Macam Olahraga Ekstrim dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Olahraga Ekstrim

Olahraga ekstrem adalah aktivitas yang dianggap memiliki risiko tingkat tinggi. Aktivitas-aktivitas tersebut sering melibatkan ketangguhan dalam latihan kecepatan, tinggi, aktivitas fisik, dan peralatan yang sangat terspesialisasi. Olahraga ekstrim, juga dikenal sebagai olahraga aksi atau olahraga alternatif, yang mengacu pada even olahraga atau aktivitas yang ditandai dengan kecepatan tinggi dan risiko tinggi.

Jenis olahraga yang termasuk dalam olahraga ekstrem misalnya skateboard, snowboarding, ski freestyle, BMX bersepeda gunung, dan bermacam-macam olahraga lainnya yang memang memiliki resiko tinggi. Istilah olahraga ekstrem umumnya dikaitkan dengan X Games, festival olahraga yang dibuat untuk televisi yang dibuat oleh jaringan kabel ESPN pada tahun 1995. Keberhasilan X Games meningkatkan profil dan kelayakan ekonomi dari olahraga ini.

Olahraga Ekstrem

Olahraga ekstrim adalah kegiatan rekreasi yang dianggap melibatkan risiko tingkat tinggi. Sedangkan dalam definisinya olahraga ekstrem tidak tepat dan asal usul istilahnya tidak jelas, tetapi ia memperoleh popularitas pada 1990-an ketika diambil oleh perusahaan pemasaran untuk mempromosikan X Games dan ketika Extreme Sports Channel dan Extreme Sports Company diluncurkan.

Sementara penggunaan istilah “olahraga ekstrem” telah menyebar di mana-mana untuk menggambarkan banyak kegiatan yang berbeda, justru olahraga mana yang dianggap ‘ekstrem’ masih bisa diperdebatkan.

Namun, ada beberapa karakteristik yang biasa dimiliki oleh sebagian besar arti olahraga ekstrem. Walaupun mereka bukan domain eksklusif remaja, olahraga ekstrem cenderung memiliki target demografis yang rata-rata adalah kaum muda. Akan tetapi, olahraga ekstrim juga jarang disetujui oleh sekolah karena kurikulum pendidikan jasmani mereka karena memang beresiko.

Macam Olahraga Ekstrim

Berikut ini macam-macam olahraga ekstrem, antara lain:

  1. Acroyoga

Gambar Olahraga Acroyoga
Olahraga Acroyoga

Acroyoga ialah kombinasi antara akrobat (acrobat) dan yoga. Berlatih acroyoga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Acroyoga biasanya dilakukan berpasangan sekitar 2 sampai 3 orang.

Ada 3 jenis posisi dalam acroyoga yaitu, posisi dibawah, posisi atas, posisi menjaga agar ketika terjadi kesalahan, posisi atas dapat mendarat dengan selamat. Meskipun olahraga ekstrem yang satu ini dapat melatih kekuatan, keseimbangan dan konsentrasi, tetap harus dilakukan dengan hati-hati, karena bisa menyebabkan luka cukup serius jika terjatuh.

  1. Base Jumping

Gambar Olahraga Base Jumping
Olahraga Base Jumping

Base jumping ialah olahraga ekstrem yang membutuhkan parasut. Cara melakukan base jumping yaitu melompat dari tempat tinggi, lalu pada ketinggian tertentu sebelum mencapai tanah, parasut sudah harus dibuka.

Kita harus berhati-hati dalam melakukan olahraga ini karena kegagalan perhitungan ketika membuka parasut bisa mengakibatkan kematian. Base jumping secara sekilas memang mirip dengan bungee jumping, tapi dalam bungee jumping, pengaman yang digunakan berupa tali lentur.

  1. Sky Diving

Gambar Olahraga Sky Diving
Olahraga Sky Diving

Sky diving atau terjun payung ialah olahraga yang dilakukan dengan cara melompat dari atas pesawat terbang. Tentu tidak ini bukan sekedar melompat, tapi kita harus menyiapkan beberapa peralatan seperti parasut.

Olahraga ekstrem yang satu ini juga diperlombakan. Dalam perlombaan para sky divers akan membentuk formasi tertentu yang menarik untuk dilihat. Mereka pun juga harus berhati-hari dalam melakukannya karena taruhannya adalah nyawa, apabila salah satu kali saja, maka tidak akan pernah menemukan kesempata kedua.

  1. Snow Skiing
Gambar Olahraga Snow Skiing
Olahraga Snow Skiing

Snow skiing atau ski salju ialah olahraga mengendarai sebuah papan seluncur pada medan bersalju. Para peluncur biasnaya akan naik ke sebuah bukit tinggi dengan menaiki kereta gantung atau dengan berjalan kaki. Selanjutnya mereka akan meluncur dari atas.

Perlatan yang dibutuhkan dalam jenis olahraga ini berupa ski salju dan 2 buah tongkat untuk membantu keseimbangan.

  1. Capoeira

 

Gambar Olahraga Capoeira
Olahraga Capoeira

Capoeira ialah seni beladiri yang disamarkan sebagai tarian oleh para budak Afrika di Brazil sekitar tahun 1500-an. Hal itu dilakukan karena para budak yang belajar beladiri dikhawatirkan dapat memberontak. Capoeira biasanya dilakukan dengan iringan musik. Titik berat gerakan capoeira yaitu pada keseimbangan dan tendangan.

  1. Geocaching

Gambar Olahraga Geocaching
Olahraga Geocaching

Geocaching ialah permainan treasure hunt dengan menggunakan bantuan GPS, yang berguna untuk menunjukkan koordinat dari treasure/barang yang dicari. Barang akan disimpan dalam sebuah kotak atau tempat dengan menggunakan logo sebagai penanda.

Barang tersebut bisa disimpan dimanapun, bisa di bawah pohon, di dalam kolam, maupun di sekitar kuburan. Akan tetapi, permainan ini sedikit menjadi kontroversi, sebab kegiatan mencari barang dapat dicurigai oleh pihak berwajib.

  1. Hang Gliding

Olahraga Hang Gliding
Olahraga Hang Gliding

Hang Gliding atau Gantolle ialah olahraga yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa gantolle. Gantolle atau layang gantung memiliki bentuk seperti kerangka pesawat dengan pilot yang menaikinya.

Olahraga yang satu ini dilakukan dengan cara melompat dari atas bukit tinggi, kemudian terbang dengan mengandalkan hembusan angin. Akan tetapi, penghobi olahraga ini memang sangat terbatas karena berbahaya dan membutuhkan peralatan mahal. 

  1. Motocross

Gambar Olahraga Motocross
Olahraga Motocross

Motocross merupakan motor khusus yang didesain untuk balapan pada medan off road. Motocross digunakan hanya untuk balapan, sebab motor ini tidak mempunyai perlengkapan standar untuk masuk ke jalan raya seperti spion dan lampu.

Mesin motorcross memiliki kapasitas 125-450cc dengan ban pacul yang berkualitas tinggi. Apabila kita melihat motocross di jalan raya, kemungkinan yang kita lihat ialah motor dual purpose atau motor trail sepeti Kawasaki KLX. Motor trail adalah motor yang bisa dikendarai di jalan raya (memiliki kelengkapan) dan medan off road.

  1. Mountain Biking

Gambar Olahraga Mountain Biking
Olahraga Mountain Biking

Mountain Biking atau Sepeda Gunung merupakan sepeda yang digunakan untuk melewati medan berat, seperti daerah pegunungan atau hutan-hutan. Olahraga ekstrem yang satu ini cukup digemari, sebab selain menyehatkan, kita bisa menghirup udara segar di pegunungan  serta melihat pemandangan alam yang indah.

Olahraga sepeda gunung pertama kali dipamerkan pada New York Bike Show pada tahun 1981. Pada mulanya sepeda gunung diramalkan tidak akan pernah populer. Akan tetapi, kini  80% sepeda yang terjual di Amerika serikat adalah sepeda jenis ini.

  1. Paragliding

Gambar Olahraga Paragliding
Olahraga Paragliding

Paragliding ialah olahraga terjun bebas dari bukit dengan menggunakan sayap berbahan parasut dan memanfaatkan tenaga angin. Angin tersebut berguna untuk mengangkat parasut, kemudian kita dapat mengendalikan paragliding dengan menarik tali yang berfunsi sebagai kemudi.

Peralatan yang dibutuhkan dalam olahraga ini antara lain parasut, harness, parasut cadangan dan helem. Peralatan tersebut cukup praktis sebab dapat dimasukkan kedalam ransel dan digendong di punggung.

  1. Gulat

Gambar Olahraga Gulat
Olahraga Gulat

Salah satu bentuk olahraga ekstrem yang mungkin lazim kita kenal adalah gulat. Dimana pengertian olahraga gulat ini sangat membahayakan bagi sebagian orang yang memang belum terbiasa dalam latihan fisik dan juga latihan kekuatan dalam mengelola badannya. Oleh karena itulah seyogyanya jenis olahraga ini dihindari oleh sebagian orang.

Dari contohyang termasuk olahraga ekstrem ini dapatlah dikatakan jika melatih daya tahan dengan berolahraga seperti ini senantiasa melibatkan kecepatan, ketinggian, aktivitas fisik tingkat tinggi, dan peralatan yang sangat khusus.

Meskipun beresiko, olahraga ekstrim dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental dan fisik kita, antara lain:

  1. Kemampuan untuk tetap fokus

Melakukan olahraga ekstrem secara teratur sebenarnya dapat mengubah susunan kimiawi pikiran. Ketika ini terjadi, kita menjadi lebih mampu untuk tetap tenang dan fokus selama situasi yang penuh tekanan. Dalam hidup kita, kita akan menemukan bahwa kita lebih bijak dalam mengelola stres atau masalah kita.

  1. Penghilang stress

Olahraga ekstrem sebenarnya adalah penghilang stres. Bahan kimia dopamin, yang diinduksi oleh otak, akan membantu kita tetap bahagia. Saat melakukan olahraga ekstrem seperti panjat dinding atau melompat dari pesawat, kita dapat melihat dunia dalam sudut pandang yang berbeda, yang juga membuat kita merasa terburu-buru puas.

  1. Menurunkan berat badan

Ini sepertinya tidak perlu dipikirkan, karena olahraga ekstrem benar-benar mengharuskan kita untuk berolahraga. Poin bonusnya adalah olahraga ekstrem jauh lebih menyenangkan daripada olahraga biasa. Satu jam rafting dapat membakar hingga 500 kalori, yang merupakan latihan yang bagus jika kita ingin tetap bugar.

  1. Otot yang sehat

Olahraga ekstrem membutuhkan otot kita untuk bergerak dengan cara yang tidak biasa daripada aktivitas harian kita. Ya, itu dapat menyebabkan rasa sakit setelahnya, tetapi sebenarnya itu baik untuk kebugaran fisik kita secara keseluruhan.

Ketika kita melakukan olahraga ekstrem, kita akan mulai melatih otot yang berbeda, dan ini akan menjadi hal yang positif untuk kesehatan kita.

  1. Jantung yang lebih sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang mengambil liburan aktif memiliki peluang sangat kecil untuk mengalami serangan jantung. Studi dan penelitian menunjukkan bahwa mereka yang melakukan olahraga aktif memiliki peluang sangat kecil untuk mengalami serangan jantung.

Ketika kita aktif, hal itu juga akan mengurangi stres dan kecemasan, yang pada gilirannya mengurangi tekanan darah.

Dari penjelasan yang telah dikemukakan maka dapatlah dikatakan bahwa olahraga ekstrim adalah olahraga yang memiliki tingkat risiko yang dipersepsikan tinggi, tidak harus tingkat risiko aktual yang tinggi. Istilah itu sendiri adalah istilah yang salah, karena aktivitas tersebut tidak selalu ‘olahraga’. Kegiatan berisiko tinggi yang dipersepsikan dapat juga termasuk dalam definisi tersebut.

Kecepatan tinggi dan adrenalin (atau produksi zat lain, seperti endorfin dan dopamin, yang sering disalahartikan sebagai adrenalin) bukan persyaratan teknis agar suatu kegiatan menjadi olahraga ekstrem, tetapi sering dikaitkan. Semoga ulasan macam-macam olahraga ekstrim dan penjelasannya ini bisa memberikan edukasi.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *