Macam Gerak Ritmik dan Tahapannya

Diposting pada

Jenis Gerak Ritmik

Berbicara mengenai berbagai macam gerak ritmik, pada dasarnya gerak tersebut seringkali menjadi satu rangkaian yang sering dinamakan senam ritmik.

Perlu anda ketahui arti kata dari ritmik itu sendiri sebenarnya adalah gerakan yang diiringi dengan suatu musik. Maka dari itu rangkaian gerak ritmik ini disebut pula sebagai salah satu unsur senam ritmik yang menjadi satu kesatuan utuh.

Gerak Ritmik

Gerak ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik. Biasanya setiap gerakan memiliki fungsi sendiri-sendiri baik untuk membentuk bagian tubuh, mengencangkan, kebugaran jasmani, dan lain sebagainya. Latihan gerak ritmik juga bisa bebas dilakakukan dan akan lebih mengasyikan lagi jika gerakan sesuai dengan senam irama yang ada.

Oleh karena itulah, gerak ritmik ini dikatakan pula sebagai gerakan yang dapat menyatukan rasa seni rasa keindahan atau untuk membina dan meningkatkan seni gerak itu sendiri. Pada prinsipnya gera ritmik merupakan suatu gerakan yang didalamnya tidak hanya gerak semata, melainkan ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari gerakan-gerakan yang sudah dirangkai tersebut.

Macam Gerak Ritmik

Macam gerak ritmik juga dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu;

  1. Menggunakan alat bola

Gerak ritmik dengan menggunanakan alat bantu bola bisa dilakukkan dengan catatan bahwa bola harus selalu diam pada telapak tangan walaupun tidak dicengkeram dengan jari. Maka dari itu, usahakan agar bola yang di gunakan dalam gerak ritmik ini memiliki ukuran yang sedang, dimana ukurannya kira-kira sama seperti ukuran bola tangan atau bola voli.

Selanjutnya pada saat anda melakukan gerakan melambungkan bola, maka tenaga harus datang dari bahu dengan lengan lurus dan gerakan hendaknya mulai dari kaki ke seluruh tubuh dengan enjotan yang rileks. Apabila anda hendak menangkap bola, maka jemputlah dengan ujung jari-jari dan biarkan menggelundung  turun  ke  telapak  tangan.

Sedangkan untuk gerakan mengayun dan menggelundungkan bola, maka raihlah bola menggunakan pergelangan tangan, dimana bola berada di antara telapak tangan dan lengan bawah. Sebagai informasi, latihan gerak ini akan lebih mudah dan menyenangkan apabila anda lakukan dengan menggunakan musik.

  1. Menggunakan tali

Gerak ritmik menggunakan tali merupakan salah satu jenis gerakan yang termasuk ke dalam kategori latihan peregangan dan  pengembangan  daya  tahan  umum, selain itu juga dianggap untuk penguatan  kaki  dan tungkai.   Gerak ritmik dengan tali ini biasanya berupa loncatan atau lompatan.

Gerak lompatan tali umumnya jika dilakukan secara terus menerus maka akan membuat tubuh merasa mudah lelah. Oleh karena itu sebaiknya pada saat melakukan enis gerak ritmik yang satu ini anda harus memberikan waktu istirahat dan gerakan bisa divariasikan agar lebih asyik.

  1. Menggunakan simpai

Apakah anda tahu apa itu simpai? Simpai adalah alat yang bentuknya mirip dengan cincin namun ukurannya besar dan terbuat dari fiber glass atau jika untuk  digunakan anak-anak maka bisa dibuat dari satu bilah bambu atau rotan yang  dipertemukan kedua ujungnya sehingga membentuk lingkaran.

Sedangkan untuk teknik-teknik gerakan simpai sendiri anda memerlukan tenaga yang kuat agar bisa membantu mengembangkan  kekuatan,  koordinasi  dan  kelentukan  ekstrimitas (anggota tubuh) atas terutama lengan dan bahu.

  1. Ayunan Lengan

Gerak ritmik ayunan lengan biasanya lebih menonjolkan gerakan yang terjadi pada lengan itu sendiri. Sedangkan cara yang baik untuk melakukan gerakan ini yaitu:

  1. Posisikan tubuh atau badan agar mampu berdiri dengan tegak.
  2. Kemudian rapatkan kaki dan kedua lengan lurus kedepan.
  3. Hitungan ke satu putar lengan kiri ke belakang.
  4. Selanjutnya pada hitungan ke dua, putar kembali lengan kiri ke depan.
  5. Dan pada hitungan ke tiga putar lengan kanan ke belakang.
  6. Terakhir pada hitungan ke emat, putar kembali lengan kanan kedepan. Anda bisa melakukan gerakan tersebut sebanyak 2 × 8 hitungan.
  1. Lengan dan Badan

Gerak putar lengan dan badan yaitu mengkombinasikan gerak antara lengan dan badan anda secara rileks. Untuk melakukan gerak ini anda dapat melakukannya melalui cara sebagai berikut :

  1. Pastikan tubuh agar berdiri tegak.
  2. Bukan kaki selebar bahu dan kedua lengan disamping kanan atau kiri.
  3. Hitungan ke satu ayunkan kedua lengan ke atas sambil memutar badan setengah lingkaran ke kiri.
  4. Hitungan ke dua putar badan seperempat kekiri dan putar melalui kiri ke samping.
  5. Hitungan ke tiga, lakukan gerakan seperti hitungan satu.
  6. Terakhir, hitungan ke empat, lakukan gerakan seperti gerakan pada hitungan ke dua
  1. Putaran kedua lengan ke depan

Cara melakukan gerak ritmik yang satu ini cukup mudah yaitu dengan tahap-tahap sebagai berikut;

  1. Usahakan agar tubuh berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu dengan posisi kedua tangan disamping kanan.
  2. Pada hitungan ke satu, lakukan gerakan dengan cara memutar kedua lengan didepan badan kekiri.
  3. Pada hitungan ke dua, putar kembali kedua lengan di depan badan ke kanan.
  4. Kemudian pada hitungan ke tiga, lakukan gerakan seperti hitungan ke satu.
  5. Terakhir atau pada hitungan ke empat, ulang kembali gerakan seperti hitungan ke dua dan lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.
  1. Gerak Ayunan Lengan lurus ke bawah

Gerakan yang satu ini bisa dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu sebagai berikut :

  1. Badan berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu dan kedua tangan direntangkan.
  2. Selanjutnya luruskan lengan ke kiri ke atas di samping telinga, sedangkan lengan kanan ke bawah silang di depan badan.
  3. Kemudian luruskan lengan kanan ke atas di samping telinga dan lengan kiri ke bawah silang di depan badan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.
  1. Putaran Kedua Lengan Bersamaan

Gerak putaran kedua lengan secara bersamaan bisa dilakukan melalui cara berikut ini:

  1. Tegakkan badan dengan posisi kaki yang rapat dan kedua lengan lurus ke depan.
  2. Pada hitungan satu, lakukan gerakan putaran pada kedua lengan yang arahnya ke belakang.
  3. Selanjutnya putar kedua lengan ke kanan.
  4. Putar kembali kedua lengan ke belakang dan kembali pada sikap semula.

Tahapan Gerak Ritmik

Gerak ritmik pada umumnya bisa dilakukan melalui beberapa tahapan diantaranya adalah sebagai berkut ini:

  1. Persiapan

Pada tahap ini anda bisa menyiapkan berbagai alat yang dapat anda gunakan atau pakai dalam melakukan gerakan misalkan tali, simpai, tongkat dan lain sebagainya.

  1. Pemanasan

Gerakan pemanasan statis dan pemanasan dinamis dilakukan untuk merilekskan tubuh agar tidak kaget pada saat melakukan gerakan ritmik. Gerak pemanasan bisa diawali dengan beberapa gerakan contohnya menggelengkan kepala, jalan ditempat dan lain sebagainya.

  1. Pelaksanaan

Tahap pelaksanaan diawali dengan cara menyiapkan tubuh atau badan agar mampu berdiri secara tegak dan membuka kaki selebar bahu.

  1. Inti

Gerakan inti disini dilakukan dengan cara melakukan berbagai gerakan ritmik mulai dari mengayun, menyamping, dan memposisikan lengan lurus kedepan serta lain sebagainya.

  1. Pendinginan

Gerakan pendinginan umumnya bertujuan untuk melenturkan otot-otot tubuh, mengatur pernafasan, dan menenangkan atau mendinginkan kondisi tubuh.

  1. Akhir gerakan

Tahap akhir dari gerak ritmik yaitu dengan mengembalikan posisi badan atau tubuh ke arah sediakala seperti diawal.

Selai itupula dalam senam ritmik biasanya ada yang menggunakan alat. Adapun alat tersebut diantaranya yaitu simpai, pita, tali, selendang, gada, tongkat dan lain sebagainya.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis-jenis gerak ritmik dan tahapan dalam melakukan senamnya. Semoga memberi edukasi untuk kalian semuanya yang sedang memerlukan referensinya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *