Manfaat Push Up Sebelum Tidur dan Sesudah tidur

Diposting pada

Manfaat Push Up

Pada hakekatnya definisi olahraga push up selalu menarik perhatian para pecinta olahraga pemanasan ini, alasannya karena tbisa dilakukan dimana saja. Selain itu, melakukan olahraga push up secara rutin ternyata memiiki banyak manfaat bagi tubuh.

Bahkan tak khayal fungsi olahraga ini juga sangat baik dilakukan sebelum ataupun sesudah tidur. Oleh karena itulah push up menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk memingkatkan latihan kekuatan tubuh. Tidak diperlukan tempat dan peralatan khusus dalam melakukannya. Hanya niat dan konsisten yang kuat.

Push Up

Push up adalah salah satu jenis olahraga senam lantai yang berfungsi untuk memperkuat otot bisep dan trisep. Jenis senam kekuatan ini memiliki tiga aturan yang harus dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal, yaitu menjaga punggung untuk tetap lurus ketika melakukan push up, bokong diturunkan ketika melakukan push up, bukan diangkat, kemudian posisi tubuh jangan sampai melengkung harus tetap membentuk garis lurus.

Adapun olahraga push up memiliki berbagai macam jenis gaya, seperti wide grip push up, triangle push up, single red raised push up, clap push up, dan spiderman push up. Masing-masing gaya memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Manfaat Push Up

Olahraga ini dapat dilakukan kapan saja sesuai keinginan. Bahkan seringkali orang melakukan push up sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Lantaran manfaat yang akan diperoleh;

Manfaat Push Up Sebelum Tidur
Manfaat Push Up Sebelum Tidur
Manfaat Push Up Sebelum Tidur

Berikut ini manfaat push up sebelum tidur, antara lain:

  1. Mencegah Insomnia

Insomnia adalah sebutan untuk eadaan dimana seseorang mengalami susah tidur. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor. Untuk mengatasi insomnia, melakukan olahraga push up sebelum tidur dapat menjadi solusi untuk mengatasi insomnia.

Melakukan olahraga push up sebelum tidur memberikan efek rileks pada tubuh. Namun perlu diperhatikan intensitas latihan yang dilakuakn. Jangan sampai justru membuat tubuh menjadi kelelahan.

Insomnia dapat mengakibatkan berbagi penyakit bagi tubuh. Hal tersebut karena tubuh kekurangan waktu tidur. Waktu tidur yang berkisar antara 7 sampai dengan 8 jam per hari. Oleh karenanya, bagi seseorang yang sering mengalami insomnia atau sulit tidur dianjurkan untuk rutin melakukan push up ringan sebelum tidur.

  1. Membakar kalori

Melakuakn olahraga push up sebelum tidur memiliki manfaat untuk membakar kalori lebih banyak. Melakukan olahraga push up sebelum tidur dipercaya mampu  membakar kalori hingga dua kalori dalam tubuh.

Melakukan olahraga ini secara rutin sangat cocok dilakukan untuk mendukung program diet. Semakin banyak kalori yang terbakar akan semakin ideal pula bentuk tubuh seseornag. Lemak yang berebihan di tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti obesitas dan lain sebagainya.

Impian memiliki tubuh ideal dapat dengan mudah didapat apabila melakukan push up dengan rutin. Gerakannya yang ringan dan tidak memrlukan alat dan tempat membuat push up menjadi alternatif diet bagi orang-orang yang tidak menyuykai olahrag berat.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh pentung untuk melindungi tubuh dari bebagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kesehatan tubuh menjadi prioritas utama. Tubuh yang sehat membuat aktvitas sehari-hari menajdi lancar.

Melakukan olahraga push up sebelum tidur ternyata dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Gerakan-gerakan yang dilakukan membuat peredaran daran semakin lancar. Peredaran darah yang lancar akan membantu sistem imun tubuh menyebar ke seluruh tubuh.

  1. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh ideal menjadi dambaan semua orang. Melakuakn olahraga khususnya olahrag push up sebelum tidur membantu memperbaiki postur tubuh. perkembangan tubuh dipengaruhi jug aoleh pola hidup seseornag. Semakin sehat pola hidup yang dijalani akan semakin baik pula postur tubuh yang dimiliki.

Pola hidup yang baik adalah pola hidup yang memiliki keseimbangan antara pola makan dan olahraga. Ketika tidur, tubuh berhenti melakukan aktivitas fisik. Bagian orga ndalam tubuh akan bekerja ketika tubuh tertidur. Olahraga push up sebelum tidur membantu memperlancar kerja tubuh bagian dalam.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung perlu dijaga untuk menghindari berabagi macam penyakit yang ada. Jantung sendiri sebagai organ vital tubuh memiliki fungsi peran yang sangat berat, salah satunya jantung fungsi memompa darah ke seluruh tubuh sehingga.

Oleh karena itulah dengan melakukan olahraga push up sebelum tidur membuat jantung bekerkja lebih cepat dari  biasanya. Semakin sering jantung bekerja, mengurangi resiko lemah jantung.

  1. Mengurangi resiko osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh orang lajut usia. hal tersebut dapat terjadi karena semasa muda, tubuh kurang tercukupi kebutuhan olahraganya. Hal tersebut membuat otot dan tulang tubuh menjadi kaku.

Bagi seeornag yang memiliki aktivitas padat yang tidak sempat melakukan olahraga, melakuakn push up sebekum tidur dapat menjadi salah satu atlernatif untuk memneuhi kebutuhan gerak tubuh. Apabila dilakukan secara rutin, dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis ketika sudaha lanjut usia.

Manfaat push up setelah tidur
manfaat push up setelah tidur
Manfaat Push Up Setelah Tidur

Beberapa manfaat push up yang dilakukan setelah bangun tidur antara lain;

  1. Meningkatkan mood

Mood atau suasana hati ketika bangun tidur sangat berpengaruh terhadap suasan hati satu har penuh. Melakukan olahrag aringan dapat meningkatkan suasan hati seseorang. Gerakan-gerakan ringan akan mempengaruhi otak untuk berpikir lebh jernih.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kontrol emosi seseorang. Otak yang jernih membuat suasan hati menjadi lebih baik. Mood akan meningkat dan aktivitas dapat berjalan lancar sesuai target dan rencana.  

  1. Membuat tubuh menjadi lebih fress

Selain meningkatkan mood, ternyata melakukan push up pagi hari setelah bangun tidur membuat tubuh menjadi lebih fress. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar sepanjang hari serta  tidak mudah lemas dan lelah.

Kondisi tubuh memberikan pengaruh besar terhadap aktivitas sehari-hari. Melakukann upush up seara rutin memberikan efek segar pada tubuh. semakin sering melakukannya, tubuh menjadi terbiasa melakukan aktivitas di pagi hari. Melakukannya secar rutin juga dapat mengurangi rasa malas.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Stamina tubuh perlu ditingkatkan agar tubuh mampu melakukan aktivitas berat dengan cepat dan tepat. Stamina tubuh dapat diperoleh dengan melakukan olahraga push up setelah bangun tidur. Memulai hari dengan mengisi energi tubuh dengan olahraga akan meningkatkan stamina tubuh untuk melakukan segala sesuatu sesuai rencana.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah seseroang dapat dikontrol dengan melakukan olahraga ringan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Melakukan olahraga push up setelah bangun tidur dipercaya mampu mengontrol tekanan darah. Hal tersebt tentunya memiliki dampak baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi adalah kemampaun seserang untuk fokus melakukan seseuatu yang sedang dikerjakan. Olahraga push up yang dilakukan setelah bangun tidur membantu meningkatkan konsentrasi.

Ketika bangun tidur, tubuh cenderung malas untuk melakukan aktivitas-aktivitas berat. Aktivitas ringan yang dilakuakn seperti olahraga membantu otak untuk melakukan sesuatu sesuai degan bidikan yang baik.

  1. Mengontrol napsu makan

Olahraga ternyata juga berpengaruh terhadap napsu makan seseorang. Napsu makan yang baik membantu sistem imun yang baik. Selain itu, pola makan yangbaik membantu meningkatkan pertumbuhan bagi anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan.

Dengan melakukan olahraga push up setelah bangun tidur, napsu makan dapat meningkat. Tubuh mengeluarkan energi lebih banyak dari biasanya. Oleh karenanya tubuh secara otomatis akan terangsang untuk mengisi energi salah satunya dengan makanan.

Selain itu, napsu makan yang baik dan pola makan yang baik meningatakn sistem imun tubuh dan mengcegah tubuh dari berabagai macam penyakit.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan melakukan push up sebelum dan sesudah tidur memiliki beragam manfaat yang baik. Meski demikian dalam push up jangan dilakukan secara berlebihan, lantaran dapat berakibat cedera pada tubuh.

Oleh karena itulah sesuaikan posi latihan dengan kemampuan tubuh. Efek samping atau cedera pada tubuh yang sering terjadi ketika melakukan push up secara berlebihan antara lain, seperti rasa nyeri, cedera pada siku, kram perut, dan lain sebagainya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *