda. Pada saat tubuh lentur mak,a hal ini bisa membuat seseorang mudah melakukan gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu dengan senam lantai tubuh juga bisa terhindar dari risiko teradinya cedera, nyeri, atau gampang kelelahan karena badan sudah memiliki kekuatan atau daya tahan yang baik.

  1. Mencegah risiko penyakit tertentu

Melakukan senam lantai merupakan kegiatan yang bisa memberikan banyak kebaikan untuk, setiap individu yang melakukan senam lantai tersebut. Apalagi senam lantai ini termasuk golongan olahraga yang mampu membantu menjaga kesehatan tubuh lebih terjaga.

Kegiatan senam lantai umumnya bisa membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung serta paru. Oleh karena itu secara tidak langsung dengan melakukan olahraga senam lantai ini anda bisa mencegah risiko terjangkit pernyakit tertentu.

Namun agar kesehatan bisa terjaga dengan lebih maksimal, maka anda perlu mengimbanginya dengan menjaga pola makan yang baik dan bergizi.

  1. Mengatasi gangguan makan bagi ibu hamil

Senam lantai juga bisa mengatasi gangguan makan bagi ibu hamil. Umumnya wanita yang sedang hamil akan mengalami masa dimana nafsu makannya bisa terganggu dan menjadi kurang baik untuk daya tahan tubuhnya. Sehingga hal ini harus segera diatasi, dengan tujuan agar ibu hamil tetap mendapat nutrisi yang mereka perlukan dan memiliki daya tahan yang lebih tinggi.

  1. Memiliki tidur berkualitas bagi ibu hamil

Bukan hanya masalah makanan saja, akan tetapi ibu hamil biasanya juga mengalami gangguan tidur yang kurang nyenyak atau ustru mengalami insomnia. Dengan melakukan senam lantai secara teratur maka wanita yang sedang hamil bisa dengan lebih mudah memiliki kualitas tidur yang semakin baik dan bisa menjaga kesehatan tubuhnya dengan bagus.

  1. Menjaga bentuk tubuh agar tetap atletis

Tubuh ideal atau atletis sudah pasti impian bagi banyak orang terutama bagi kaum pria. Oleh karena itu banyak orang-orang yang melakukan fitnis demi memperoleh bentuk tubuh yang proporsional dan enak dipandang. Sebetulnya dengan melakukan senam lantai pun anda bisa menjaga bentuk tubuh agar tetap atletis, karena pada senam ini akan diajarkan berbagai gerakan yang pastinya sangat baik untuk menjaga bentuk tubuh.

  1. Menguasai berbagai macam gerakan senam lantai

Tujuan berikutnya dengan mempelajari gerakan maupun teori senam lantai secara teratur, maka anda bisa mendapatkan banyak ilmu baru yang pastinya bisa menambah pengetahuan. Selain itu anda juga lebih bisa menguasi berbagai macam gerakan senam lantai dan bisa anda aplikasikan dalam melakukan olahraga ini secara mandiri.

Manfaat Senam Lantai

Sedangkan untuk beberapa manfaat senam lantai. Antara lain sebagai berikut;

  1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Fleksibilitas tubuh adalah kebiasaan tubuh untuk melakukan kegiatan secara lebih mudah dan cepat. Melalui senam lantai ini anda bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh karena hampir seluruh bagian tubuh digerakan sehingga sangat membantu tubuh untuk memiliki kelnturan yang tinggi.

  1. Tulang kuat dan sehat

Senam lantai dapat diadikan referensi olahraga bagi yang ingin memiliki tulang kuat dan kesehatan yang baik. Apabila tubuh memiliki tulang yang kuat dan sehat maka secara tidak langsung hal ini juga berpengaruh pada kemampuan individu untuk bisa bergerak secara lebih mudah. Bahkan dengan kuatnya tulang maka tubuh akan memiliki risiko yang sangat kecil terserang penyakit osteoporosis.

  1. Daya tahan tubuh

Manfaat senam lantai selanjutnya yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apakah anda tahu bahwa manfaat daya tahan tubuh yang tinggi bisa membuat anda memiliki kesehatan yang tinggi pula. Bahkan dengan daya tahan tersebut bisa membuat anda memiliki pelindung atau imun yang baik sehingga bisa mencegah terserangnya berbagai penyakit.

  1. Membakar kalori

Melakukan senam lantai dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Hal ini karena senam lantai mampu mengontrol detak jantung dan melibatkan otot-otot yang ada di bagian lengan, kaki, punggung, bahu, perut, hingga punggung. Tentunya dengan kondisi semacam ini bisa membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang lebih ideal.

  1. Menguatkan otot

Hampir seluruh bagian tubuh pada saat melakukan senam lantai digerakan. Dengan di gerakannya bagian tubuh tersebut tentunya dapat melibatkan pula bergeraknya hampir seluruh otot tubuh. sehingga dengan hal tersebut kekuatan otot tubuh bisa lebih baik lagi.

  1. Tingkatkan kedisiplinan diri

Kedisiplinan merupakan sikap yang amat penting untuk dimiliki seseorang, maka dari itu anda perlu metaih karakter ini dengan sebaik mungkin. Salah satu bentuk kegiatan yang bisa melatih kedisiplinan yaitu olahraga senam lantai.

Alasannya karena pada senam lantai ini membutuhkan konsentrasi dan kerja keras untuk bisa mendapatkan gerakan yang benar. Maka dari itu perlu latihan rutin untuk bisa lancar melakukan senam lantai yang pastinya ini bisa meningkatkan pula kedisiplinan diri.

  1. Mengatasi Depresi

Depresi bisa saja terjadi pada orang yang tidak bisa mengontrol dirinya sendiri dengan baik. Sehingga sikap emosional, rasa sedih, kecewa dan nilai negative lainnya bercampur menjadi satu yang memunculkan sikap depresi itu sendiri.

Pada saat depresi menyerang seseorang maka harus ada yang bisa menghiburnya dan salah satu kegiatan postif yang bisa dilakukan agar kesehatan mental, maupun fisik sama-sama bisa terjaga yaitu dengan olahraga. Senam l,antai bisa menjadi rekomendasi olahraga yang cukup baik untuk bisa menghibur seseorang.

  1. Meningkatkan hormone endorfin

Hormon endorfin pada hakketanya merupakan zat kimia seperti morfin dan bisa dihasilkan secara alami dari dalam tubuh serta bisa membantu mengobati rasa sakit seperti rasa deprsi maupun stress. Dengan melakukan senam lantai ini sejatinya dapat mengurangi dan mengilangkan itu semuanya.

Ukuran Lapangan Senam Lantai

Adapun untuk senam lantai biasanya menggunakan area yang umumnya dipergunakan. Yaitu dengan berukuran 12 X 12 m dan dapat ditambahkan dengan matras di sekeliling area selebar 1 meter.

Kegunaan matras olahraga ini untuk menjaga keamanan para pelaku senam dalam melakukan latihan atau rangkaian gerakan. Perlu anda ketahui bahwa unsur-unsur gerakan pada senam ini terdiri dari gerakan mengguling, melompat, menumpu dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa senam lantai adalah olahraga yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh. Bahkan dengan keterangan yang telah dijelaskan diatas, maka bisa dilihat bahwa senam lantai ini memiliki banyak kelebihan dan nilai positif lainnya.

Oleh karena itulah senam lantai yang dikenal juga dengan istilah asing dinamakan floor exercise adalah salah satu jenis cabang olahraga yang banyak diminati oleh orang-orang dan memerlukan beberapa macam gerakan untuk melakukan senam agar membentuk tubuh menjadi lebih bagus dan sehat.

Sesuai dengan namanya, gerakan-gerakan pada senam lantai ini umumnya dilakukan di atas lantai dengan menggunakan alas matras atau permadani. Bukan hanya itu, senam lantai juga sering di sebut dengan senam bebas, karena untuk pelaksanaan senam ini bisa kapan saja dan gerakan tidak memerlukan alat khusus.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan senam lantai dan manfaat yang bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *