Tujuan dari Lompat Jongkok

Diposting pada

Tujuan dari Lompat Jongkok

Terdapat berbagau jenis lompatan dalam materi pendidikan jasmani. Yaitu seperti lompat jongkok, lompat kangkang, lompat lurus, dan lompat bertumpu tangan. Tetapi untuk paling populer di Indonesia sendiri ialah lompat jongkok. Alasannya karena olahraga ini termasuk dalam aktivitas senam lantai.

Disisi lain, latihan loncat jongkok memiliki tujuan yang baik untuk kekuatan dan juga daya tahan pada tubuh sehingga tak khayal membuat banyak orang melakukannya.

Lompat Jongkok

Lompat jongkok yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan squat vault adalah teknik lompatan yang dilakukan tidak terbalik sehingga dalam hal ini diperlukan sikap jongkok pada saat melewati kuda-kuda. Adapun dalam teknik dasarnya terdapat dua macam gerakan dalam olahraga lompat jongkok. Yakni;

  1. Lompatan dengan bertumpu pada pagkal peti lompat
  2. Lompatan dengan bertumpu pada ujung peti lompat

Oleh karena itulah bagi yang ingin melakukannya diperlukan penguasaan dalam awalan, teknik tolakan, tekik melayang, hingga teknik mendarat.

Tujuan Lompat Jongkok

Penjelasan tentang tujuan lompat jongkok. Antara lain;

  1. Melewai peti lompat

Lompat jongkok memeiliki tujuan utama untuk melewati peti lompat. Prihal ini dilakukan berhasil melewati peti lompat dengan sempurna maka dinyatakan berhasil melakukan lompat jongkok. Adapun saat melompat, posisi tubuh seperti orang berjongkok sehingga dinamakan dengan olahraga lompat jongkok.

Disisi lain, kamu harus melompat setinggi mungkin untuk melewati peti lompat. Untuk tumpuan, kamu bisa menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan saat melewati peti lompat. Sebelum melompat kamu juga harus melakukan ancang-ancang agar meghasilkan lompatan yang tinggi.

Yang setidaknya dipahami bahwa ukuran peti lompat pada pertandingan resmi memiliki tinggi 104 cm dengan panjang 120, ebar bawah 84 cm dan lebar bagian tasa 41,5 cm. Oleh karena itulah jikalau ingin berlatih sendiri, perlu menggunakan peti lompat dengan ukuran yang sama.

  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Diakui ataupun tidak tujuan dari lompat jongkok adalah untuk melatih keseimbangan dalam tubuh. Alasannya karena arti olahraga ini diperlukan latihan kekuatan, latihan kelentukan, dan latihan kecepatan dalam mengakomodir seluruh bagian tubuh.

Bahkan tak jarang, aktivitas lompat jongkok juga mampu membakar kalori yang berlebihan serta meningkatan kelenturan tubuh.

  1. Mampu Melakukan Aktivitas Senam Lantai dengan Benar

Dalam berbagai gerakan senam lantai dengan alat dan tanpa alat membutuhkan gerakan jongkok. Oleh karena itulah olahraga ini masuk dalam jenis olahraga senam lantai. Alasannya apabila kamu ingin melakukannya tetapi tidak memiliki peti lompat khusus, kamu bisa menggunkan alat lain yang mirip dengan peti lompat.

Adapu untuk kebugaran jasmani yang dapat dicapai dari aktivitas senam lantai, meliputi:

  1. Daya tahan kardiovaskuler (cardiovascular endurance)
  2. Daya tahan otot (muscle endurance)
  3. Kekuatan otot (muscle strength)
  4. Kelentukan (flexibility)
  5. Komposisi tubuh (body composition)
  6. Kecepatan gerak (speed of movement)
  7. Kelincahan (agility)
  8. Keseimbangan (balance)
  9. Kecepatan reaksi (reaction time)
  10. Koordinasi (coordination)

Nah, hanya itu saja artikel yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai tujuan lompat jongkok yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja bisa memberikan pemahaman untuk semuanya yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.