Teknik Lompat Kangkang Yang Baik dan Benar

Diposting pada

Teknik Dasar Lompat Kangkang Yang Benar

Cabang arti olahraga lompat memiliki bermacam-macam jenisnya. Salah satu lompat yang sering dijumpai adalah lompat kangkang. Dimana lompat kangkang memiliki banyak manfaat apabila dilakukan secara rutin. Tidak hanya berfungsi untuk kebugaran jasmani tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi disisi lain, dalam melakukan lompat kangkang harus mengetahi teknik dasar gerakannya, hal ini dilakukan untuk menghindari cidera atau kesalahan yang mengakibatkan kerugian bagi para peminatnya.

Lompat Kangkang

Lompat kangkang pada hekaktanya termasuk dalam jenis senam ketangkasan yang dilakukan secara bersama dengan lompat jongkok, merangkap, dan merayap. Meski demikian lompat kangkang mengandung pola gerakan yang dominan.

Adapun senam ketangkasan sering disebut juga dengan senam lantai. Meskipun gerakan-gerakan dalam senam ketangkasan terlihat ringan, namun bagi kalian yag baru belajar melakukan olahraga-olahraga senam ketangkasan tetap harus berhati-hati, bila perlu, latihan dapat diawasi oleh orang yang sudah terbiasa melakukan olahraga ketangkasan khusunya olahraga lompat kangkang.

Teknik Lompat Kangkang

Teknik dasar dalam melakukan lompat kangkang, antara lain;

  1. Awalan

Teknik awalan merupakan gerak permulaan (lari) sebelum melakukan lompatan. Lari atau ancang-ancang dalam melakukan lompat kangkang tidak perlu dilakukan terlalu jauh. Tidak perlu melakukan lari dengan kecepatan tinggi. Lari dengan kecepatan yang tinggi sebaiknya dilakukan saat posisi tubuh sudah mendekati peti lompat.

Adapun tahapan yang dilakukan dalam melakukan awalan antara lain:

  1. Berdiri sekitar 10 sampai dengan 15 meter dari peti lompat
  2. Setelah siap, berlarilah menuju arah peti lompat. Kecepatan lari harus diperhatikan. Tidak perlu terlalu cepat dan jangan terlalu lambat
  3. Ketika sudah mendekati peti lompat, berlarilah dengan kecepatan yang lebih tinggi. Hal tersebut bertujuan agar lompatan yang dihasilkan dapat tinggi
  1. Tolakan kaki

Teknik dasar tolakan merupakan gerakan mengangkat badan untuk melewati peti lompat. setelah melakukan awalan, selanjutnya atlet harus bersiap untuk melakukan tolakan. Posisi kaki dan tangan harus siap untuk melakukan tolakan dan tumpuan pada peti lompat.

Teknik tolakan dalam lompat kangkang hampir sama dengan teknik dalam lompat tinggi yaitu berusaha untuk melompat setinggi-tingginya. Badan harus bisa menjangkau dan melewati peti lompat.

Tahapan dalam melakukan lompatan antara lain:

  1. Fokus pada peti lompat. Hal tersebut berjutuan agar lompatan tidak meleset dan mampu melakukan tolakan dengan daya jangkau tinggi.
  2. Kaki sedikit jongkok. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh pantulan yang bagus
  3. Selanjutnya, lakukan tolakan menggunakan kedua kaki. Tangan harus bersiap-siap untuk menjadi tumpuan ketika menjangkau peti lompat
  4. Ketika badan berada dalam posisi melayang, badan harus sedikit dicondongkan ke depan. Hal tersbubut bertujuan agar badan terasa lebih ringan
  5. Selanjutnya, ulurkan tangan ke depan untuk dapat menjangkau peti lompat. Tangan sebagai tumpuan berfungsi untuk menopang badan ketika di udara
  1. Melewati peti lompat

Setelah melakukan teknik tolakan, tubuh secara otomatis akan terdorong keatas melewati peti lompat. ketika posisi tangan sudah bertumpu pada peti, usahakan tangan mampu menahan badan agar tidak terjatuh. Ada dua tahapan ketika melewati peti lompat.

Tahapan ketika berada di atas peti lompat dengan panggul lurus antara lain:

  1. Ketika tangan sudah bertumpu pada peti lompat, usahakan badan dalam posisi membentuk sudut antara 20 hingga 30 derajat ke depan.
  2. Selanjutnya, angkat panggul dan kaki dibuka. Gunakan tangan untuk menopang tubuh sebaik-baiknya dan lecutkan tubuh ke depan.
  3. Setelah kaki berhasil melewati peti lompat, angkatlah tangan dari tumpuan kemudian luruskan badan ke bagian depan.

Tahapan ketika berada di atas peti lompat dengnan panggul menekuk yaitu:

  1. Setelah melakukan tolakan, angkatlah pinggul setinggi-tingginya.
  2. Ketika tangan sudah menyentuh peti lompat, tekuk panggu dan buka kaki dengan menggerakan ke samping (mengangkang)
  3. Setelah kaki berhasil melewati peti lompat, luruskan panggul dan bersiap-siap untuk melakukan pendaratan.
  1. Mendarat

Teknik dasar mendarat setelah melakukan dan melangsungkan tujuan lompat kangkang perlu diperhatikan agar tidak mengalami cedera. Dimana untuk sikap dalam proses mendarat merupakan tahapan terakhir dalam lompat kangkang yang baik dan benar.

Adapun tahapan sikap mendarat dalam olahraga lompat kangkang adalah sebagai berikut:

  1. Setelah mencondongkan badan ke depan bersamaan dengan tolakan tangan setelah bertumpu pada peti lompat, ayunkan pinggul dan tungkai kedepan. Hal tersebut bertujuan untuk memindahkan berat badan ke depan. Pada saat pinggul terdorong ke depan, usahakan posisi kedua tungkai dalam keadaan lurus dia samping
  2. Ketika posisi kaki sudah melewati peti lompat, selanjutnya majukan kaki dengan rapat dan lurus ke depan dan lepaskan tumpuan tangan pada peti lompat.
  3. Selanjutnya yaitu mendarat dengan kedua kaki. Ketika kaki sudah menyentuh matras/pasir, tekuklah lutut untuk mengurangi tekanan pada kaki. Hal tersebut bertujuan agar kaki tidak mengalami cedera. Matras atau pasir biasanya digunkana sebegai pengaman untuk mendarat.

Melakukan Lompat Kangkang Yang Benar

Adapun untuk cara dalam melakukan ompat kangkang. Antara lain;

  1. Ketika melakukan lompatan, posisi badan condong ke depan dengan membuka kedua tangan dan kaki melewati peti lompa
  2. Melakukan gerakan tangan dan kaki dapat diibaratkan seperti posisi katak ketika melompat
  3. Tidak sukar melakukan lompat kangkang, siapapun dapat belajar melakukan lompat kangkang. Alat yang digunakan pun hanya peti lompat atau alat tumpuan lainnya. Lompat kangakang sama dengan gerakan-gerakan lompat lainnya yang biasa kalian lakukan sehari-hari.
  4. Melakukan lompat kangkang diperlukan kekuatan tangan dan kaki yang baaik. Tangan menjadi tumpuan ketika melakukan lompatan, sedangkan kaki menjadi tumpuan ketika badan akan melakukan tolakan dan persiapan.
  5. Ketika melakukan lompat kangkang, tubuh diusahakan dalam keadaan serileks mungkin. Hal tersebut bertujuan agar tubuh terasa lebih ringan saat melakukan lompatan. Pola gerak dalam lompat kangang termasuk pola gerakan yang energik.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, teknik dasar olahraga lompat kangkang identik dengan peti lompat. Dimana peti lompat adalah alat yang digunakan sebagai tumpuan tangan ketika melompat. Jadi lompat kangkang ini merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara melewati sebuah kotak atau peti lompat.

Bahkan ketika kalian tidak memiliki peti lompat, kalian dapat menggunakan alat lain yang bisa dijadikan alat untuk melakukan lompatan. Ketika kalian ingin bermain sambil berlatih senam ketangkasan bersama teman-teman, kalian dapat menggunakan punggung teman sebagai tumpuan untuk latihan dasarnya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.