Aturan Permainan Billiard Yang Harus Diketahui

Diposting pada

Aturan Permainan Billiard

Main billiard pada dasarnya bisa dilakukan individu maupaun tim. Oleh karena itulah permaianan ini bersifat umum, bisa dimainkan oleh laki-laki dan perempuan.

Adapun untuk jenis olahraga billiard memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi. Dibutuhkan kemampuan mengatur strategi yang baik agar dapat memasukan bola kedalam lubang. Disisi lain, setidaknya ada beberapa aturan, baik untuk permainan billiard bola 9, one pocket, bola 15, dan snooker.

Billiard

Umumnya papan yang digunakan dalam arti billiard berbentuk persegi panjang dengan lubang di setiap sudutnya dan dua lubang di samping tengah papan yang berguna sebagai tempat masuknya bola billiard. Sehingga khusus pada alat yang digunakan dalam permainan bola kecil ini sendiri seukuran bola kasti, tongkat billiard dan juga papan billiard.

Aturan Permainan Billiard

Aturan yang harus dipahami dalam permainan billiard antara lain sebagai berikut;

  1. Menggunakan sistem break

Dalam permainan billiard, permainan diatur dengan sistembreak. Sistem break dilakukan secara bergantian. Khusus untuk break pertama, dilakukan dengan sistem undian. Setiap kali melakukan break, minimal harus ada 4 bola yang menyentuh cushion atau ban. Apabila kurang dari 4 bola, maka akan dianggap foul.

  1. Posisi kaki ketika permainan

Posisi kaki ketika akan melakukan tembakan juga memiliki aturan khusus. Ketika akan menembak, satu kaki atau kedua kaki pemain harus tetap menyentuh lantai. Apabila ingin mengangkat kaki, hanya boleh mengangkat satu kaki.

Jika kamu melakukan tembakan dengan cara melompat atau salah satu kaku tidak menyentuh lantai, dianggap foul. Untuk posisi tangan dan badan, tidak ada aturan khusus yang harus dipatuhi.

  1. Sistem kualifikasi

Dalam tujuan dan manfaat billiard, sistem permainan yang digunkana berbed antara babak permainan biasa dnegan babak semi final dan babak final. Sistem pertandingan menggunakan sistem best of three. Sedangkan untuk final dan semifinal, permainan menggunakan sistem best of five. Setiap pemain harus mematuhi peraturan tersebut.

  1. Etika bermain

Dalam permainan billiard, etika bermain juga harus diperhatikan. Pemain tidak boleh mengganggu pemain lain yang sedang melakukan giliran main. Pemain juga tidak diizinkan untuk merokok selama sedang bermain. Untuk pemain yang sedang menunggu giliran harus menunggu di tempat duduk yang sudah disediakan.

Setiap pemain yang akan melakukan tembakan, harus selalu memperhatikan pula posisi tongkat agar tidak mengganggu pemain lain. Selama permainan berlangsung, pemain tidak diizinkan untuk mengintimidasi pemain lawan.

Pemain harus tetap menjaga sopan santun dan etika. Tidak diperkenankan untuk melakukan tindakan kekerasan dalam bentu apapun selam pertandingan.

  1. Jump shot

Jump shot adalah teknik menembak bola dari sudut-sudut tertentu. Setiap pemain diizinkan untuk melakukan jump shot. Teknik ini dianggap sulit karena melakukan kesalahan sedikit, tembakan dianggap foul. Tembakan yang kamu lakukan bisa dianggap seperti mencongkel bola. Hal tersebut tidak diperbolehkan.

Oleh karenanya, teknik jump shot ini tidak dianjurkan untuk dilakukan. Biasanya hanay pemain sudah profesional yang berani melakukan tembakanjump shot.

  1. Pelanggaran

Sama seperti permainan dan pertandingan pada umumnya, permainan billiard juga memiliki aturan yang tidak boleh dilanggar. Apabila kamu melanggar, kamu dianggap melakukan pelanggaran.

Bentuk pelanggaran pada permainan billiard adalah setiap pemain harus datang tepat waktu. pemain yang terlambat diberi waktu keterlambatan 10 menit. Pemain yang datang lebih dari 10 menit setelah pertandingan dimulai, diangap gugur.

  1. Wasit

Setiap pertandingan billiard memiliki wasit yang bertugas untuk mengatur jalannya pertandingan. Wasit yang akan menentukan waktu break dan menentukan giliran bermain setiap pemain. Wasit juga harus memilii pengetahuan yang luas mengenai permainan billiard.

  1. Aturan di atas meja

Ketika dalam posisi akan bermain di atas meja, terdapat bebrapa peraturan yangharsu ditaati pemain. Pakaian atau bagian tubuh lainnya tidak boleh menyentuh bola ketika akan melakukan tembakan. Apabila bola keluar dari meja, dianggap pelanggaran. Ketika pemain selesai melakukan pukulan, pemain dilarang untuk meninggalkan stik pemukul di atas meja.

Nah, itulah saja pemaahaman terkait aturan yang harusnya bisa diketahui bagi segenap pembaca yang ingin melakukan olahraga billiard. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.