Ruang Lingkup Pedagogi Olahraga

Diposting pada

Ruang Lingkup Pedagogi Olahraga

Pedagogi olahraga hakekatnya berasal dari dua unsur kata. Yakni pedagogi dan olahraga, dimana untuk arti dari pedagogi adalah suatu seni atau pengetahuan yang diperlukan untuk meminpin, membimbing, dan mengajar anak. Sedangkan makna olahraga adalah kegiatan yang kegiatan pelatihan dan penigkatan daya tahan tubuh saat melakukannya.

Apabila digabung menjadi satu pedagogi olahraga berurusan dengan seni mengajarkan aktivitas olahraga dari seorang guru maupun pelatih kepada para peserta didik agar mengetahui teknik olahraga secara benar.

Pedagogi Olahraga

Pedagogi olahraga dikenal dengan sport pedagogy yang merupakan sebuah disiplin ilmu keolahragaan yang memiliki potensi untuk menyatukan sub disiplin ilmu keolahragaan lainnya dalam melandasi semua praktik di bidang keolahragaan dengan maksud dan tujuan untuk mendidik.

Dimana pembelajaran pedagogi olahraga memiliki ruang lingkup yang pastinya masih sangat berhubungan dengan bidang keolahragaan itu sendiri.

Ruang Lingkup Pedagogi Olahraga

Berikut dibawah ini yang menjadi ruang lingkup yang ada dalam pedagogi olahraga. Antara lain;

  1. Content knowledge

Pengetahuan konten berhubungan dengan pengetahuan yang menggambarkan isi materi dari yang diajarkan seorang guru. Melalui ruang lingkup content knowledge ini pula guru dapat mengajar dengan lebih sistematis dan tidak perlu bingung akan mengajarkan materi apa kepada peserta didiknya.

Karena dengan pengetahuan konten akan diperoleh pengetahuan dan sekaligus kecakapan dalam konteks pendidikan jasmani yang mengandung isi pendidikan melalui kegiatan jasmani.

Maka dari itu pengetahuan konten termasuk salah satu hal yang perlu dikuasai oleh guru yang bersangkutan. Kesimpulannya content knowledge ini sangat penting agar bisa mempelajari tentang gerk insani dalam konteks pendidikan yang terkait dengan semua aspek pengetahuan untuk memahami peserta didik secara utuh.

  1. General pedagogical Knowledge

Ruang lingkup general pedagogical knowledge merupakan suatu pengetahuan yang mencoba untuk menyingkap kaitan antara perilaku guru dan hasil belajar para peserta didik. pada ruang lingkup ini ada beberapa hal yang dibahas didalamnya yaitu mengenai:

  1. Kemampuan umum untuk mengelola dan merencanakan unit pengajaran
  2. Pengorganisasian dan pengelolaan kelas
  3. Teknik atau metodik pengajaran
  4. Evaluasi dan penentuan nilai siswa dalam kategori tema jumlah waktu aktif belajar (active learning time)
  5. Manajemen kelas dan efektivitas pengajaran
  1. Pedagogical Content knowledge

Pedagogical content knowledge merupakan pengetahuan yang berkenaan dengan bagaimana cara mengajar sebuah subjek atau topik untuk disampaikan kepada kelompok peserta didik dalam konteks yang spesifik dan runtut agar mereka bisa memahaminya dengan jelas.

Ruang lingkup pedagogi olahraga yang satu ini juga berhubungan dengan tujuan pengajaran yang hendak dicapai dari setiap subjek pada tingkat kelas yang berbeda. Selain itu pedagogical contenct knowledge juga membuat suatu konsep terbaik dalam penyampaian materi yang diberikan kepada peserat didik dan menentukan topik serta material kurikulum untuk strategi pengajaran.

  1. Curriculum Knowledge

Pengetahuan kurikulum ialah pengetahuan yang berhubungan dengan tipe kurikulum dalam suatu pendidikan. Pengetahuan kurikulum juga berkaitan dengan isi dan program yang berfokus pada sebuah prinsip pertumbuhan dan perkembangan peserta didik bidang jasmani.

Melalui curriculum knowledge inilah dalam pendidikan olahraga akan dijabarkan secara baik mengenai pengembangan kurikulum pendidikan jasmani di Indonesia yang baik dan praktis dengan berbagai metode atau strategi yang bisa diterapkan dalam sebuah pembelajaran.

  1. Knowledge of educational Content

Knowledge of educational contenct merupakan semua program pendidikan jasmani yang berlangsung dalam konteks yang beraneka macam atau beragam yaitu meliputi beberapa hal agar bisa membantu mempermulus atau sebaliknya menghambat pelaksanaan pengajaran.

Perlu anda ketahui bahwa pada ruang lingkup pedagogi olahraga yang satu ini berkaitan dengan konteks atau tata latar keseluruhan faktor yang dapat mempengaruhi apa dan bagaimana isi pembelajaran bisa diadakan dan dipelajari dalam sebuah program.

Pada pembahasan yang lebih luas lagi knowledge of educational contenct membicarakan beberapa hal yang bisa diamati betapa besar variasi dan perbedaan lingkungan lembaga pendidikan antara sekolah di pedesaan dan di perkotaan, serta di daerah terpencil maupun didaerah belantara.

  1. Knowledge of learners and their Characteristic

Pengetahuan ini berkaitan dengan proses ajar manusia dan penerapannya dalam melakukan pengajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Knowledge of learners anda their characteristic didalamnya membahas tentang karakteristik siswa yang sangat beragam dari mulai aspek sosial, aspek emosi, aspek koqnitif, dan faktor sejarah serta budaya.

Pemahaman mengenai peserta didik ini juga berhubungan dengan pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan, perbedaan bahasa, learning capacity, dan kondisi psikososial yang bisa mempengaruhi sikap dan aspirasi siswa dalam belajar.

  1. Knowledge of Educational Goals

Knowledge of educational goals merupakan ruang lingkup pedagogi olahraga yang berisi tentang pengetahuan tujuan, maksud dan struktur sistem pendidikan nasional. Sehingga dalam ruang lingkup ini dimaknai tujuan apa yang hendak dicapai dari pembelajaran yang selama ini dilakukan, khususnya ialah mengenai pendidikan olahraga itu sendiri.

Selain itu ada beberapa hal yang dibahas pula mengenai harapan guru untuk peserat didiknya yang telah di didik selama ini dimana harapan tersebut tentunya berhubungan sejalan dengan cita cita pembagunan nasional.

Pembelajaran yang dilaksanakan guru dilakukan untuk mencapai tujuan agar para peserta didik bisa lebih mngeksplore dirinya dan memberikan kesempatan yang sebebas-bebasnya pada peserat didik mengenai kemampuan yang mereka miliki dan bisa diasah lebih dalam lagi.

Dengan catatan bahwa setiap tindakan yang diambil harus mempunyai tanggung jawab secara penuh sekaligus mengajarkan pada peserta didik untuk mampu menyelidik, menemukan, mengembangkan dan memahami keterampilan yang ada dalam dirinya masing-masing.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan ruang lingkup pembelajaran yang ada di dalam pedagogi olahraga. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.