Manfaat Bermain Bola Voli bagi Manusia dalam Keseharian

Diposting pada

Bermain Bola Voli

Voli merupakan salah satu jenis olahraga di Indonesia yang terkenal dalam berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Di Indonesia sendiri terdapat banyak tempat pelatihan bermain voli yang dapat diikuti sejak dini. Olahraga voli merupakan salah satu cabang permainan bola besar yang dimainkan secara berkelompok. Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain.

Permainan bola voli dipisahkan oleh net dan setiap regu berlomba mencapai poin 25 untuk memperoleh kemenangan. Permainan juga dibagi menjadi 2 sampai dengan 3 babak. Terdapat beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli meliputi servis, passing, smash, bloking yang harus dikuasai oleh pemain bola voli.

Bermain Bola Voli

Dalam menunjang bermaian bola volly terdapat serangkaian latihan yang dapat dilakukan agar memperoleh manfaat yang besar dalam bermain voli. Mulai dari yang paling dasar yaitu peregangan yang wajib dilakuakn sebelum bermain voli. Sehingga diharapkan tidak akan terjadi cidera saat melakukan permaina voli. Kemudian latihan kecepatan, kecepatan merupakan hal wajib yang harus dikausi oleh pemain voli. Karena pemain voli harus dapat dengan sigap memukul bola yang datang dari arah lawan. Pergerakan bola dalam permainan voli juga snagat cepat sehingga diperlukan pula kecermatan saat bermain voli.

Karena voli juga merupakan permaian yang dilakukan secar beregu penting pula untuk menjaga kekompakan tim. Selian kesehatan jasmani yang akan diperoleh pemain voli juga dapat melatih interaksi sesama pemain.

Setiap pemain harus mempunyai intuisi kapan maju emukul bola dan kapan memeberikan kesempatan kepada teman untuk memukul bola.s ehingga akan diperoleh tujuan dari tim yaitu mengumpulkan poin sebnanyak banyaknya dan memperoleh kemenangan.

Manfaat Bola Voli

Dalam permainan bola voli terdapat bnayak manfaat yang dirasakan. Berikut merupakan 10 manfaat dalam bermain voli antara lain :

  1. Meningkatkan stamina

Dalam bermain voli memerlukan stamina yang cukup besar. Karena meskipun olahraga voli bukan termasuk olahraga yang memerlukan kegiatan berlari namun ternyata tetap dibutuhkan stamina yang ekstra. Stamina yang bagus dapat diperoleh dnegan rajin berlatih bermain voli . untuk berlatih voli sendiri terdapat beberapa latihan fisik yang harus dipelajari.

Misalnya dengan setiap hari melakukan peregangan dan melakukan latihan otot tangan. Karena dalam permainan voli sebagian besar kegiatan yang dilakukan dengan tangan. Mulai dari servis, blocking, dan smash. Selian itu, latihan kecepatan juga diperlukan dalam bermain voli. Latihan kecepatan dapat diasah dengan latihan lari cepat dimana tujuannya adalah untuk menaikan kecepatan otot tungkai ketika sedang bermain di lapangan.

  1. Mengurangi kecemasan

Berbagai olahraga dapat digunakan untuk mengurangi stress atau kecemasan. Salah satunya yaitu olahraga voli yang bermanfaat bagi kesehatan mental. Kecemasan terjadi karena aktivitas yang berlebihan pada otak yang berhubungn dengan emosi dan perilaku.

Dengan adanya gangguna kecemasan yang berlebihan dapat menyebabkan kegelisiahan sepnajang waktu dan menganggu berbagai aktivitas dalam kehidupan.

Oleh karena itu, arti olahraga akan membantu mengurangi kecemasan karena saat berolahraga seseorang akan fokus pada kegiatan olahraga tersebut. Sehingga melakukan kegiatan olahraga voli selian bermanfaat bagi kesehatan jasmani juga bermanfaat bagi kesahan rohani. Karena pikiran akan menjadi segar dan merasa senang dalam permainan yang mengasah adrenalin untuk menang.

  1. Mencegah Osteoporosis

Olahraga voli merupakan jenis olahraga yang banyak membutuhkan gerak. Gerakan-gerakan dalam permaian bola voli akan membuat tulang menjadi sehat seklaigus akan mencegah terkena osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang berkurang.

Sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Namun, berbahayanya osteoporosis tidak hanya dapat menyerang lansia namun dapat juga dialami oleh anak-anak hingga dewasa.

Meskipun gejala osteoporosis jarang diketahui namun penyakit tersebut perlu untuk diwaspadai dan dicegah. Salah satunya dengan cara rajin melakukan olahraga yaitu olahraga permainan bola voli yang termasuk olaharga dengan banyak pergerakan.

  1. Membakar Lemak

Salah satu manfaat dari bermain voli adalah dapat membakar lemak. Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat diatasi dengan rajin melakukan olahraga. Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabakan obesitas yang berbahaya bagi tubuh.

Penyakit yang dapat disebabkan oleh menumpuknya lemak di tubuh adalah penyakit jantung, stroke dan paru-paru. Menumpuknya lemak di tubuh disebabkan oleh makan yang berlebihan sehingga menyebabkan menumpuknya lemak jenuh dalam tubuh.

Dengan melakukan olahraga voli yang memerlukan bnayak pergerakan dapat membantu membakar lemak dalam tubuh. Apalagi jika bermain voli dapat dilakukan dengan sungguh-sungguh dan secara rutin. Sapat meneybabakan tubuh menjadi sehat serta dapat mengontrol berat badan sehingga terhidar dari obesitas akibat lemak yang berlebihan.

  1. Memperlancar Metabolisme

Metabolisme yang lancar dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Metabolisme merupakan proses alami dari tubuh yang berperan dalam membakar kalori dan dapat membantu menurunkan berat badan. Sehingga metabolisme yang lancar dapat membakar lebih bayak kalori sehingga dapat membantu menurunkan berta badan.

Sehingga dengan melakukan olahraga voli secara sungguh-sungguh dan dengan prosedur yang benar dan diiringi dengan makan makanan yang bergizi dapat membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh.

  1. Memperbaiki kinerja otot dan syaraf

Dengan bermain voli dapt menyelaraskan kinerja dari otot dan juga syaraf dalam tubuh. Permainan voli membuthkan gerakan yang cepat dan juga tangkas untuk memperoleh bola sehingga dapat menang karena menggumpulkan banyak poin.

Karena gerakan yang cepat dan tangkas tersebut kinerja otot dan syaraf dapat diperbaiki. Syaraf dan otak juga memiliki hubungan tersendiri yang diatur oleh pusat kendali dalam tubuh yaitu otak. Sehingga kesehatan otot dan syaraf dapat mempengaruhi kegiatan motorik tubuh.

Seiring pertambahan usia kinerja otak, otot, dan syaraf juga mengalami penurunan. Penururnan kinerja otot dan syaraf dapat ditunda dengan melakukan olahraga secara teratur. Salah satunya melakukan olahraga voli yang mempunyai banyak pergerakan.

  1. Memperbaiki konsentrasi

Konsentrasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan fokus yang membutuhkan perhatian lebih. Dalam kegiatan sehari-hari banyak aktivitas yang membutuhkan konsentrasi mulai dari belajar hingga bekerja. Apabila tidak dapat berkonsentrasi dalam satu hal dapat menyebabkan kekeliruan yang tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga dapat merugikan orang lain.

Dengan bermain voli dapat meningkatkan konsentarsi. Karena pemain voli akan fokus pada pergerakan bola yang cepat. Selian itu pemian voli juga harus memperhatikan posisi baik posisi teman setim juga posisi lawan sehingga dapat menempatkan bola di area yang tepat dan mendapatkan poin tambahan.

Oleh karena itu, jika terbiasa bermain voli akan meningkatkan konsentrasi sehingga jika melakukan suatu pekerjaan juga akan fokus.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Kesehatan jantung dapat terbentuk melalui pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan makan makanna yang bergizi. Salah satu olahraga yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung adalah olaharag voli.

Karena dalam bermain voli akan melakukan banyak pergerakan dan mengeluarkan banyak keringat. Sehingga jantung dapat memompa darah secara prima ke seluruh tubuh. Dengan bermain voli yang dapat meningkatkan kesehatan jantung juga akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Pemain bola voli harus pandai dalam mengkoordinasikan anatara mata dan gerakan tangan. Karena peregarakan bola yang sangat cepat dan tajam dalam permainan bola voli menyebabkan pemain harus pandai menyelaraskan antara mata dan juga tangan.

Sehingga intuisi pemain voli juga sangat terlatih kapan harus maju dan kapan harus mengalah saat teman yang akan memukul bolanya. Pemain voli juga harus sigap dalam memukul bola voli yang datang sehingga tim tidak akan kehilangan poin.

  1. Membetuk tubuh

Permainan bola voli yang sesuai prosedur mulai dari latihan, pemanasan hingga pertandingan membutuhkan tenaga dan juga stamina yang ekstra. Sehingga pemain akan terbiasa dengan latihan otot dan latihan kebugaran. Mulai dari kegiatan pemanasan statis, latihan ketangkasan, latihan kecepatan semua harus dikausi oleh pemain voli sehingga dapat menjadi pemain profesional dan akna membawa kemenangan dalam tim.

Namun, dalam bermain bola voli tidak hanya berfokus pada kemengan dan poin yang diperoleh. Sehingga lebih dari itu tujuan utama dari bermain voli dalah menjadapatkan kesehatan baik secara jasmani maupun rohani yang diperoleh oleh tubuh.

Itulah tadi artikel lengkap yang bisa kami uraian pada segenap pembaca. Berkenaan dengan ragam manfaat bola voli bagi manusia yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberik edukasi bagi kalian yang hobi melakukan olahraga ini.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *