Aturan dan Pelanggaran Permainan Bola Tangan (Hand Ball)

Diposting pada

Aturan Permainan Bola Tangan

Siapa yang tidak tahu dengan arti olahraga bola tangan atau sering dikenal dengan permainan bola tangan yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan hand ball.

Tentusaja tidak semua orang dapat memahami aturan dan pelanggaran dalam olahraga ini. Masalahnya salah satu jenis permainan bola besar ini memang kurang familiar di masyarakat Indonesia jikalau dibandingkan dengan permianan sepak bola ataupun bola basket. Akan tetapi, meskipun demikian hand ball menjadi pembahasan dalam materi pendidikan jasmani. Baik untuk Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), ataupun Sekolah Menengan Atas (SMA).

Permainan Bola Tangan (Hand Ball)

Handball adalah jenis olahraga modern beregu yang dilakukan menggunakan bola. Setiap regu atau kelompok dalam permainan ini terdiri dari tujuh pemain termasuk satu penjaga gawanag. Oleh sebab itulah permainan ini hampir sama dengan permainan sepak bola.

Akan tetapi jikalau arti sepak bola menggunakan kaki untuk memasukan bola ke gawang lawan, permainan bola tangan menggunakan tangan untuk memasukan bola ke gawang lawan.

Waktu permainan bola tangan yaitu 2×30 menit dengan waktu istirahat 10 menit. Secara umum, manfaat dan tujuan dalam permaian bola tangan mampu melatih kemampuan gerak dasar membentuk kemampuan kecepatan gerak dan kekuatan serta meningkatkan kemampuan koordinsi dan kolektivitas.

Aturan Permaianan Bola Tangan

Melakukan permainan bola tangan juga memiliki beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar. Aturan tersebut antara lain:

  1. Lamanya permainan

Durasi permainan bola tangan antara putra dan putri memiliki perbedaan. Durasi dalam permainan bola tangan untuk putra yaitu 2×30 menit diselingi dengan istirahat 10 menit. Sedangkan untuk putri, durasi permainan yaitu 2×20 menit diselingi istrirahat 15 menit.

  1. Offside

Sama seperti dalam permainan yang dilakukan dengan tujuan sepak bola, dimana setiap pemain yang berada di daerah lawan melebihi posisi pemain lawan akan dikenai pelanggaran offside. Pelanggaran ini bisa mempengaruhi jumlah nilai yang akan diperoleh.

  1. Ukuran bola tangan

Ukuran bola tangan pada permainan bola tangan berbeda-beda. ukuran bola untuk putra diatas 16 tahun dianjurkan sekitar 425 sampai 475 gram. Berat bola untuk putri diatas 14 tahun dianjurkan 325 sampai dengan 375 gram. Sedangkan untuk putra dan putrid bidawah 16 tahun dan 14 tahun dianjurkan menggunkana bola dengan berat sekitar 29 hingga 330 gram.

  1. Aturan gol

Secara umum peraturan dalam permainna bola tangan hampir sama dengan melakukan permainan sepak bola. Dimana proses tembakan atau lemparan yang dianggap sah menjadi sebuah gol adalah ketika bola melewati garis gawang.

  1. Aturan penjaga gawang

Seorang penjaga gawang memiliki aturan main yang sedikit berbeda dengan pemain. Aturan sebagai penjaga gawnag antara lain;

  1. Boleh melempar bola menggunkaan segala cara
  2. Tidak boleh menahan bola ditangan lebih dari 3 detik
  3. Boleh membawa bola didaerah gawang
  4. Tidak diperbolehkan membawa bola keluar dari garis gawang

Pelanggaran Permaianan Bola Tangan

Pelanggaran dapat terjadi apabila pemain melanggar aturan sebagai berikut:

  1. Pemain melakukan dribbling bola lebih dari tiga langkah
  2. Pemain memegang bola lebih dari tiga detik
  3. Pemain melempar bola kemuadian menangkapnya kembali sebelum ada sentuhan dari pemain lainnya
  4. Sengaja melempar bola dengan keras ke pemain lawan
  5. Pemain masuk ke daerah kipper
  6. Melakukan tindakan kekerasan kepada lawan main

Jenis Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan memiliki tiga jenis permaian, yaitu;

  1. Permainan bola tangan dengan 11 pemain yang dilakukan di lapanagn terbuka
  2. Permainan bola tanagn dengan 7 pemain yang dilakukan di lapanagn tertutup
  3. Permainan gabungan antara indoor handball dengan outdoor handball

Akan tetapi dari macam dalam bentuk gabungan permainan biola tangan ini dilakukan di lapangan terbuka tetapi dengan menerapkan aturan permainan seperti di lapangan tertutup. Nah, itulah saja artikel yang bisa kami tuliskan dan ulaskan terkait aturan permainan bola tangan (hand ball) dan pelanggarannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.