Tujuan Permainan Baseball Yang Harus Dipahami

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Olahraga Baseball

Kesehatan merupakan salah satu hal yang menjadi bagain penting dalam kehidupan manusia. Karena melalui kesehatan yang melahirkan kebugaran jasmani seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa kendala. Perlu anda ketahui bahwa kesehatan tidak bisa datang dengan sendirinya. Melainkan harus dijaga dengan baik melalui berbagai cara, salah satu diantaranya dengan rajin melakukan olahraga baseball.

Dalam melakukan permainan baseball tentusaja memiliki tujuan tertentu baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk tim. Bahkan tim yang memiliki nama-nama pemain besar. Seperti halnya tim New York Yankees, Los Angeles Dodgers, dan Boston Red Sox.

Permainan Baseball

Olahraga baseball adalah jenis permainan bola kecil yang dilakukan dengan kelompok/tim. Dimana setiap kelompok harus mempunyai batter yaitu pemukul bola dengan menggunakan pemukul dan pitcher yaitu pelempar bola.

Oleh karena demikianlah sesunggunya permainan baseball hampir mirip dengan permainan softball, akan tetapi keduanya memiliki perbedaan yang terletak di bagian ukuran lapangan, cara meninggalkan base, kayu pemukul, bola, dan cara pitcher melambungkan bola, serta jumlah inning dalam setiap permainan.

Tujuan Permainan Baseball

Berikut ini termasuk tujuan yang menjadi manfaat dalam permainan baseball, yaitu sebagai berikut;

  1. Mempertahankan tim guna tetap menjadi batting (pemukul bola)

Tujuan paling utama dari permainan baseball ini adalah mempertahankan pemukul bola agar tim selalu mendapatkan skor yang unggul. Maka dari itulah setiap permainan ini memperhatikan teknik atau strategi yang baik dan yang tidak kalah penting yaitu adanya latihan kecepatan setiap saat agar pertandingan bisa berjalan dengan baik.

  1. Mencetak lebih banyak poin daripada tim lawan

Permainan baseball juga bertujuan untuk mncetak poin terbanyak dibandingkan dengan lawan mainnya. Alasannya sudah pasti agar tim menjadi juara atau pemenang dalam pertandingan. Oleh karena itu hubungan kerjasama dan kekuatan yang terbentuk dalam tim harus dijaga dengan sangat baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bukan hanya persoalan skor atau memenangkan dalam sebuah pertandigan, akan tetapi tujuan yang menjadi manfaat dari permainan baseball ini juga begitu banyak yang salah satunya yaitu di bidang kesehatan.

Perlu anda ketahui bahwa permainan baseball termasuk salah satu jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Sehingga banyak sekali orang yang merasa tergiur dan ingin merasakan permainan ini untuk menjaga tampilan badannya agar terlihat lebih bagus.

Sebetulnya baseball dianggap bisa menurunkan berat badan karena dalam permainan ini ada banyak gerakan yang dilakukan dan semua itu memerlukan seluruh anggota tubuh untuk bekerja. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat dan mampu membakar lemak dalam tubuh yang menyebabkan berat badan semakin menurun.

  1. Mengasah Pikiran

Permainan baseball pada umumnya memang memerlukan latihan kekuatan dan kecepatan, hal ini karena dengan kedua latihan tersebut para pemain akan memahami startegi apa saja yang haris dilakukan pada saat bertanding.

Sehingga secara tidak langsung olahraga yang satu ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir seoarng atlet atau pemain baseball itu sendiri. Karena mereka dituntut untuk mengetahui isi lapangan dan memahami setiap teknik yang harus mereka lakukan.

  1. Menghilangkan Stres

Penghilang rasa stress termasuk salah satu tujuan permainan baseball. Alasannya pada arti olahraga ini seseorang tidak hanya dituntut untuk memikirkan startegi atau teknik saja. Melainkan dalam baseball ini anda akan merasakan suatu permainan yang dilakukan antara dua tim. Sehingga secara tidak langsung anda bisa bermain dan berolahraga dengan waktu yang bersamaan.

Bahkan dalam permainan baseball ini anda akan merasakan suasana hati yang lebih menyenangkan karena permainan begitu asyik untuk dilakukan. Terlebih lagi jika ada banyak pendukung atau kawan lain yang bersemangat saling memberikan sorakan atau dukungan.

  1. Memperkuat Lengan dan Kaki

Olahraga baseball memang termasuk olaharaga yang membutuhkan gerak seluruh tubuh. oleh karena itu dalam olahraga ini anda bisa meningkatkan kemampuan aktivitas tubuh anda dan untuk melihat apakah anda masih kuat untuk beraktivitas secara lebih cepat atau gesit.

Bahkan baseball memberikan manfaat atau tujuan yang cukup baik untuk tubuh diantaranya yaitu memperkuat lengan dan kaki dimana bagian tubuh tersebut lebih sering digunakan dalam permainan baseball itu sendiri mulai dari melempar, mengayun, dan berlari.

  1. Melatih Kedisiplinan

Kedisiplinan menjadi salah satu tujuan dari permainan baseball. Karena dalam permainan ini seseorang harus berlatih untuk tanggung jawab atas apa yang seharusnya merka lakukan.

Artinya rasa disiplin harus senantiasa menempel dalam diri orang tersebut, agar mereka bisa mengatur waktu dengan baik bagaimana merka harus latihan, bagaimana mereka harus mempelajari strategi baseball dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan kemampuan untuk bersosialisai

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa permainan baseball ini umumnya dilakukan bersama anggota kelompoknya dan ditandingkan dengan tim lawan. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut mampu membuat para pemain baseball memperoleh relasi baru.

Sehingga mereka dapat memperoleh lingkungan sosial yang baru dan bisa mendapatkan banyak kawan yang bisa diajak untuk maju bersama.

  1. Menjaga badan agar tetap sehat

Olahraga baseball mampu membuat para pemain untuk menjaga kesehatan badannya. Hal ini terjadi karena individu tersebut selalu berusaha melakukan latihan dan olahraga pemanasan maupun lain sebagainya sebelum melakukan baseball.

Sehingga hal itu membuat tubuh dari para pemain lebih terjaga dan selalu fit setiap saat. Maka dari itu olaharga baseball dianggap dapat menjaga badan agar lebihs sehat dan terhindar dari serangan penyakit.   

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menjadi manfaat melakukan permainan baseball dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi untuk semua kalangan yang memperlukannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *