Pengertian Stadion, Klasifikasi, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Stadion Adalah

Stadion merupakan tempat yang biasanya digunakan untuk arti olahraga luar ruangan, konser, atau even-even lainnya. Tempat ini terdiri atas lapangan atau panggung yang sebagian atau seluruhnya dikelilingi oleh struktur berjenjang. Struktur berjenjang dengan tujuan agar memungkinkan penonton untuk duduk atau berdiri dan melihat even yang berlangsung.

Bisa juga dikatakan bahwa stadion merupakan prasarana olahraga utama, sebab keberadaannya yang dapat berfungsi sebagai pusat kegiatan olahraga dalam satu area. Sebagian besar stadion memiliki kapasitas setidaknya 10.000 digunakan untuk sepak bola asosiasi. Olahraga stadion populer lainnya termasuk lapangan hijau sepak bola, bisbol, kriket, berbagai kode rugby, lapangan lacrosse, bandy, dan adu banteng. Banyak tempat olahraga besar juga digunakan untuk konser.

Stadion

Pada dasarnya kata “Stadion” berasal dari dalam Bahasa Inggris stadium adalah bentuk Latin dari kata Yunani “stadion”, ukuran panjang yang sama dengan panjang 600 kaki manusia. Dari segi historis, stadion tertua yang diketahui adalah Stadion di Olympia di Yunani, tempat Olimpiade kuno diadakan dari 776 SM.

Awalnya Olimpiade terdiri dari satu acara, sprint di sepanjang stadion. Stadion Panathenaic kuno yang digali dan direnovasi menjadi tuan rumah versi awal Olimpiade pada tahun 1870, 1875, 1896 dan 1906. Penggalian dan perbaikan stadion adalah bagian dari warisan dermawan nasional Yunani Evangelos Zappas, dan itu stadion kuno pertama yang digunakan di zaman modern.

Pengertian Stadion

Stadion adalah area bangunan untuk menyelenggarakan kegiatan olahraga sepakbola dan atau atletik serta fasilitas untuk penontonnya. Pada skala kota dan daerah stadion menjadi prasarana olahraga utama, sebab keberadaannya bisa berfungsi sebagai pusat kegiatan olahraga, artinya bisa dilaksanakan beberapa kegiatan olahraga pada satu area.

Sedangkan definisi stadion yang berdasarkan terjemahan dari Hand Book of Sport and Recreation, atdion dapat didefinisikan sebagai lapangan lomba lari di kota-kota, tempat diselenggarakannya pertandingan, dan pada akhirnya tempat yang digunakan untuk pertunjukkan atletik lainnya.

Pengertian Stadion Menurut Para Ahli

Adapun definisi stadion menurut para ahli, antara lain:

  1. Cambridge Dictionary, Pengertian stadion adalah lahan tertutup yang luas dengan deretan kursi di sekeliling sisinya dan seringkali tanpa atap, digunakan untuk acara olahraga dan pertunjukan musik.
  2. Collins Dictionary, Arti stadion adalah lapangan olahraga besar dengan deretan kursi di sekelilingnya.
  3. Merriam-Webster, Makna stadion adalah sebuah bangunan besar yang biasanya tidak beratap dengan tingkatan kursi untuk penonton di acara olahraga.

Jenis Stadion

Macam-macam dari bangunan stadion yang diklasifikasikan dalam berbagai bentuk. Yaitu;

Berdasarkan Tata Cara Perencaan Teknik Bangunan Stadion

Yaitu;

  1. Stadion Terbuka, yaitu stadion sepakbola dengan arena permainan yang terbuka atau tanpa atap.
  2. Stadion Tertutup, yaitu stadion sepakbola yang semua ruangan dan arena olahraganya terdapat di dalam gedung.
  3. Stadion Bergerak, yaitu stadion yang merupakan hasil kombinasi dari stadion terbuka dan tertutup. Stadion bergerak memadukan teknologi tinggi, sehingga atap stadion dapat dibuka ataupun ditutup sesuai kebutuhan.
Berdasarkan Olahraga yang Diakomodasi

Yaitu;

  1. Stadion Sepak Bola, yaitu stadion yang fungsinya dikhususkan untuk olahraga sepak bola saja.
  2. Stadion Olimpik, yaitu stadion yang bukan hanya difungsikan untuk peratndingan sepak bola saja, tapi ada pula fasilitas untuk olahraga atletik.
Berdasarkan Kapasitas Tempat Duduk

Antara lain;

  1. Tipe A, Kapasitas penonton dan wilayah pelayanannya: Penggunaannya melayani wilayah provinsi dengan kapasitas tempat duduk mencapai 30.000-50.000 kursi.
  2. Tipe B, Kapasitas penonton dan wilayah pelayanannya: Penggunaannya melayani wilayah kabupaten atau kotamadya dengan kapasitas tempat duduk mencapai 10.000-30.000 kursi.
  3. Tipe C, Kapasitas penonton dan wilayah pelayanannya: Penggunaannya melayani wilayah kecamatan dengan kapasitas tempat duduk mencapai 5.000-10.000 kursi.

Menurut FIFA, secara umum stadion yang digunakan untuk pertandingan internasional mempunyai kapasitas 30.000 tempat duduk, bahkan lebih ideal jika menyediakan kapasitas 40.000 tempat duduk.

Selain jenis-jenis stadion tersebut, ada pula istilah stadion berkubah, yang dapat dibedakan dari stadion konvensional dengan atapnya yang tertutup. Banyak di antaranya sebenarnya bukan kubah dalam arti arsitektur murni, beberapa lebih digambarkan sebagai kubah, beberapa memiliki atap yang disangga rangka dan lainnya memiliki desain yang lebih eksotis seperti struktur tensegrity.

Akan tetapi, istilah “kubah” dalam konteks stadion sudah menjadi standar bagi semua stadion tertutup, terutama karena stadion tertutup yang pertama kali ada, yaitu Houston Astrodome, dibangun dengan atap yang berbentuk kubah.

Beberapa stadion memiliki atap parsial, dan beberapa bahkan telah dirancang untuk memiliki lapangan yang dapat dipindahkan sebagai bagian dari infrastruktur. Mercedes-Benz Superdome di New Orleans adalah struktur kubah asli yang terbuat dari bingkai pipih multi-cincin dan memiliki diameter 210 m (680 kaki). Ini adalah struktur kubah tetap terbesar di dunia.

Meskipun tertutup, stadion kubah disebut stadion karena cukup besar untuk, dan dirancang untuk, apa yang umumnya dianggap sebagai olahraga luar ruangan seperti atletik, sepak bola Amerika, sepak bola asosiasi, rugby, dan bisbol. Yang dirancang untuk olahraga dalam ruangan seperti bola basket, hoki es, dan bola voli umumnya disebut arena atau gelanggang olahraga (gor). Pengecualian meliputi:

  1. Cameron Indoor Stadium, lokasi program bola basket pria dan wanita Blue Devils dari Duke University.
  2. Red Bull Arena, tempat terbuka yang menjadi rumah bagi New York Red Bulls dan Sky Blue FC Major League Soccer dari National Women’s Soccer League.
  3. Paris La Défense Arena, stadion berkubah yang menjadi rumah bagi klub persatuan rugby Racing 92. Namun, tempat tersebut memiliki blok tempat duduk yang dapat dipindahkan yang memungkinkan konfigurasi yang sesuai untuk olahraga lapangan dalam ruangan.
  4. Stadion Chicago (dihancurkan), bekas kandang Chicago Blackhawks dari National Hockey League dan Chicago Bulls dari National Basketball Association.

Fungsi Stadion

Stadion berfungsi untuk menunjang beragam kegiatan. Kegiatan utama yang dapat dilakukan di stadion bisa dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sifatnya (Geraint John et al (2007), yaitu:

  1. Kegiatan olahraga, yaitu kegiatan yang mencakup latihan dan pertandingan olahraga yang biasanya dilakukan oleh para atlit olahraga seperti olahraga sepakbola dan atletik.
  2. Kegiatan menonton olahraga, yaitu kegiatan menonton atau menyaksikan jalannya latihan dan pertandingan olahraga.
  3. Kegiatan Servis, yaitu kegiatan yang berupa pelayanan operasional bangunan stadion, ketika kegiatan olahraga sedang berlangsung atau tidak. Kegiatan tersebut mencakup keamanan, perawatan bangunan stadion beserta semua fasilitasnya, dan mehanical electrical engineering (MEE).
  4. Kegiatan manajerial, yaitu kegiatan pengeloaan manajemen stadion, yang biasanya dilakukan oleh pengelola stadion.
  5. Kegiatan bisnis, yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara menyewakan ruang-ruang untuk perdagangan dan aktifitas pendukung lainnya.
  6. Kegiatan rekreasi, yaitu kegiatan santai yang tidak terjadwal. Ini dilakukan misalnya dengan memanfaatkan lokasi dan fasilitas pendukung yang ada di stadion, seperti menjadi wedding venue atau tempat konser.

Contoh Stadion

Adapun untuk beragam contoh bangunan stadion, antara lain:

  1. Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno dulunya Stadion Utama Gelora Senayan merupakan sebuah stadion serbaguna yang terdapat di Kota Jakarta. Ini adalah bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini pada umumnya difungsikan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional.

Saat pertama kali dibuka sebelum Asian Games 1962, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk 110.000. Itu telah berkurang dua kali selama renovasi: pertama menjadi 88.306 pada tahun 2006 untuk Piala Asia AFC 2007 dan kemudian menjadi 77.193 kursi tunggal sebagai bagian dari renovasi untuk Asian Games 2018 dan Asian Para Games, di mana ia menjadi tuan rumah upacara dan kompetisi atletik

  1. Mercedes-Benz Superdome

Mercedes-Benz Superdome, sering disebut hanya Superdome, adalah stadion olahraga dan pameran berkubah yang terletak di Central Business District New Orleans, Louisiana, Amerika Serikat. Ini terutama berfungsi sebagai tempat tuan rumah untuk New Orleans Saints dari National Football League (NFL).

Selain itu juga sebagai stadion tuan rumah untuk Sugar Bowl, New Orleans Bowl di sepak bola perguruan tinggi, dan pertandingan sepak bola persaingan lama dari Universitas Selatan dan Grambling Konferensi SWAC Universitas Negeri, yang dikenal sebagai Bayou Classic.

Rencana dibuat pada tahun 1967 oleh firma arsitektur modernis New Orleans, Curtis and Davis dan bangunan tersebut dibuka sebagai Louisiana Superdome pada tahun 1975. Rangka bajanya mencakup hamparan seluas 5,3 ha dan 83 m.

Kubah terbuat dari bingkai pipih multi-cincin dan memiliki diameter 680 kaki (207 m), menjadikannya struktur kubah tetap terbesar di dunia. Itu bersebelahan dengan Smoothie King Center.

  1. Stadion Harvard

Stadion Harvard adalah stadion sepak bola perguruan tinggi berbentuk U di timur laut Amerika Serikat, yang terletak di lingkungan Allston di Boston, Massachusetts. Stadion ini dimiliki dan dioperasikan oleh Universitas Harvard dan merupakan rumah bagi program sepak bola Harvard Crimson. Kapasitas tempat duduk stadion adalah 30.323.

Dibangun pada tahun 1903, ini adalah pelopor pelaksanaan beton bertulang dalam pembangunan struktur besar. Karena kepentingan awal di daerah ini, dan pengaruhnya pada desain stadion kemudian, itu ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1987.

Stadion ini adalah bangunan beton permanen tertua di negara yang didedikasikan untuk atletik antar perguruan tinggi. Tempat duduknya hingga 57.166 di masa lalu, karena dudukan baja permanen (melengkapi oval sisi lurus) dipasang di zona ujung timur laut stadion pada tahun 1929.

Mereka dirobohkan setelah musim 1951, karena kerusakan dan berkurangnya penonton . Setelah itu, ada bangku-bangku baja sementara yang lebih kecil di ujung terbuka stadion sampai gedung Murr Center (yang di atasnya terdapat papan skor baru) pada tahun 1998.

Stadion Harvard menjadi tuan rumah satu musim Boston Patriots pada tahun 1970. Itu adalah musim pertama mereka di NFL setelah merger AFL-NFL dan terakhir mereka sebelum menjadi New England Patriots. Tim pindah ke Stadion Schaefer di Foxborough pada musim berikutnya.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami kemukakan pada kalian terkait dengan pengertian stadion menurut para ahli, jenis, klasifikasi, fungsi, dan contoh bangunannya yang ada di Indonesia dan berbagai belahan dunia. Semoga memberi wawasan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *