Manfaat Lompat Jongkok

Diposting pada

Manfaat dari Lompat Jongkok

Diakui ataupun tidak olahraga lompat jongkok cukup terkenal di Indonesia. Alasannya karena arti olahraga ini memiliki banyak manfaat salah satunya ialah mampu mengurangi ketegangan yang ada dalam otot. Tak khayal dalam kehidupan sehari-hari banyak masyarakat yang melakukannya, baik wanita ataupun pria.

Tetapi yang perlu diperhatikan untuk memperoleh kegunaan loncat jongkok yang maksimal diperlukan teknik dan proses belajar yang mendalam. Hal ini karena dengan berlatih secara bertahap dengan tinggi peti lompat sesuai kemampuanmu sehingga tidak merasa kesulitan terlebih lagi tidak mengalami cedera pada tubuh.

Lompat Jongkok

Lompat jongkok adalah salah satu jenis gerakan loncat yang dilakukan dengan memanfaatkan peti dengan ketinggian sekitar 104 cm, panjang sekitar 120 cm, lebar bawah 84 cm, dan lebar bagian tasa 41,5 cm sehingga bagi seorang atlet untuk latihan kelentukan, latihan kekuatan, dan latihan kecepatan sangat diperlukan.

Manfaat Lompat Jongkok

Manfaat dar melakukan lompat jongkok antara lain:

  1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh perlu dilatih untuk memudahkanmu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan ruang yang baru. Prihal ini mencerminkan bahwa tubuh memerlukan latihan keseimbangan agar tidak terjatuh. Saat tubuh merasa lemas dan cape, kemampuan untuk menopang tubuh akan berkurang.

Latihan lompat jongkok memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dimana untuk gerakan saat melayang diatas papan lompat membutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh. Disitulah keseimbangan tubuh dapat terlatih.

Selain itu, posisi akhir atau posisi pendaratan juga memerlukan keseimbangan sehingga tubuh terbiasa mengatur keseimbangan yang baik.

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Kelenturan tubuh ketika melakukan lompat jongkok diperlukan agar seluruh tubuh dapat melewati peti lompat dengan rileks dalam posisi seperti jongkok. Semakin banyak melakukan latihan lompat jongkok, semakin bertambah pula kelenturan tubuhmu.

  1. Meningkatkan kebugaran

Tujuan lompat jongkok menggabungkan berbagai kemampuan gerak tubuh, seperti latihan kecepatan yang diperoleh ketika lari ancang-ancang, latihan kelincahan yang diperoleh ketika melakukan tolakan, hingga latihan kekuatan yang diperoleh saat kedua tangan menjadi tumpuan tubuh ketika melayang di udara.

Dengan banyaknya kombinasi gerakan, mebuat kebugaran tubuh semakin meningkat. Semakin banyak gerak tubuh tidak mudah merasa lelah. Kebugaran tubuh berpengaruh pula untuk meningkat semangat.

  1. Mengurangi otot tegang

Saat melakukan lompat jongkok, seluruh kerja otot meningkat. Meningkatnya kerja otot dapat mengurangi resiko otot tegang. Otot tegang alah salah satu efek apabila otot jarang bergerak. Gejala otot tegang seperti memar dan kemerahan. Melakukan lompat jongkok sama dengan melakukan peregangan otot agar otot tidak mudah cedera saat melakukan aktivitas berat.

  1. Membakar kalori

Kalori dalam tubuh yang berlebihan memberikan efek tidak baik untuk tubuh. Kelebihan kalori dapat membuat berat badan semakin naik. Hal tersebut akan menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke, obesitas, hingga penyakit jantung.

Melakukan seluruh rangkain gerak pada lompat jongkok dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Semakin banayk gerak akan semakin banyak kalori yang dibakar. Tubh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  1. Mempercepat pertumbuhan

Masa anak-anak hingga remaja adalah masa pertumbuhan seseorang. Dengan melakukan olahraga lompat jongkok, akan terjadi peregangan pada otot. Hal tersebut dapat menambah tinggi badanmu. Kombinasi gerakanan lari hingga melompat pada lompat jongkok membantu tumbuh mengalami pertumbuhan tulang lebih cepat sehingga pertumbuhan tinggi badanpun semakin meningkat khususnya bagi anak-anak.

  1. Menguatkan tulang

Tulang kuat mebantu menopang tubuh lebih baik. setelah menginjak usia 20 tahun, kepadatan tulang akan berkurang. Akibatnya tulang menjadi rapuh. Saat melakukan ancang-ancang dengan berlari, kamu melatih tulang kakimu untuk menjadi kuat.

Ketika kamu melakukan gerakan melayag di udara, kamu menggunakan tangan sebagai tumpuan sehingga meningkatkan kekuatan tulang tangan. Seluruh tulang tubuh bekerja aktiv saat melakukan lompat jongkok.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Saat melakukan lompat jongkok, kamu melakukan formasi gerakan berdiri ke jongkok dengan cepat. Hal tersebut akan meningkatkan tekanan darah arteri, kerja jantung, hingga volume darah sentral. Sehingga secara sederhana, sirkulasi darahmu akan meningkat ketika kamu melakukan lompat jongkok. Sirkulasi darah yang baik berpengaruh terhadap kesehatan tubuh untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Memperkuat tulang kaki

Saat melakukan lompat jongkok, tulang kaki banyak berperan dalam setiap unsur gerak mulai dari gerak awaln, tolakan, dan pendaratan. Hal tersebut membantu menguatkan tulang kaki. Otot kaki akan terangsang pembentukan dan penguatan otot. Otot kaki yang kuat bermanfaat untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Membantu tulang rawan agar lebih fleksibel

Dengan banyaknya kombinasi gerakan kaki pada lompat jongkok, akan membantu tulang rawan menjadi lebih aktiv bergerak. Ketika sedang dalam posisi jogkok setelah melakukan tolakan, membantu merangsang cairan synovial yang berguna sebagai pelumas dan pemasok nutrisi pada tulang rawan. Tulang rawan akan bergerak lebih fleksibel dan luwes.

  1. Melancarkan Buang Air Besar dan kecil

Ternyata posisi jongkok pada lompat jongkok dapat melancarkan buang air besar maupun buang air kecil. Ketika jongkok, ketegangan otot perut akan berkurang sehingga rectum akan melemas dan isi dalam usus dapat dikeluarkan dengan lancar.

  1. Mengencangkan vagina

Bagi perempuan, melakukan lompat jongkok dapat membantu mengencangkan vagina. Gerakan berlari saat melakukan awalan kemudian diikuti jongkok pada lompat jongkok dapat memperkuat otot panggul hingga otot bokong sehingga berimbas pada mengencangnya vagina.

  1. Mencegah penyakit hernia

Hernia adalah penyakit yang disebabkan karena lemahnya otot perut. Gerakan jongkok dalam lompat jongkok membantu menambah kekuatan otot perut. Perut akan memapu menahan beban yang lebih berat. Dengan begitu, kamu tidak mudah mengalami penyakit hernia.

  1. Menurunkan resiko penyakit varises

Penyakit varises adalah penyakit yang menyerang otot-otot kaki. Biasanya penyakit varises terjadi karena tubuh terlalu sering berdiri atau duduk. Dengan melakukan lompat jongkok, kaki akan lebih aktiv melakukan gerakan untuk jongkok. Semakin sering melakukan latihan lompat jongkok akan semakin berkurang pula resiko pendakit varises.

Nah, itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan manfaat melakukan lompat jongkok.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *