Manfaat Senam Aerobik Yang Dilakukan Secara Teratur

Diposting pada

Manfaat Senam Aerobik

Senam aerobik adalah salah satu jenis olahraga modern dalam katageori senam, dimana sanam aerobik sendiri dilakukan dengan menggunakana irama atua musik. Lantaran senam ini identik dengan gerakannya yang lincah dan semangat.

Disisi lain, senam aerobik memiliki berbagai manfaat bagi tubuh dan kesehatan. Utama bisa dilakukan pada malam hari, pagi hari, bahkan sore hari.

Senam Aerobik

Senam aerobik adalah serangkaian gerak pada tubuh yang dilakukan mengikuti irama musik yang mengiringi. Senam ini sejatinya memiliki pola gerakan yang kompleks. Selain itu, gerakan pada arti olahraga ini melibatkan gerak seluruh anggota badan dalam melakukannya.

Saat ini olahraga ini banyak digemari oleh orang dari berbagai kalangan dan berbagai usia. hal tersebut karena gerakan dalam olahraga ini mencakup berbagai pola gerak, seperti peregakan, gerakan melompat, hingga goyangan badan.

Manfaat Senam Aerobik

Manfaat dalam melakukan senam aerobik antara lain:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting dalam mengatur aliran darah. Jantung dalam tubuh manusia terdiri dari empat bagian penting yaitu serambi kanan, semabi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri

Jantung sebagai pemopa darah ke seluruh tubuh harus tetap dijaga. Senam aerobik mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Pola gerakan yang terdiri dari gerakan pemanasan statis dan pemanasan dinamis, gaerakan inti hingga pendinginan ini mampu membantu mengatur dan memperlancar detak jantung. Selain itu, melakukan olahraga senam aerobik juga membantu memperkuat kemampuan jantuh karena sistem peredaran darag dalam tubuh lancar.

  1. Meningkatkan stamina

Stamina merupakan kekeuatan atau energi yang dimiliki seseornag untuk dapat melakukan ktivitas fisik dengan intensitas waktu yang lama. Stamina diperlukan tubuh untuk membantu melakukan aktivitas agar tubuh tidak mudah kelelahan.

Senam aerobik dapat membantu meningkatkan stamina tubuh. Stamina tubuh akan melatiih ketika tubuh terbiasa terlatih untuk melakukan gerakan-gerakan yang energik. meskipun melakukan senam aerobik memuuhkan stamina yang tinggi, hal tersebut justru akan membantu meningkatkan stamina. Semakin sering berlatih tubuh akan semakin terbiasa untuk melakukan aktvitas berat yang embuat stamina tubuh menjadi bertambah.

  1. Menyehatkan otot

Otot merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi organ dibagian dalam tubuh, samping tubuh, dan belakang tubuh. Selain itu, otot juga berfungsi untuk melindungi tulang dengan cara menyerap guncangan ubuh dan melindungi tubuh dari gesekan-gesekan pada persendian.

Melakuakn senam aerobik membantu menyehatkan dan meningkatkan kekuatan otot. Dengan melakukan senam aerobik, tubuh melakukan banyak gerakan yang memungkinkan otot bekerja melebihi beban normal atau sering disebut denngan prinsip beban lebih (overload system).

Latihan gerak senam aerobik yang memiliki pola gerakan dengan variasi tertinggi memungkinkan otot untuk melakukan latihan gerak lebih tinggi dan energik dalam waktu yang singkat. Hal tersebut akan membantu meningkatkan kekuatan otot.

  1. Mengurangi stress

Stress seringkali dialami tubuh ketika tubuh memendam pikiran berat. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap mental dan psikis seseorang. Mental dan psikis yag terganggu atau merasa lelah akan menimbulkan stress.

Mlakukan senam aerobik memiliki manfaat untuk mengurangi rasa stress. Hal tersebut karena gerakan dalam senam aeroik memberikan peregangan-peregangan pada tubuh yang membantu memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar pada otak memungkinkan otak untuk berfikir dengan pikiran yang dingin.

Selain itu, gerakan pada senam aerobik yang ringan membantu tubuh menjadi leih rileks. Irama yang digunakan membuat otak lebih frees. Gerakan-gerakan yang lincah seperti melopat, bergoyang, dan mengayun memberikan tubuh energi positif.

  1. Membersihkan arteri

Melakukan olahrag senam aerobik membantu memperlancar peredara darah. Aliran darah yang lancar akan mengurangi menumpuknya darah kotot pada satu bagian tubuh. Hal tersebut membentu membersihkan arteri tubuh.

  1. Mempekuat Sendi

Sendi merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk membantu sistem gerak pada tubuh. Sendi merupakan tempat pertemuan dua tulang. Otot dan sendi yang kuat bergantung pada pola hidup seseornag.

Olahraga secara rutin dipercaya mampu meningkatkan kekuatan tulang sendi. Semakin sering berlatih kekuatan sendi akan meningkat. Olahraga senam aerobik menjadi salah stau jenis olahraga yang dapat membantu meningkatkan kekuatan sendi.

Gerakan yang energik pada senam aerobik mebantu sendi untuk bergerak lebih aktif dan lebih lentur. Hal tersebut tentunya kan mengurangi resiko nyeri sendi pada tubuh.

  1. Membantu memperbaiki sistem pernafasan

Salah satu sistem pernafasan pada tubuh adalah paru-paru. Semakin sering berlaih olahraga akan semakin meningkat pula kesehatan paru-paru. Aliran darah yang lancar pada paru-pru membuat paru-paru dapat memompa udara yang masuk dalam tubuh denga baik.

Untuk menjaga kesehatan paru-paru diperlukan olahrag yang dilakukan secara rutin, salah satunya dengan melakukan senam aerobik. Melakukan senam aerobik membantu sistem pernafasan menjadi leih panjang. Hal tersebut karena paru-paru sudah terbiasa dan terlatih melakukan gerakan-gerakan denagn intensitas berat.

  1. Memperkuat tulang

Melakukan olahraga senam aerobik membantu membuta tulangmenjadi kuat dan padat, khususnya pada tulang kaki, lengan, pinggul, serta tulangn belakang.

Seseorang yang melakukan olahraga secara teratur dan rutin dipercaya akan mendapatkan tulang yang lebih besar. Hal tersebut membuat tulang lebih kuat dalam menopang tubuh dalam keadaan apapun. Kesehatan tulang perlu dijaga untuk mengurangi resiko tulang keropos ketika sudah lanjut usia.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh dapat diperoleh melalui olahraga teratur dan pola makan yang sehat. Olaharaga senam aerobik membantu tubuh meningktakan sistem imun sehingga tubuh tidak mudah terserang berabagi macam penyakit.

Melakukan olahraga senam aerobik secara teratur membnatu meningkatkan jumlah leukosit dan sirkulasi darah serta konsentrasi plasma apabila dilakukan dengan teratur dan durasi latihan yang cukup. Hal tersebut baik bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Tubuh akan melakukan penolakan dan perlawanan ketika ada bakteri jahat atai virus berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Menurunkan berat badan

Melakukan sema aerobik dapat membantu menurunkan berat badan. Lemak dalam tubuh akan terbakar secara perlahan.

Makanan dalam tubuh akan mdah dicerna sehingga memperkecil kemungkinan kelebihan berat badan . Makanan yang masuk dalam tubuh akan diolah menjadi sumber energi yang baik untuk menjaga da meningkatkan stamina tubuh. selain itu, lemak pada tubuh akan dikeluarkan melalui keringat.

  1. Meningktakan fleksibilitas tubuh

Fleksibilitas tubug merupkan kemampuan tubuh untuk melakukan berabagia macam gerak dengan udah dan nyaman.

Melakukan senam aerobik dapat membantu meningkatkan fleksibilitas pada tubuh. Fleksibilitas ini diperoleh melalui latihan-latihan pada senam aerobik yan biasanya ddominasi orang gerakan-gerakan energik  yang mendorong seluruh anggota tubuh untuk ativ bergerak.

  1. Membantu tubuh mengendalikan gula darah

Kadar gula darah merupakan banyaknya zat glukosa dalam darah. Ketika melakukan gerakan olahraga senam aerobik, tubuh membakar gula darah yang akan digunakan sebagai bahan bakar tubuh. Proses seperi inilah yang dapat membantu menurunkan dan mengatur kadar gula darah pada tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah

Tekanana darah tinggi yang dialami seseornag dalam disebabkan oelh ebebrafa faktor. Melakukan senam aerobk secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh. Latihan senam aerobik dipercaya mampu mengurangi tekananan darah hingga 10 mmHg.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, olahraga senam aerobik sebaiknya dilakukan sekitar 40 menit setiap minggu. Namun hal tersebut juga tetap harus menyesuaikan kemampuan tubuh.

  1. Mengurangi resiko berbagai penyakit

Olahraga yang cukup salah satunya dengan melakukan olahraga senam aerobik membantu mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, gangguan pernafasan, lemah jantug, osteoposrsis, darah tinggi, dan lain sebagainya. Hal tersbeut karena tubuh melakukan cukup gerak sehingga memperlancar sistem kerja pada organ tubuh.

  1. Membuat tidur lebih nyenyak

Melakukan senam aerobik juga dipercaya memiliki manfaat untuk memuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal tersebut karena senam aerobik memberikan efek rileks pada tubuh. Tubuh terasa lebih ringan sehingga nyaman untuk tidur.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa manfaat senam aerobik sangat baik jikalau dilaukan secara teratur. Disisi lain, musik dalam olahraga ini digunakan memberikan irama agar gerakan lebih variatif. Antara musik dan gerakan harus memiliki unsur keselarasan. Hal tersebut untuk mendukung unsur keindahan dalam setiap gerakan yang dilakukan

Olahraga senam aerobik terdiri dari beberaap jenis yaitu high impact aerobics, lomw impact aerobic, discorobic, Rockrobik, dan aerobic sport. Masing-masing jenis memiliki pola gerakan dan tingkat kesukaran masing-masing.

Sama seperti jenis senam lainnya, senam aerobik terdiri dari gerakan pemanasan yag dilakukan dengan tujuan untuk melemaskan otot-otot, gerakan inti, yaitu gerakan yang memiliki intensitas gerakan yang lebih tinggi dan lebih lama, pendinginan, yang berfungsi untuk menurunkan frekuensi denyut nadi, serta gerakan langkah kaki.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.