Tujuan dan Manfaat Permainan Tenis Meja

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Tenis Meja

Olahraga tenis meja merupakan salah satu cabang jenis olahraga di Indonesia yang sudah dikenal banyak orang. Perlu anda ketahui bahwa sejarah permainan tenis meja di Indonesia pertmakali dilakukan pada tahun 1930. Saat itu permainan tenis meja hanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang berkumpul dan dimainkan di balai-balai pertemuan sebagi bentuk permainan rekreasi.

Awalnya permainan tenis meja hanya bisa dilakukan oleh golongan tertentu saja dari golongan pribumi yang boleh ikut latihan, diantaranya yaitu keluarga pamong yang menjadi anggota dari balai pertemuan tersebut. Hingga saat ini permainan tenis meja sudah digemari banyak orang dan menjadi olahraga yang mengasyikan, karena tidak perlu gerakan yang berlebihan dan bisa bermain dengan santai.

Tenis Meja

Permainan tenis meja adalah olahraga yang pada umumnya dimainkan oleh dua orang dalam permainan tunggal atau dua pasang untuk permainan ganda. Olahraga ini membutuhkan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola yang dipukul dengan bet dan diawali dengan cara servis bola.

Olehraga ini menjadi permainan bola kecil yang bisa diperoleh skor oleh seorang pemain apabila bola tidak dapat dikembalikan, atau bola yang dipukul lawan tidak jatuh di meja kita.

Tujuan Tenis Meja

Berikut dibawah ini yang termasuk tujuan yang bisa diperoleh dari olahraga tenis meja. Antara lain;

  1. Memenangkan permainan

Memenangkan pertandingan dengan cara mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya merupakan tujuan utama dari permainan tenis meja ini. Permainan ini bisa dilakukan secara tunggal maupun ganda dan setiap permainan ini tujuannya adalah untuk mengumpulkan poin dengan banyak.

Oleh karena itulah setiap pemain harus mempelajari berbagai teknik permainan tenis meja dengan baik. Agar setiap pemain tersebut bisa bermain dengan baik dan memperoleh banyak poin yang diharapkan untuk bisa menang dalam pertandingan itu sendiri..

  1. Rekreasi

Tujuan tenis meja sebenarnya cukup sederhana yaitu sebagai ajang untuk memperoleh hiburan atau rekreasi. Maka dari itu tidak heran jika banyak ornag-orang yang bermain tenis meja ini hanya untuk mengisi waktu lang saja. Namun jangan salah karena olahraga ini juga bisa digunakan untuk menyegarkan pikiran dan menjauhkan diri dari stress.

Kelebihan lain yang bisa anda dapatkan dari olahraga ini yaitu tidak perlu keluar banyak biaya, yaitu hanya butuh persiapan diri dengan catatan bahwa segala alat tenis meja sudah ada atau dipersiapkan dari awal. Permainan ini bisa pula dimainkan di segala jenis cuaca karena dapat dilakukan di dalam ruangan.

  1. Pendidikan

Apakah anda tahu bahwa dalam pendidikan jasmani yang diajarkan guru di sekolah memuat materi tenis meja yang diajarkan kepada peserta didiknya. Maka dari itu permainan tenis meja ini sangat membantu guru untuk menyampaikan ilmu olahraga tenis meja kepada para peserta didik dengan tujuan agar setiap siswa mendapatkan ilmu baru yang suatu saat bisa dipraktekan secara langsung.

Melalui pendidikan tenis meja yang sebelumnya sudah disampaikan atau diajarkan secara teori, maka siswa akan lebih memahami banyak hal mengenai tenis meja itu sendiri. Salah satunya yaitu dapat mengetahui teknik pukulan tenis meja agar bisa bermain dengan lancar, memahami peraturan tenis meja dnegan benar dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Meningkatkan kebugaran jasmani termasuk salah satu tujuan yang hendak dicapai dari permainan tenis meja. Bayangkan saja antara orang yang hanya berdiam diri dan sedang bermain tenis meja maka tentu keduanya memiliki kebugaran yang berbeda.

Orang yang sedang bermain tenis meja bisa mempunyai kebugaran yang lebih tinggi karena mereka melakukan aktivitas atau gerakan sehingga membuat badannya terpancing untuk meningkatkan kebugaran itu sendiri.

  1. Mengejar prestasi

Melalui permainan tenis meja seseorang juga bisa mengejar prestasi. Dengan menekuni bidang olahraga tertentu sejak kecil maka setiap individu akan semakin terlatih dan mampu memiliki bakat tersendiri terkait bidang olahraga yang dari dulu sudah diasahnya.

Sama halnya dengan permainan tenis meja ini, maka setiap individu bisa mengejar prestasi yang mereka mau khusunya dibidang olahraga karena sudah berlatih sedari kecil.

  1. Menambah relasi

Permainan tenis meja ini membantu individu untuk memperluas pertemanan atau relasi. Karena dalam olahraga ini seseorang bisa berinterkasi secara langsung dengan orang-orang yang ada disekitarnya baik yang sudah dikenal maupun dengan orang baru.

Maka dari itu definisi olahraga ini sangat baik untuk membuka kesempatan yang lebih lebar bagi mereka yang ingin memperoleh jaring pertemanan lebih luas.

  1. Mengisi waktu luang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa permainan tenis meja ini sangat baik untuk mengisi waktu luang. Dengan hal tersebut maka tenis meja menjadi olahraga yang bisa memberikan manfaat positif yang memberikan kesehatan bagi tubuh jika dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan aktivitas olahraga sekalipun.

  1. Membentuk karakter manusia

Tujuan tenis meja bisa pula untuk membentuk karakter manusia, karena dalam permainan ini seseorang bisa dilatih untuk mudah menghargai orang, menerima kekalahan, tidak sombong saat menang, memupuk kebiasaan untuk jujur, dan lain-lain.

Manfaat Tenis Meja

Tenis meja juga mempunyai banyak fungsi untuk kebaikan setiap individu yang ada dalam kelompoknya. Beberapa manfaat tenis meja tersebut antara lain ialah :

  1. Melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir dan kerja otak

Kinerja otak dan kemampuan berpikir bisa semakin baik atau lebih cepat ditingkatkan melalui permainan tenis meja ini. Karena pada olahraga ini seseorang diajarkan untuk bisa bermain dengan cekatan dan harus mengerti teknik pukulan dengan baik, maka cara kerja otak juga harus dilatih dengan lebih baik lagi.

  1. Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang mana pasien yang mengalami sakit ini akan mengalami penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan berbicara sehingga perilakunya juga dapat berubah perlahan-lahan. Melalui tenis meja ini maka kepikunan yang terjadi dalam diri seseorang bisa diperlambat, karena permainan ini membuat seseorang bisa lebih aktif dalam berpikir.

  1. Membakar kalori dan memperlancar peredaran darah

Setiap olahraga pastinya baik untuk memperlancar aliran darah dan membuat kalori lebih mudah terbakar. Maka dari itu, tenis meja itu sendiri termasuk, olahraga yang bisa direkomendasikan bagi orang yang ingin membuat tubuhnya lebih sehat dengan cara yang cukup sederhana.

  1. Menghindari terserang stroke

Berdasarkan manfaat sebelumnya yang menjelaskan bahwa tenis meja bisa memperlancar peredaran darah. Maka dari hal itu pula bisa dikatakan bahwa serangan stroke yang ada dalam diri seseorang apabila memiliki peredaran darah yang lancar bisa lebih diminimalisir.

Sehingga tenis meja bisa anda lakukan sebagai olahraga yang ringan dilakakukan, mengisi waktu luang, sekaligus menjaga kesehatan badan.

  1. Meningkatkan kemampuan reflex

Kemampuan reflek artinya ialah kemampuan untuk melakakukan gerakan dengan cara yang spontan. Tenis meja ini bisa meningkatkan kemampuan se,macam ini karena tanpa disadari apabila tenis meja sering dilakukan maka tubuh kamu secara spontan akan bergerak mengejar bola dan hal tersebut berdampak pula pada kondisi tubuh disaat melakukan kegiatan sehari – hari.

  1. Mengencangkan otot kaki dan tangan

Tenis meja juga berpengaruh baik untuk melakukan latihan kekuatan otot pada kaki serta tangan setiap pemain yang berlatih olahraga ini. Karena tenis meja memang akan senantiasa  menggerakan seluruh bagian kaki dan tangan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatah dikatakan bahwa tenis meja merupakan olahraga yang ringan dilakukan namun mempunyai banyak tujuan yang mungkin belum diketahui banyak orang.

Tenis meja sendiri ialah permainan yang menggunakan mea untuk lapangannya yang dibatasi dengan jaring (net) dengan memakai bola kecil dan permainannya mengunakan pemukul atau yang disebut bet. Perlu anda ketahui bahwa permainan tenis meja termasuk salah satu cabang olahraga yang sangat memasyarakat.

Alasannya olahraga ini membuat setiap pemain bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat lain yang melihat. Bahkan dengan olahraga ini sekaligus pemain bisa melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada di wilayah permainan itu.

Olahraga tenis meja juga termasuk olahraga yang tidak memandang status sosial. Artinya olahraga ini bisa dimainkan oleh berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah hingga atass, mulai dari desa ataupun kota. Banyak orang yang melakukan tenis meja pada saat mereka memiliki waktu luang.

Selain itu untuk melakukan permainan ini juga tidak ada batasan, karena segal,a umur bisa melakukannya dan antara laki-laki maupun perempuan juga bisa berkontribusi secara langsung.

Itulah tadi beberaap maksud, tujuan yang menjadi kebermanfaatan olahraga tenis meja pada diri seseorang yang melakukannya. Semoga memberi edukasi untuk segenap pembaca yang sedang membutuhkan referensinya pada saat ini.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *