Pengertian Lompat Harimau, Teknik Dasar, Tujuan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Lompat Harimau Adalah

Lompat harimau yang dikenal pula dengan tiger sprong merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam gerakan senam lantai. Pada dasarnya, gerakan lompat harimau adalah gerakan pengembangan dari gerakan salto. Seperti halnya jenis olahraga lainnya, lompat harimau mempunyai beberapa teknik tertentu dalam pelaksanaannya. Menguasai teknik yang tepat dapat berfungsi untuk menghindari adanya resiko cidera ringan maupun fatal.

Teknik lompat harimau tersebut meliputi teknik sikap awalan, teknik lompatan dan gulingan, serta teknik sikap akhir pendaratan. Tapi apabila gerakan lompat harimau dilakukan dengan benar, terdapat beberapa manfaat yang dapat kita peroleh diantaranya yaitu menambah kelenturan tubuh, membuat tubuh langsing, meningkatkan kesehatan jantung, dan lain-lain.

Lompat Harimau

Loncat harimau hakekatnya dimaknai sebagai sikap loncatan membusur dengan posisi kedua tangan lurus ke depan ketika melayang dan diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan dan sikap akhir jongkok.

Lompat harimau termasuk salah satu dari beberapa gerakan dalam senam lantai. Tekniknya pun hampir sama dengan guling depan, hanya saja, dalam lompat harimau menggunakan tolakan kedua kaki, lompatan dan melayang di udara.

Pengertian Lompat Harimau

Lompat harimau merupakan gerakan melompat dengan beberapa rintangan (mirip seperti lompatan harimau). Perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya, gerakan lompat harimau adalah pengembangan dari gerakan salto ke depan. Dibandingkan dengan salto depan, gerakan lompat harimau dilakukan dengan gerak lompatan ketika di udara jaraknya lebih jauh.

Melakukan olahraga yang satu ini pada anak-anak yang dapat dilakukan dengan sikap awalan atau permulaan yaitu berdiri dan diakhiri dengan berguling ke depan sangat menarik dilakukan, terlebih lagi ketika anak-anak diberikan tantangan untuk menempatkan penanda tertentu di depan matras atau dengan menggunakan rintangan.

Misalnya dengan menggunakan peti lompat atau pada teman yang membungkuk, sehingga anak-anak berusaha melompat melewati penanda dan diakhiri dengan menggulingkan tubuh mereka ke depan sebanyak dua kali atau tiga kali.

Pengertian Lompat Harimau Menurut Para Ahli

Adapun definisi lompat harimau menurut para ahli, antara lain:

  1. Collins Dictionary, Lompat harimau adalah gerakan melompat, kita menekuk lutut, mendorong ke tanah dengan kaki kita, dan bergerak cepat ke atas ke udara.
  2. Macmillan Dictionary, Melompat harimau adalah yang dilakukan untuk menggerakkan tubuh kita dari tanah menggunakan kaki kita. Sehingga untuk menggerakkan tubuh kita di atas sesuatu dengan mendorong diri kita sendiri dari lantai menggunakan kaki kita. Oleh karena itulah untuk mendorong diri sendiri, atau membiarkan diri kita jatuh, dari tempat yang tidak jauh di atas tanah.
  3. Your Dictionary, Melompat harimau dapat didefinisikan sebagai gerakan untuk mendorong diri sendiri ke atas atau melewati jarak dalam satu gerakan cepat atau serangkaian gerakan semacam itu.

Teknik Dasar Lompat Harimau

Dalam melakukan lompat harimau dibutuhkan kekuatan bahu, lengan dan tangan agar dapat melakukan gerakan ini dengan benar. Teknik yang perlu kita kuasai untuk dapat melakukannya dengan benar ada tiga yaitu sikap awalan, lompatan dan gulingan, dan akhir pendaratan. Berikut penjelasannya:

Teknik Sikap Awalan

Pada fase awal, hal terpenting yang harus dilakukan adalah:

  1. Badan berdiri tegak dengan posisi kedua lengan berada di sisi tubuh
  2. Pandangan lurus kedepan dan mulai mengambil ancang-ancang untuk siap berlari.
  3. Pengambilan jarak berlari sesuai dengan ketinggian dari penanda yang sudah disiapkan.
Teknik Lompatan dan Gulingan

Teknik dalam melakukan lompatan yaitu:

  1. Setelah sikap awalan dilakukan, gerakan selanjutnya yaitu berlari dengan cepat mendekati penanda.
  2. Ketika telah mendekati penanda, selanjutnya yaitu melakukan tolakan dengan kedua kaki, berat badan ditumpukan pada kedua kaki, lalu angkat badan keatas atau lakukan gerakan melompat untuk melewati penanda yang telah disiapkan.

Perlu kita ingat bahwa, agar menghasilkan lompatan sempurna maka hal yang harus dilakukan ketika badan melayang diatas penanda ialah tungkai kaki diluruskan kemudian kedua lengan diayunkan ke depan.

Setelah melakukan lompatan, selanjutnya yaitu gerakan berguling yang bisa dilakukan dengan cara:

  1. Menggulingkan tubuh kita kearah depan.
  2. Saat kedua tangan telah menyentuh matras maka hal yang harus segera dilakukan ialah kepala ditundukkan dan dimasukkan hingga dagu menyentuh bagian dada.
  3. Ketika berguling bagian pertama tubuh yang menyentuh matras ialah bagian pundak, bagian punggung dengan sendirinya akan membulat yang menyebabkan badan dengan sendirinya berguling ke depan.
Teknik Sikap Akhir Pendaratan

Setelah lompatan dan gulungan dilakukan, hal terpenting yang harus dilakukan adalah sikap akhir pendaratan untuk mengakhiri gerakan lompat harimau. Sikap akhir tersebut dilakukan dengan posisi jongkok pada akhir gerakan. Pada posisi akhir, kedua tangan diangkat lurus ke depan.

Dalam melakukan gerakan lompat harimau, terdapat beberapa hal yang harus kita perhatikan atau kita hindari agar tidak cedera, diantaranya yaitu:

  1. Lompatan kedua kaki dan tumpuan tangan harus kuat
  2. Jangan menggunakan tumpuan kepala pada saat pendaratan setelah lompatan
  3. Gerakan berguling yang kurang sempurna harus kita hindari
  4. Berhenti di tengah jalan ketika sudah melakukan gerakan lompatan, gerakan lompatan yang tidak sempurna atau tidak total akan mengakibatkan risiko cidera
  5. Menghindari rasa takut dan ragu saat sedang melakukan rangkaian gerakan

Tujuan Lompat Harimau

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa lompat harimau merupakan salah satu bentuk senam lantai, yaitu kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai, yang biasanya menggunakan matras. Senam lantai bisa disebut pula sebagai latihan bebas sebab tidak mempergunakan benda atau perkakas untuk latihan seperti balok, tongkat dan lain-lain.

Tujuan melakukan senam lantai yaitu untuk mencapai kesegaran jasmani yang mencakup komponen-komponen seperti: Daya tahan kardiovaskuler atau daya tahan jantung dan paru-paru (cardiovascular endurance).

Komponen lainnya termasuk Daya tahan otot (muscle endurance); Kekuatan otot (muscle strength) Kelentukan (flexibility); Komposisi tubuh (body composition); Kecepatan gerak (speed of movement); Kelincahan (agility); Keseimbangan (balance); Kecepatan reaksi (reaction time); Koordinasi (coordination).

Manfaat Lompat Harimau

Melakukan gerakan lompat harimau dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Membuat tubuh lebih bugar dan sehat

Seperti halnya jenis olahraga lainnya, lompat harimau juga dapat memberikan manfaat yaitu membuat tubuh kita lebih bugar dan. Dengan memiliki tubuh yang bugar tentu akan membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan aktifitas harian kita.

  1. Menjadikan tubuh lebih langsing

Melakukan gerakan lompat harimau dapat bermanfaat untuk  membantu membakar kalori dalam tubuh, sehingga menjadikan tubuh lebih lansing. Selain itu, melakukan gerakan lompatan juga dapat membuat bentuk tubuh menjadi lebih indah.

  1. Menambah kelenturan tubuh

Melakukan gerakan lompat harimau tentunya butuh kelincahan dan ketangkasan. Ketika pada tahapan menggulingkan tubuh, itu dapat menjadikan tubuh menjadi lebih lentur. Hal ini terutama bermanfaat bagi kita yang mempunyai tubuh kaku. Kita dapat berlatih melakukan lompat harimau secara teratur untuk melatih agar tubuh tidak kaku.

Pada dasarnya, bukan hanya melalui berlatih gerakan lompat harimau yang mungkin cukup ekstrim, tapi melakukan gerakan ringan dan sederhana seperti cop roll kecil-kecilan atau bisa juga melakukan Roll back roll juga dapat melatoh kelenturan tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bukan hanya makanan yang kaya akan serat, protein dan mineral, gerakan lompat harimau juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung, sebab ketika melakukan gerakan lompat harimau butuh tenaga yang cukup besar, maka otot jantung juga akan bekerja lebih maksimal.

Dengan bekerjanya otot jantung yang maksimal, maka jantung akan terpicu untuk bekerja secara lebih aktif sehingga kesehatannya pun akan meningkat.

  1. Membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar

Melakukan gerakan lompat harimau dapat bermanfaat dalam membuat seluruh anggota tubuh bekerja dengan lebih baik, sehingga kapasitas oksigen dan nutrisi mengalir lebih lancar pada seluruh tubuh. Dengan demikian, akan memicu proses metabolisme tubuh.

  1. Memperbaiki bentuk tubuh

Apabila kita termasuk salah satu orang yang sering merasa tidak percara diri karena permasalahn bentuk tubuh, misalnya tubuh terlalu membungkuk, kita dapat mencoba melakukan lompat harimau untuk membangun atau memperbaikin tubuh kita agar menjadi lebih tegak.

  1. Mengembangkan otot

Melakukan latihan gerakan lompat harimau secara berkala dapat bermanfaat dalam membantu mengembangkan otot-otot tubuh, oleh sebab itu tubuh kita akan menjadi lebih kekar dan kuat.

Itulah saja artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian lompat harimau menurut para ahli, teknik dasar gerakan, tujuan, dan manfaat yang bisa didapatkan. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.