Tujuan dan Manfaat Permainan Bowling

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Bowling

Pernahkah anda mendengar permainan bowling? Pastinya sudah pernah, apalagi salah satu jenis olahraga modern di Indonesia yang satu ini memiliki banyak manfaat sehingga diminati masyarakat. Olahraga bowling ini juga dikenal sebagai permainan yang berada dalam kelas menengah hingga atas. Selain itu untuk peraturan main permainan bowling sendiri umumnya dilakukan oleh satu orang saja atau secara mandiri.

Sedangkan alat yang digunakan yaitu seperti bola untuk dilemparkan ke arah pin bowling yang sudah di atur dengan rapi. Pada saat bola yang menggelinding tersebut tepat sasaran maka poin atau nilai yang diperoleh pemain bisa banyak. Memang ada teknik permainan bowling yang harus dipelajari dengan baik agar olahraga ini bisa dimainkan secara lebih mudah.

Bowling

Berdasarkan sejarah permainan bowling ini pada dasarnya merupakan olahraga tua yang sudah dikenal sekitar 7000 tahun yang silam. Pada tahun 1950 sebelum masehi, rakyat di daerah Alpine negara Italia memainkan bowling yang disebut Bocce.

Setelah itu permainan ini semakin berkembang dan memiliki banyak nama yang digunakan diantaranya yaitu bowls skittles, dutch pin, kegling nine pin,dan quilles. Uniknya lagi berdasarkan sejarah ada yang menyebutkan bahwa permainan bowling ini pertama kali dikatikan oleh orang Jerman dengan upacara agama.

Dimana pin bowling diibaratkan sebagai kegle (setan) dan masyakarat akan melemparkan batu atau semacam bola kearah kegle itu sendiri, apabila kegle rubuh secara menyeluruh maka berarti bahwa kehidupannya bersih.

Tujuan Permainan Bowling

Adapun untuk beberaoa tujuan melakukan olahraga bowling. Antara lain;

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Permainan bowling memiliki tujuan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan salah satunya yaitu mampu mencegah pnyakit kardiovaskular. Pada dasarnya dari permainan bowling ini tubuh akan melakukan gerakan yang akhirnya membuatnya berkeringat dan memperlancar peredaran darah.

Dari hal itulah maka tubuh bisa memiliki daya tahan yang baik dan membuat anda tidak mudah terserang penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, kolesterol tinggi, dan juga diabetes.

  1. Koordinasi tangan dan mata

Olahraga bowling ternyata juga mampu membatu seseorang dalam melakukan koordinasi tangan dan mata dengan lebih baik. Alasannya karena pada permainan bowling ini anda perlu melakukan lemparan bola bowling dan memukul pin yang mana gerakan ini sangat memerlukan koordinasi mata dan tangan yang sangat baik.

Tujuannya agar lemparan bola bowling tersebut bisa fokus dan mengenai sasaran pin dengan baik pula. Koordinasi tangan dan mata sebetulnya dianggap pula sebagai rangsangan kewaspadaan mental, konsentrasi, dan strategi taktis.

Sehingga dengan melakukan permainan bowling secara terbiasa dapat membantu anda untuk memiliki keterampilan motorik dan rasa fokus yang lebih tinggi lagi.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri juga bisa anda tingkatkan melalui permainan bowling. Karena pada permainan ini setiap individu harus melakukan gerakan secara mandiri dan menunjukkan kemampuan yang mereka miliki dihadapa orang lain. sehingga secara tidak langsung hal tersebut lebih mengharuskan setiap individu untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Permainan bowling merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat indivu melakukan gerakan. Sehingga secara tidak langsung dengan bergerak tubuh tersebut meningkatkan pula kebugaran jasmani anda. Sehingga tubuh terasa lebih sehat dan kuat.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa permainan bowling merupakan salah satu olahraga yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya yaitu kesehatan, karena olahraga ini membuat individu menghilangkan rasa malas dan membuat setiap orang harus melakukan gerakan.

Dari hal tersebut maka bandingkan antara ornag yang bermain bowling dengan orang yang hanya berdiam diri saja, tentunya orang yang bermain bowling bisa memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik.  

  1. Meningkatkan kekuatan tulang

Setiap gerakan yang dilakukan pada permainan bowling ini membuat tubuh mendapatkan energi yang lebih baik dari orang yang hanya berdiam diri saja. Maka dari itu secara tidak langsung hal ini mampu memberikan keuntungan bagi seseorang yang bermain bowling yaitu meningkatkan kekuatan tulang, terutama bagian kaki maupun tangan.

  1. Meningkatkan mood

Kesenangan hati merupakan sala satu hal yang menyenangkan dan bisa membuat seseorang memiliki tingkat kesehatan yang lebih baik, karena mereka tidak memiliki pikiran yang bingung.

Pada dasarnya mood yang baik itu bisa diperoleh dengan cara berolahraga yaitu seperti permainan bowling. Karena dari permainan ini seseorang bisa melakukan olahraga sekaligus permainan yang bisa meningkatkan mood baik tersebut.

Manfaat Bowling

Adapun untuk beberapa manfaat olahraga bowling. Antara lain;

  1. Membakar Kalori

Permainan bowling merupakan salah satu olahraga yang dapat memberikan manfaat membakar kalori pada tubuh. hal ini karena olahraga bowling melakukan beberapa gerakan yang pada intinya bisa membuat tubuh lebih sehat dan mengeluarkan keringat, sehingga kalori bisa terbakar dengan lebih mudah.

Karena banyak gerakan maka kalori yang terbakar bisa mencapai angka sekitar 150 sampai dengan 300 kalori dan membentuk otot-otot menjadi lebih kuat.

  1. Menurunkan Stres

Olahraga bowling termasuk jenis olahraga yang tidak memerlukan banya kekuatan fisik. Bahkan apabila seseorang sudah terbiasa melakukan olahraga ini, maka mereka bisa melakukan bowling dengan lebih enjoy. Akibatnya permainan bowling bisa menurunkan stress yang terjadi pada diri seseorang.

  1. Dapat Mencegah Penyakit

Luar biasanya lagi permainan bowling termasuk jenis olahraga yang bisa mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. alasannya karena olahraga ini membantu seseorang memperoleh daya tahan tubuh yang semakin baik sehingga bisa meminimalisir terserangnya penyakit.

  1. Dapat Memperbaiki Otak

Olahraga bowling juga bermanfaat memperbaiki otak. Karena pada permainan ini seseorang dilatih untuk bisa berkonsentrasi dengan baik agar bola yang dilempar mengenai sasaran yang tepat. Sehingga hal ini pastinya akan dapat memperbaiki perkembangan otak pada tubuh karena bisa melakukan koordinasi dengan baik.

  1. Penguatan otot

Bowling termasuk olahraga yang tidak membutuhkan banyak gerakan. Namun olahraga ini bermanfaat pula untuk menguatkan otot tubuh terutama pada bagian lengan dan kaki. Karena lengan biasanya digunakan untuk melakukan pelembaran atau menggelindingkan bola bowling. Sedangkan kaki digunakan untuk melangkah.

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat lainnya yang ada pada olahraga bowling ini tubuh bisa membakar kalori dan lemak secara lebih baik. Maka secara atas dasar inilah beberapa penghobi permainan olahraga ini bisa menurunan berat badan dengan cepat dan singkat.

  1. Jantung yang sehat

Permainan bowling juga bisa membantu seseorang mendapatkan jantung yang lebih sehat. Hal ini bisa dikarenakan dari gerakan olahraga ini bisa memperlancar peredaran dara dan membantu kinerja otot-otot jantung menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa permainan bowling merupakan olahraga yang bisa membuat seseorang memperoleh banyak keuntungan bahkan dengan bermain bowling ini sendiri setiap individu bisa memperoleh kesehatan maupun menghilangkan rasa bosan. Selain itu bowling juga memiliki beberapa tujuan.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat melakukan olahraga bowling bagi tubuh yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *