Contoh Aplikasi Ilmu Biomekanika dalam Olahraga

Diposting pada

Contoh Biomekanika Olahraga

Biomekanik merupakan serangkaian ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur, fungsi, dan gerakan dari aspek mekanis sistem biologis, bahkan pada tingkat apapun dari seluruh organisme hingga organ, sel, dan organel sel, menggunakan metode mekanika.

Alasan demikinalah menjadikan biomekanika dekat dengan kesehatan dan arti olahraga. Disisi lainnya, terdapat hukum mekanika yang diterapkan pada berbagai contoh gerakan manusia untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja atletik dan juga untuk mengurangi cedera olahraga.

Biomekanika

Biomekanika adalah bagian dari bidang kinesiologi yang lebih besar sehingga secara khusus berfokus pada mekanisme gerakan. Penjelasan ini pula mengindikasikan bahwa tujuan aplikasi ilmi biomekanika mencakup penelitian dan penggunaan praktis dari temuan yang sudah dihasilkan.

Oleh karenanya biomekanik tidak hanya mencakup struktur tulang dan otot serta gerakan yang dapat mereka hasilkan, tetapi juga mekanisme sirkulasi darah, fungsi ginjal, dan fungsi tubuh lainnya.

Contoh Biomekanika Olahraga

Beberapa contoh kajian dan aplikasi yang ada dalam ilmu biomakanika olahraga, misalnya:

  1. Mekanika pukulan golf

Mekanika pukulan golf adalah cara para pegolf membuat keputusan (memilih tongkat golf, memilih pukulan) dan mengeksekusinya (membuat pukulan) dalam olahraga golf. Untuk semua pegolf, ini terdiri dari pra-kayuhan, di mana pegolf memilih tingkat pemukul mana yang mereka inginkan dan cara berdiri mereka, serta kayuhan yang sebenarnya.

Pukulan adalah gerakan yang kompleks dan masih ada ketidaksepakatan tentang apa yang dimaksud dengan ayunan golf yang “baik”.

Dalam Analisis Kerja dan Daya dari Golf Swing, Nesbit dan Serrano mengemukakan bahwa ayunan golf telah dipelajari oleh para ilmuwan dan ahli matematika yang telah mengembangkan berbagai persamaan untuk membantu menjelaskan kompleksitas ayunan.

Secara umum disepakati bahwa ayunan golf yang sukses dan konsisten membutuhkan waktu dan mekanisme yang tepat, mulai dari genggaman dan posisi jari, hingga posisi dan pergerakan kaki.

Setiap saat saat mengayun, baik saat mengayun ke belakang, ke bawah, atau ke atas, ada yang tidak beres yang akan membuat seluruh tubuh terlempar dan mengakibatkan kecelakaan. Seluruh gerakan mengayun harus bergerak di atas bidang dengan cara yang mengalir. Pesawat dapat dicirikan sebagai horizontal atau vertikal.

  1. Mendayung

Mendayung adalah olahraga yang berasal dari zaman Mesir Kuno. Olahraga ini melibatkan gerakan mendorong perahu (racing shell) di atas air menggunakan dayung. Dengan mendorong air dengan dayung, gaya dihasilkan untuk menggerakkan perahu.

Pelatihan dan tekanan fisik pada tubuh yang dibutuhkan untuk menjadi pendayung yang sukses sangatlah intensif. Pikiran dan tubuh yang sangat kuat juga dibutuhkan untuk berhasil.

  1. Baseball

Baseball adalah permainan bat and ball antara dua tim lawan yang saling bergantian memukul dan melempar. Permainan berlanjut ketika seorang pemain di tim pelempar, melempar bola yang coba dipukul oleh pemain di tim pemukul.

Tujuan dari tim ofensif (tim pemukul) yaitu untuk memukul bola ke lapangan permainan, sedangkan tujuan dari tim defensif (tim bertahan) yaitu untuk mencegah batter menjadi pelari, dan mencegah pelari maju di sekitar pangkalan. Sebuah “run” dicetak ketika seorang pelari secara legal maju ke sekitar base secara berurutan dan menyentuh home plate. Tim yang mencetak skor paling banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya.

Manfaat Ilmu Biomekanika dalam Olahraga

Terlepas dari beragam ruang lingkup biomekanika, pada dasarnya memiliki beberapa kegunaan, yakni;

  1. Peralatan

Biomekanik dapat digunakan dalam desain peralatan olahraga, pakaian, sepatu, dan lapangan serta fasilitas tempat olahraga dimainkan. Misalnya, sepatu dapat dirancang untuk performa terbaik bagi pelari jarak menengah atau raket dirancang dengan pegangan terbaik.

  1. Individu

Biomekanik dapat diterapkan pada individu, menganalisis gerakan mereka dan melatih mereka untuk gerakan yang lebih efektif selama latihan dan gerakan olahraga. Misalnya, gaya berjalan atau ayunan golf seseorang dapat difilmkan dan rekomendasi dibuat bagi mereka untuk mengubah dan meningkatkannya.

  1. Cedera

Biomekanik dapat diterapkan untuk mempelajari penyebab, pengobatan, dan pencegahan cedera olahraga. Penelitian ini dapat menganalisis kekuatan di tempat kerja yang dapat menyebabkan keseleo pergelangan kaki dan bagaimana desain sepatu atau permukaan permainan dapat mengurangi risiko cedera.

  1. Pelatihan

Biomekanik dapat mempelajari teknik dan sistem pelatihan olahraga serta mengembangkan cara untuk membuatnya lebih efisien.

Penjelasan ini dapat mencakup penelitian dasar tentang bagaimana posisi tangan memengaruhi propulsi dalam renang. Hal itu dapat mengusulkan dan menganalisis teknik pelatihan baru berdasarkan tuntutan mekanis olahraga, yang bertujuan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh biomekanika olahraga, tujuan, dan manfaat pengaplikasian ilmunya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.