Manfaat Kayang dalam Keseharian

Diposting pada

Fungsi Kayang

Banyak sekali jenis-jenis latihan olahraga yang berguna bagi kesehatana badan. Latihan  kelentukan, latian beban, dan lain sebagainnya. Salah satu jenis latihan kelentukan yang sering dilakukan adalaha kayang. Melakukan kayang dapat membuat tubuh semakin fleksibel.

Kayang

Sikap kayang adalah salah satu gerakan dalam olahraga yang tergolong ke dalam jenis senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi panggung dan perut berada di atas. Meskipun terlihat mudah, nyatanya melakukan gerakan kayang tidaua orang bisa.

Manfaat Kayang

Banyak kegunaan yang didapat ketika melakukan gerakan kayang. Beberapa manfaat melakukan gerakan kayang antara lain:

  1. Membantu membentuk Tubuh Ideal

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, seseorang rela melakukan apapun. Cara paling mudah untuk membentuk tubuh yang ideal adalah dengan berolahraga. Melakukan gerakan kayang dapat membantu membakar lemak pada perut yang menyebabkan tubuh tidak mengalami berat badan yang tidak berlebihan. Selain membakar lemak, kayang dapat membantu membentuk otot perut menjadi berorot.

  1. Menguatkan otot-otot tubuh

Kekuatan pada otot-otot tubuh akan meningkat apabila terus dilatih untuk melakukan gerakan-gerakan baik ringan maupun berat dengan syarat sesuai dengan kemampuan. Salah satu gerakan yang dapat dilakukan untuk membentuk otot yang kuat adalah gerakan kayang.

Gerakan kayang terolong dalam gerakan olahraga ringan. Meskipun ringan, tetapi manfaat yang dirasakan sangat besar.

  1. Menambah kelentukan bahu

Pada saat melakukan kayang, anggota badan bagian tangan menjadi tumpuan. Melakukan gerakan kayang secara otomatis meningkatkan peregangan pada bagian otot bahu. Apabila dilakukan secara rutin, otot bahu menjadi lebih fleksibel dan membantu meningkatkan kelentukan sehingga bahu tidak kaku serta tidak mudah merasakan pegal.

  1. Menambah kelentukan perut

Gerakan saat melakukan kayang meningkatkan peregangan pada otot bagian perut. Gerakan kayang yang dilakukan secara rutin dapat membantu menambah kelentukan pada otot perut. Kelentukan pada otot perut membantu mengurangi cidera saat melakuakn aktivitas maupun olahraga berat yang melibatkna kekuatan otot perut.

  1. Terapi pada gangguan pinggang

Sakit pinggang adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh beberapa orang khususnya orang lanjut usia. Sakit pinggang yang sering menyerang adalah nyeri pada pinggang dan pegal linu. Sakit pinggang biasanaya disebabkan oleh kesalahan atau cidera pada pinggang saat melakuakan sesuatu.

Untuk mengurangi gangguan di sekitar pinggang, melakukan olahraga kayang secara rutin dapat menjadi salah solusi. Peregangan pada otot di sekitar pinggang akan menjadi lebih kuat.

  1. Membantu pertumbuhan tubuh

Pertumbuhan otot sangat penting khususnya pada anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Pertumbuhan tubuh dapat diperceopat dengan melakukan kegaiatn olahraga. Jenis olahraga kayang ternyata dapat membantu meningkatkan pertumbuhan pada tubuh.

Pada saat melakukan kayang, otot pada tubuh akan tertarik khususnya otot bagian perut dan punggung. Untuk meningkatkan pertumbuhan pada otot, gerakan kayang perlu dilakuakn secara rutin.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kesehatan jantung sangat penting bagi tubuh mengingat jantung merupakan salah satu organ vital pada tubuh yang berfungsi untuk memompa darah. Dengan melakuakn gerakan kayang, jantung akan berdetak lebih teratur. Hal tersebut akan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Jantung yang sehat membuat hidup menjadi lebih sehat. Detak jantung yang teratur membuat jantung akan tetap sehat.

  1. Melatih kelincahan

Melatih kelincahan dapat dilakukan dengan berbagai macam jenis olahraga di Indonesia, tidak terkecuali dengan gerakan kayang.

Melakukan kayang membuat tubuh menjadi bergerak lebih intens dan lebih rileks dari biasanya. Kelincahan ditimbulkan karena tubuh yang bergerak secara terus menerus sehingga otot-otot menjadi lebih aktif dan memiliki ketahaan yangkuat dalam melakukan setiap gerakan.

  1. Menambah Kelentukan otot tulang belakang

Salah satu manfaat melakukan gerakan kayang adalah untuk melatih kelentukan otot tulang belakang. Saat melakukan gerakan kayang posisi punggung dan perut berada di atas sedangkan kaki dan tangan berada di bawah menmpel pada matras sebagai tumpuan.

Otot punggung/tulang belakang yang terangkat secara teratur dan terus menerus membantu megurasi resiko kaku pada otot serta meningkatkan fleksibilitas dan kelentukan otot.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesehatan tubuh sangat penting untuk dijaga agar aktivitas dapat berjalan lancar. Menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan melakukan olahraga. Arti olahraga kayang membatu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sistem imun pada tubuh menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyaakit. Gerakan dalam sistem kayang membantu penyebaran sistem imun ke seluruh tubuh semakin meningkat. Sehingga virus dan bakteri jahat pada tubuh dapat menghilang.

  1. Membakar Kalori

Kalori pada tubuh seringkali menumpuk akibat tidak melakukan olahraga. Bagi sebagian orang yang tidak gemar terhadap olahraga, melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang membuat badan cepat lelah sangat tidak diinginkan. Oleh karenanya, melakukan gerakan kayang menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan bagi orang-orang yang enggan melakukan olahraga berat.

Salah satu manfaatnya adalah untuk membakar kalori. Meskipun termasuk dalam olahraga ringan, apabila dilakukan secara rutin gerakan kayang dapat membantu membakar lemak pada tubuh khususnya pada bagian perut dan lengan.

  1. Menambah kekuatan lengan dan bahu

Dalam melakukan gerakan kayang, kaki dan tangan menjadi tumpuan. Oleh karenanya diperlukan kekuatan lengan dan bahu yang kuat untuk mmampu menopang tubuh. Bagi pemula gerakan kayang dilakukan dengan jangka waktu yang relatif cepat karena kekuatan otot lengan dan bahu yang belum maksimal.

Setelah melakukan gerakan kayang secara teratur, jangka waktu melakukan gerakan kayang akan semakin lama karena meningkatnya otot lengan dan bahu akibat sering berlatih. Bertambahnya kekuatan otot lengan dan bahu akan semakin memudahkan dalam melakuakn aktivitas menganggkat beban.

  1. Membuat tubuh menjadi rileks

Gerakan kayang merupakan salah satu gerakan yoga. Seperti diketahui bahwa tujuan melakuakn gerakan yoga adalah untuk  menghilangkan stress dan membuat tubuh menjadi semakin rileks serta membantu menenangkan pikiran.

Hal tersebut jug aberlaku pada gerakan kayang. Melakukan kayang dapat membantu tubuh menjadi rileks dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Membantu terapi untuk maslaah pernafasan

Melakukan olahraga kayang ternyata jug abaik untuk membantu memperlancar pernafasan. Ketika melakukan kayang, terjadi pembukaan pada rongga dada. Hal tersebut membuat penyaluran oksigen paru-paru pun meningkat. Hal tersebut membuat pernafasan semakin teratur. Apabila dilakukan secara rutin, kayang dapat dmenjadi salah satu alternatif terapi untuk menangani masalah pernafasan.

  1. Menjaga Kebugaran Jasmani

Setiap olahraga memberikan manfaat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Begitupun dengan olahraga kayang. Melakuan gerakan secara berulang ulang dan dilakukan secara rutin membuat tubuh terasa sehat kembali. Tubuh yang bugar dan sesat memberikan energy positif untuk melakukan aktivitas-aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat tinggi.

Cara Mengawali Kayang

Setidaknya ada dua cara untuk mengawali posisi kayang. Antara lain;

  1. Melakukan gerakan kayang dimulai dari sikap tidur dengan posisi kedua tanagn bertumpu pada matras dan tangan berada tepat di belakang kepala. Kemudian mulai mengangkat bagian perut dan pinggang ke atas. Melakukan kayang dengan cara ini biasanya dilakukan oleh oemula yang masih belajar cara melakukan posisi kayang.
  2. Melakukan gerakan kayang diawali dengan posisi berdiri. Diawali dengan sikap tegak dengan posisi kaki sedikit terbuka. Tangan diangkat ke atas dengan posisi sejajar dengan kaki. Selanjutnya jatuhkan tangan ke bawah dengan cara mengayunkan tangan ke belakang terlebih dahulu hingga tangan menyentuh matras. Cara ini biasanya dilakukan oleh seseornag yang sudah mahir dalam melakukan gerakan kayang dan sering berlatih.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa dalam melakukan gerakan kayang ini tidak perlu tempat atau alat khusus. Jika dilakukan secara rutin, gerakan kayang dapat membantu melentukan bagian otot perut dan pinggang. Sama seperti jenis olahraga lainnya, sebelum melakukan gerakan kayang juga diperlukan pemasan untuk menghindari cidera pada otot tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, gerakan kayang dapat dilengkapi dnegan gerakan sit up dan back up. Hal tersebut karena ketiganya sama-sama melatih otot bagian perut. Selain itu, untuk mendpaatkan hasil yang maksimal perlu diperhatikan juga mengenai cara melakukan kayang yang baik dan benar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan gerakan kayang antara lain: jarak kaki dan tangan, posisi badan melengkup sempurna, siku yang lurus, posisi kepala dan pandanagan mata harus diluruskan ke belakang jangan menengadah ke atas.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami posting bagi semua pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan kayang pada tubuh dalam kegiatan sehari-hari. Semoga memberi pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkan referensinya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *