Manfaat Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Diposting pada

Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Metode pembelajaran yang ada di dalam pendidikan jasmani memiliki banyak tujuan dan manfaat bagi peserta didik. Baik yang sedang menemuh studi di sekolah ataupun bahwa perkuliahan. Hal ini tentusaja sangat wajar mengingat arti olahraga memang menjadi aset kesehatan yang paling penting.

Oleh karena itulah objek studi pendidikan jasmani adaftif menjadi kebiasaan yang harus senantiasa dilestarikan dengan mempelejari metode dan teknik olahraga yang baik dan benar.

Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani yang dikenal dengan singkatan Penjas adalah serangkaian proses pembelajaran yang didominasi oleh olah gerak tubuh. Dimana dalam pedidikan jasmani melibatkan interaksi antara peserta didik dengan lingkungan sekitar melalui aktivitas jasmani dan kerohanian.

Disisi lainnya, pembelajaran dalam kebugaran jasmani dirancang secara sistematis untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam bidang olahraga. Kemamapuan psikomotorik dalam hal ini lebih mendominasi dalam proses pembelajaran.

Manfaat Pendidikan Jasmani

Pendidikan jasmani dan olahraga akan memiliki beberap manfaat, antara lain:

  1. Memenuhi kebutuhan gerak

Kebutuhan gerak sangat diperlukan untuk melemaskan otot-otot badan. Melalui kegiatan gerak dan permainan yang menarik membuat anak tertarik dan bergembira melakukannya. Selain bermain, pendidikan jasmani juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk belajar.

Terpenuhinya kebutuhan gerak yang baik pada anak akan membantu proses pertumbuhan anak. Semakin baik anak melakukan aktivitas gerak akan semakin baikpula pertumbuhan anak. Tetapi hal tersebut juga tetap harus memperhatikan intensitas kemampuan anak. Melakukan gerak berlebihan membuat anak mudah lelah dan berisiko mengalami cedera.

  1. Menggali potensi

Banyak anak yang memiliki potensi dalam bidang olahraga tetapi tidak dikembangkan. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya karena faktor ketidaktahuan dan ketidaksadaran anak terhadap potensi yangdimilikinya.

Oleh karenanya, penddikan jasmani berpotensi untuk menggai potensi anak khususnya dalam bidang olahraga. Ketika anak bergerak taupun bermain ia akanmemilih jenis gerk atau jenis permainan yang ia sukai. Dari situ kita tahu bahwa anak memiliki bakat dan potensi untuk dikembangkan dalam bidang tersebut.

Ketika anak melakukan sesuatu yang ia senangi, mereka akan terus menngali dan mencari tahu tentang hal tersebut karena rasa keingintahuan anak yang masih tinggi. Ia akan terus mencoba hal-hal baru berkaitan dengan hal yang ia sukai.

  1. Mencapai perkembangan motorik

Perkembangan motorik anak perlu dilatih untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang dan kemampuan gerak anak. perkembanagn amotorik setiap anak berbeda-beda. Adanya pendidikan jasmani membantu anak untuk berlatih gerak.

Gerak motorik sendiri terdiri dari dua jenis, yiatu gerak motorik kasar dan gerak halus. Gerak motorik kasar melibatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh dengan menggunakan otot-otot besar. Gerak motorik halus hanya menggunakan otor-otot kecil yang dapat dilatih melalui rangsangan-rangsangan untuk melatih kemampuan anak, seperti menyusun puzzle.

Pendidikan jasmani lebih cenderung untuk membentuk perkembangan motorik kasar. Meskipun begitu pola permainan dalam pendidikan jasamnijuga dapat membentuk gerak motorik hasul pada anak.

  1. Mencegah berbagai penyakit

Pendidikan jasmani selain berguna bagi kebugaran tubuh, ternyata berguna juga bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mencegah berbagai penyakit, seperti mencegah terjadinya obesitas dan resiko terjadinya pertensi.

Melakukan ruang lingkup pendidikan jasmani dapat membantu menjaga berat badan agar stabil dan tidak mudah naik sesuai dengan tahap pertumbuhannya. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko terkena obesitas pada anak. Melakukan pendidikan juga mengurangi resiko hipertensi pada anak ketika mereka tumbuh dewasa. Melakukan kebugaran jasmani akan membuta baban tetap ideal dan sehat secara jasmani.

  1. Meningkatkan mood dan kreativitas

Melakukan gerak dan permainan dalam pendidikan jasmani bermanffat untuk meningnkatkan mood dan kreativitas anak. Kegiatan jasmani yang dilakukan secara bersama-sama akan memicu kebahagiaan pada anak.

Dalam hal ini mood anak akan meningkat. Mereka menjadi lebih bersemangat dan merasa senang dengan apa yang mereka lakukan.

Selain itu, melalui kegiatan pendidikan jasmani, kreatifitas anak dapat terbentuk. Anak akan melakukan dan menggali apa yang mereka sukai. Sehingga mereka memiliki potensi lebih banyak untuk mengembangkan dan meningkatkan kreativitas.

  1. Meningkatkan kemapuan otot

Kemampuan otot akan meningkat setelah melakukan olahraga. Otot-otot akan terlatih dan terbiasa untuk melakukan gerak. Kebiasaan ini tentunya akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan otot. Otot yang kuat memudahkan anak untuk melakukan gerak yang lebih bervariasi. Hal tersebut dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.

  1. Menyalurkan energi yang berlebihan

Dalam pendidikan jasmani anak dapat bergerak dan bermain sesuka hatinya. Penggunaan alat dan penggunaan irama untuk menunjang gerak pada anak akan menambah semangat anak untuk berolahraga.

Pada dasarnya anak alami maelebihan energi apabila mereka kekurangan pendidikan jasamani. Oleh karenanya, pendidikan jasmani bermanfaat sebagai alternatif menyalurkan gerak anak. kelebihan energi pada anak yang tidak disalurkan dapat berdampak paad perkembangan mental anak.

Itulah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat mempelajari pendidikan jasmani yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.