Peraturan dalam Melakukan Lari Estafet

Diposting pada

Aturan Dasar Permianan Lari Estafet

Definisi olahraga lari adalah salah satu jenis olahraga tradisional yang ringan serta mudah dilakukan oleh siapa saja. Salah satu jenis lari yang dilakukan secara berkelompok adalah lari estafet. Karena dilakukan secara berkelompok, olahraga ini memiliki peraturan-peraturan dasar yang harus diketahui oleh atlet lari.

Adapun disisi lain, nomor lari estafet yang biasanya diperlombakan dalam turnamen adalah nomor 4 x 100 meter dan nomor 4 x 400 meter. Dimana kemahiran dalam menerima dan memberikan tongkat juga harus diperhatikan selain teknik berlari. Tongkat harus diberikan atau diterima dengan cepat untuk mempercepat waktu. Oleh karena itulah melakukan lari estafet tidak hanya mengandalkan latihan kecepatan, tetapi juga ketepatan. Ketepatan dalam membawa, menerima, dan memberikan tongkat yang dibawa. Dibutuhkan kerjasam tim yang baik.

Lari Estafet

Sejarah singkat tentang lari estafet pada hakekatnya terinspirasi dari tiga suku yaotu Suku Aztek, Suku Inca, dan Suku Maya ketika menggekar sebuah misi yang menggunakan teknik lari bersambung. Seiring berjalannya waktu tujuan dan manfaat lari estafet semakin berkembang.

Tetapi yang pasti, olahraga ini pertama kali dipraktekan di Amerika Serikat pada tahun 1883. Pada saat itu lari itu hanya dilakukan oleh kaum laki-laki. Beberapa perubahan terjadi dalam perkembangunan senam estafet khususnya dalam hal penggunaan alat. Awal mulanya, pelari menggunakan bendera sebagai alat perpindahan. Karena dirasa kurang efektif, selanjutnya penggunaan alat dihilangkan. Perpindahan hanya dilakukan dengan menyentuh tangan pelari selanjutnya. Hingga akhirnya saat ini menggunakan tongkat.

Aturan Lari Estafet

Peraturan dasar dalam lomba untuk lari estafet tidak kalah penting dengan teknik dalam lari estafet. Antara lain;

  1. Perlengkapan

Perlengkapan lari estafet harus diperhatikan bagi setiap atlet. Setiap atlet diusahakan memakain pakaian serta sepatu yang sesuai untuk pertandindangan. Biasanya pelari harus menggunakan celana pendek atau celana training. Pada perlombaan estafet biasanya setiap tim akan diberikan dua nomor peserta yang dikenakan di bagian dada dan punggung. Perlengkapan lainnya seperti tongkat biasanya sudah disedikan oleh pihak panitia penyelenggara.

  1. Penggunaan tongkat

Tongkat yang digunakan dalam perlombaan juga perlu diperatikan. Ukuan tongkat harus memiliki rongga dan panjang 28 sampai dengan 30 cm. Berat tongkat 50 gram dengan garis tengah 38 mm. Tongkat terbuat dari bahan metal, kayu, maupun bahan lainnya. Tongkat harus memiliki pipa halus dengan lubang di tengahnya.

Selain itu, tongkat yang digunakan haruslah berwarna. Hal tersebut bertujuan agar togkat mudah dilihat dari jauh oleh pelari pemberi maupuan pelari penerima.

  1. Lintasan lari

Lintasan lari estafet memiliki lebar 1,20 meter dan 20 meter panjang lintasan pergantian (wissel) dengan panjang lintasan 100 meter dan 400 meter.  Artinya dalam hal ini peraturan lari estafet yang mendeskripsikan tim yang menjatuhkan tongkat estafet terletak pada nomor 4 x 100.

  1. Aturan lari estafet 4 x 100 meter

Panjang lintasan untuk nomor lari 4 x 100 meter harsu ditambah 10 meter. Lintasan ini disebut dengan lintasan prazona. Pada lari estafet nomor 4 x 100 meter, pelari pertam harus melakukan lari dengan star jongkok. Sedangkan pelari kedua hingga pelari keempat, menggunkana star melayang.

  1. Aturan lari estafet 4 x 400 meter

Aturan lari estafet antara nomor 4 x 100 meter dengan nomor 4 x 400 metee memiliki sedikit perbedaan. Pada nomor lari 4 x 100 meter wajib membuat garis dengan panjang 5 cm yang dibaut melintang di 10 meter sebelum garis lari. Hal  tersebut bertujuan agar lokasi area pergantin tongkat dapat ditunjukan.

Garis yang dibuat dengan jarak 5 cm ini perlu perlu ditarik secara melinang lintasan. Hal tersebut bertujuan untuk pemberian tanda jarak tahapan lari bis asempuran.

  1. Aturan pemain

Ketentuan pemain dalam melakukan estafet juga memiliki aturan khusus. Tidak ada pergantian pemain selama pertandingan. Ketika perlombaan dimulai, hanya boleh melakukan pergantian pemain sebanyak dua kali pada babak berikutnya. Pelari pemberi dilarang mendorong pemain penerima unutk mempercepat lari. Hal tersebutakan dikenakan diskualifikasi.

  1. Penilaian dan diskualifikasi

Penilaian dan diskualifikasi dalam lari estafet harus sudah ditentukan sebelum melakukan perlombaan. Apabila ada peserta yang didiskualifikasi, haru sada pembuatan surat keterangan yang menjelaskan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta.

  1. Wasit

Untk menunjukan siapa pemenang dalam perlombaan lari estafet, dibutuhkan wasit. Wasit ini terdiri dari wasit utama, pengawas lintasan, pencatat waktu, serta juri. Masing-masingpetugas perlombaan memiliki tugas masing-masing sesuai dengan jobdesk yang sudah disepakati bersama.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada uraikan pada semua kalangan berkenaan dengan aturan-aturan dasar dalam olahraga lari estafet.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.